Halaman

Selasa, 14 Desember 2021

Lowongan Pekerjaan Terbaru di UNICEF

 

 

Salah seorang teman yang bekerja di UNICEF hari ini mengirimi saya link lowongan yang berbahasa Inggris. Lowongan tersebut memang resmi diambil dari official website UNICEF dan hanya ditujukan untuk Warga Negara Indonesia. Bagi yang bersedia melamar, silakan dibaca dan dipahami kualifikasi yang telah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berikut ini :


Sumber : tribunnewswiki.com


Kontraktor Nasional Koordinator Oky, hanya untuk orang Indonesia

DAFTAR SEKARANG

Nomor pekerjaan: 546906

Jenis kontrak: Konsultasi

Level: Konsultasi

Lokasi: Indonesia

Kategori: WASH (Air, Sanitasi dan Kebersihan)

UNICEF bekerja di beberapa tempat terberat di dunia, untuk menjangkau anak-anak yang paling kurang beruntung di dunia. Untuk menyelamatkan hidup mereka. Untuk membela hak-hak mereka. Untuk membantu mereka memenuhi potensi mereka.

Di 190 negara dan wilayah, kami bekerja untuk setiap anak, di mana pun, setiap hari, untuk membangun dunia yang lebih baik bagi semua orang.Dan kami tidak pernah menyerah.

Untuk setiap anak, inovasi Oky adalah aplikasi pelacak menstruasi dan pendidikan menstruasi sumber terbuka pertama dari jenisnya yang dibuat bersama dengan dan untuk anak perempuan di Negara Berpenghasilan Rendah dan Menengah. Oky mengilustrasikan desain teknologi inovatif yang menangani tabu, stigma, kesalahpahaman/praktik berbahaya, dan kurangnya informasi berkualitas terkait menstruasi dan Kesehatan Reproduksi Seksual (SRH) untuk anak perempuan. Oky dibangun bersama anak perempuan untuk memenuhi realitas digital mereka (konektivitas, perangkat, literasi, gatekeeper) dan meningkatkan literasi digital anak perempuan sambil belajar tentang tubuh, pubertas, dan kesehatan reproduksi mereka.

 

Indonesia adalah salah satu negara percontohan awal untuk Oky yang dikembangkan dengan anak perempuan di seluruh Indonesia menggunakan konsultasi pengguna yang ekstensif dan pendekatan desain yang berpusat pada anak perempuan. Versi aplikasi Indonesia Oky diluncurkan pada Mei 2020, di tengah situasi Covid-19, dengan tema “periode tidak berhenti untuk pandemi” oleh UNICEF dan mitra, bersamaan dengan serangkaian acara pendidikan dan kampanye media sosial.

Indonesia telah melakukan promosi melalui kegiatan pemasaran digital dan tatap muka, termasuk kampanye Hari Kebersihan Menstruasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Pemerintah Indonesia. UNICEF Indonesia juga menyelenggarakan webinar dan kompetisi untuk remaja, talkshow dengan dokter dan influencer kesehatan media sosial di Instagram Live, serta webinar yang berkolaborasi dengan influencer media sosial, Softex dan Palang Merah Indonesia, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mulai April 2021, aplikasi Oky Indonesia diselenggarakan dan dikelola oleh Kopernik Foundation dan perusahaan sosialnya bernama The Perfect Fit dengan dukungan dari SIMAVI, UNICEF, dan kemitraan WASH Indonesia Menstrual Hygiene Health (MHH).

Selama 2 tahun ke depan, UNICEF, Perfect Fit dan mitra akan berkolaborasi untuk mempromosikan penyerapan Oky di seluruh Indonesia, dengan fokus untuk menjangkau gadis-gadis yang terpinggirkan di daerah terpencil yang kurang terlayani. Strategi yang dipertimbangkan antara lain promosi pemasaran digital, promosi tatap muka di sekolah dan melalui layanan kesehatan, penyertaan konten Oky dalam paket pelatihan guru digital, dan metodologi peer-to-peer.

Bagaimana Anda bisa membuat perbedaan?

1. Manajemen proyek

Pimpin koordinasi keseluruhan dari semua inisiatif dan kegiatan Oky Indonesia untuk membangun mekanisme koordinasi yang sistematis.

Memberikan dukungan pemantauan, fasilitasi dan pemecahan masalah yang ketat termasuk penyesuaian rencana kerja jika/bila diperlukan untuk memastikan bahwa semua kegiatan disampaikan tepat waktu dan dalam ruang lingkup.

Menganalisis status implementasi program dan memberikan pembaruan rutin tentang kemajuan dan tantangan kepada tim inti Oky dan kantor negara UNICEF Indonesia terkait untuk membuat tindakan yang diperlukan.

Persiapkan pembaruan kemajuan secara teratur dan pelajaran yang dipetik untuk negara-negara program Oky dan pemangku kepentingan terkait lainnya dengan bekerja sama dengan UNICEF Indonesia dan kantor regional Bagian WASH, Adolescent, dan Gender yang relevan

Buat dan pertahankan dokumentasi proyek yang komprehensif termasuk dokumentasi reguler tentang wawasan, pembelajaran, dan hasil kegiatan.

Memantau dan melaporkan kemajuan terhadap rencana pemantauan, evaluasi dan pembelajaran (MEL).Dukung Kopernik dalam analisis pengguna dan pelaporan keterlibatan pengguna Oky Indonesia.

Mendukung setiap penelitian penilaian dampak dalam negeri yang bekerja sama dengan lembaga penelitian.

Kumpulkan dan dokumentasikan informasi dan data proyek utama dari kantor lapangan UNICEF, mitra pelaksana dan kementerian terkait untuk mendukung pelaporan reguler DFAT, hasil dan pembelajaran.

2. Manajemen pemangku kepentingan

Bertindak sebagai titik kontak utama bagi pemangku kepentingan internal dan eksternal Oky Indonesia di Indonesia dan memfasilitasi check-in dan pertemuan rutin antar kolaborator untuk koordinasi.

Mendukung diseminasi program Oky dan membangun kemitraan baru untuk scaling up dengan mengembangkan materi presentasi dan komunikasi kerja Oky Indonesia.

Mengidentifikasi dan membentuk komunitas organisasi SRH, MHH dan GenderTech di Indonesia.

Mengadakan panggilan praktik komunitas secara rutin dengan komunitas SRH, MHH dan GenderTech di Indonesia untuk berbagi wawasan, mendapatkan saran, mempromosikan, dan membangun komunitas.

Hadiri telepon dan pertemuan rutin dengan pasar Oky lainnya dan mitra pelaksana untuk berbagi pelajaran dan wawasan.

3. Akuisisi, promosi, dan pemasaran pengguna

 

Dukungan dalam mengidentifikasi dan merekrut agen pemasaran digital di Indonesia

Mendukung manajemen pemasaran digital inisiatif untuk Oky Indonesia (mis. manajemen vendor: kembangkan strategi untuk memanfaatkan saluran digital yang ada seperti U-Report; dll).

Mendukung upaya koordinasi dan kemitraan dengan perusahaan swasta (misalnya operator seluler dan Softex) untuk meningkatkan jaringan/platform sektor swasta untuk meningkatkan Oky

Mengatur dan mengelola kegiatan penjangkauan langsung melalui jaringan dan saluran mitra

Siapkan dan kelola integrasi aplikasi dan konten Oky ke dalam aktivitas komunitas dan portal pemerintah

Mengatur dan mengelola promosi Oky yang ditargetkan kepada anak perempuan penyandang disabilitas melalui jaringan dan saluran LSM disabilitas dan inklusi di Indonesia, berdasarkan konsultasi pengguna.

4. Bantuan teknis

Memberikan dukungan penerapan kepada Kopernik – Perfect Fit seperti dukungan teknis dalam menyiapkan dan menjalankan konsultasi anak perempuan, pembaruan dan peningkatan aplikasi, pembuatan iOS, dll.

Dukung implementasi percontohan metodologi peer-to-peer dengan mengembangkan rencana, berkoordinasi dengan kantor lapangan UNICEF, pemerintah dan mitra pelaksana dan mendokumentasikan proses dan hasil.

Mendukung konsultasi pengguna dengan anak perempuan penyandang disabilitas dan mendokumentasikan temuan dan rekomendasi.

Memberikan bantuan dan dukungan teknis lainnya untuk kegiatan Oky Indonesia sesuai kebutuhan.

 

TUGAS & OUTPUT KERJA:

Tugas A (akan selesai pada Januari 2022)

 

Tinjau dan analisis status aplikasi Oky saat ini, sistem manajemen konten (CMS), panduan pengguna, SOP untuk pengembangan, rencana kerja untuk peningkatan, dokumen publikasi terkait Oky lainnya.

Tetapkan mekanisme koordinasi sistematis dengan PerfectFit dan mitra lainnya dan bagikan/diskusikan analisis situasi aplikasi Oky dan rencana kerja.

Keluaran:

Bahan presentasi analisis situasi

Rencana kerja selama enam bulan.

Sebuah dokumen yang memetakan agen pemasaran digital potensial.


Tugas B (akan selesai pada Februari 2022).

Mengidentifikasi dan memetakan mitra kunci (Pemerintah, LSM, CBO, FBO, Organisasi Muda) yang bekerja atau mendukung SRH, MHH, Gender untuk mengembangkan strategi peningkatan

Melakukan pertemuan dengan calon mitra yang teridentifikasi untuk berbagi konten aplikasi Oky dan mendiskusikan peluang kolaborasi dalam mempromosikan aplikasi Oky.

Memfasilitasi serangkaian pertemuan dengan mitra kunci untuk mengintegrasikan aplikasi Oky ke dalam aktivitas di komunitas, dan portal pemerintah, mengembangkan rencana aksi pada aktivitas penjangkauan langsung melalui jaringan dan saluran mitra dengan perhatian khusus untuk promosi Oky yang ditargetkan untuk perempuan penyandang disabilitas .

Keluaran:

 

Sebuah dokumen yang memetakan semua mitra potensial untuk mempromosikan penggunaan Oky di seluruh Indonesia.

Notulen rapat dengan mitra kunci.

Rancangan strategi dan rencana aksi kegiatan sosialisasi secara tatap muka melalui jalur mitra.

Laporan bulanan.


Tugas C (akan selesai pada Maret 2022).


Berkoordinasi dengan tim UNICEF, mengelola kegiatan kampanye pemasaran digital yang dilakukan oleh agensi terpilih.

Berkoordinasi dengan penggalangan Dana Sektor Swasta UNICEF, fasilitasi pengembangan kemitraan dengan perusahaan sektor swasta seperti operator seluler dan KC/Softex untuk mempromosikan aplikasi Oky melalui saluran mereka sesuai dengan rencana aksi.

Memberikan dukungan teknis kepada mitra (PerfectFit) dalam melakukan penilaian dan analisis pengguna Oky, termasuk konsultasi dengan anak perempuan penyandang disabilitas.

Keluaran:

Laporan pemantauan kemajuan pelaksanaan kampanye digital.

Rancangan strategi kemitraan dengan sektor swasta.

Umpan balik pengguna/penggunaan laporan penilaian dengan rencana pengembangan konten.

Laporan bulanan.


Tugas D (selesai pada April 2022)

Dukung pengembangan dan implementasi kemitraan dengan OMS di tingkat nasional dan subnasional untuk promosi langsung aplikasi Oky sesuai dengan rencana aksi.

Memberikan dukungan teknis kepada Perfect Fit dalam mengembangkan metodologi peer-to-peer, termasuk uji coba di provinsi fokus UNICEF.

Keluaran:

Kemitraan dengan setidaknya dua perusahaan.

Metodologi peer-to-peer serta modul pelatihan dan materi lainnya untuk 'Oky Sisters' ini.

Laporan bulanan.


Tugas E (akan selesai pada Mei 2022)

 Terus memberikan dukungan teknis kepada Pemerintah dan mitra LSM dalam melaksanakan promosi langsung Oky Indonesia sesuai dengan rencana aksi.

Memberikan dukungan teknis dan mengelola promosi Oky digital dan tatap muka sesuai dengan rencana aksi.

Keluaran:

Pelaksanaan promosi secara langsung di setidaknya 7 provinsi UNICEF.

Implementasi kampanye digital.

Laporan bulanan.


Tugas F (selesai pada Juni 2022)

Koordinasi dengan Perfect Fit untuk meninjau kemajuan hasil kampanye dan promosi, tantangan dan mengidentifikasi tindakan prioritas utama untuk mencapai target.

Berikan dukungan teknis dan kelola kampanye digital dan promosi Oky secara langsung sesuai rencana aksi.

Keluaran:

Detail laporan kemajuan dan dokumentasi.

Laporan bulanan.


Tugas G (kegiatan bulanan dari Juni – November 2022)

Terus memberikan dukungan teknis dan mengelola kampanye digital dan promosi Oky secara langsung sesuai dengan rencana aksi. Sesuaikan strategi sesuai kebutuhan

untuk mendukung pencapaian target yang direncanakan.

Keluaran: Dokumentasi dukungan teknis dan pertemuan penting lainnya serta laporan kemajuan bulanan

 

Tugas H (selesai akhir Desember 2022).

 

Laporan Penyelesaian Konsultasi Mendetail yang menyoroti pencapaian hasil, keberhasilan utama, tantangan, Pelajaran yang dipetik/praktik terbaik dan Jalan ke depan

Keluaran: Laporan penyelesaian

Untuk memenuhi syarat sebagai advokat untuk setiap anak yang akan Anda miliki…

Gelar universitas (Sarjana atau lebih tinggi) dalam Ilmu Sosial, Studi Gender, Pembangunan Internasional, TIK atau di bidang yang relevan dengan Gender dan Inovasi / Oky / SRH digital dan CSE UNICEF.

Pengalaman khusus dalam mengerjakan proyek, produk, dan layanan digital, atau inovasi di Indonesia; pengalaman bekerja dengan wanita dan anak perempuan lebih disukai.

Setidaknya lima tahun pengalaman profesional yang bertanggung jawab secara progresif dan rekam jejak yang ditunjukkan di bidang koordinasi, manajemen proyek, komunikasi, dan penjangkauan – pengalaman dalam operasi dalam pengembangan/teknologi digital lebih disukai.

Pemikir kreatif dan inovatif yang juga dapat menerjemahkan ide ke dalam aplikasi praktis; pola pikir "menyelesaikan sesuatu".

Self-starter yang senang memulai; termotivasi secara independen yang tidak memerlukan proses pengaturan yang ekstensif, pelatihan, orientasi, atau pengembangan strategi.

Keterampilan yang terbukti dalam komunikasi, jaringan, pemikiran strategis, advokasi, negosiasi, dan kemampuan untuk menghubungkan ini dengan inovasi dan kaum muda.

Terbukti kemampuan untuk mengkonseptualisasikan, merencanakan dan mengeksekusi ide-ide.

Fasih berbahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Untuk setiap Anak, Anda menunjukkan…

 

Nilai-nilai UNICEF tentang Kepedulian, Rasa Hormat, Integritas, Kepercayaan, dan Akuntabilitas (CRITA) dan kompetensi inti:

 

Membangun dan Mempertahankan Kemitraan

Menunjukkan kesadaran diri dan kesadaran etis

Berkendara untuk mencapai hasil untuk dampak

Berinovasi dan merangkul perubahan

Mengelola ambiguitas dan kompleksitas

Berpikir dan bertindak secara strategis

Bekerja sama dengan orang lain


 

Untuk melihat kerangka kompetensi UNICEF, silakan kunjungi di sini.

 

UNICEF berkomitmen untuk keragaman dan inklusi dalam tenaga kerjanya, dan mendorong semua kandidat, terlepas dari jenis kelamin, kebangsaan, latar belakang agama dan etnis, termasuk penyandang disabilitas, untuk melamar menjadi bagian dari organisasi.

UNICEF memiliki kebijakan tanpa toleransi terhadap perilaku yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan UNICEF, termasuk eksploitasi dan pelecehan seksual, pelecehan seksual, penyalahgunaan wewenang dan diskriminasi. UNICEF juga menganut prinsip-prinsip perlindungan anak yang ketat. Semua kandidat terpilih diharapkan untuk mematuhi standar dan prinsip ini dan oleh karena itu akan menjalani pemeriksaan referensi dan latar belakang yang ketat. Pemeriksaan latar belakang akan mencakup verifikasi kredensial akademik dan riwayat pekerjaan. Kandidat terpilih mungkin diminta untuk memberikan informasi tambahan untuk melakukan pemeriksaan latar belakang.

 

Posisi ini tidak dianggap sebagai peran risiko tinggi. Namun, UNICEF berhak untuk melakukan pemeriksaan/penilaian lebih lanjut dalam lingkup perlindungan anak sebagaimana mestinya.

Catatan:

Penyaringan aplikasi Anda akan dilakukan berdasarkan informasi di profil Anda. Sebelum mendaftar, kami sangat menyarankan agar Anda meninjau profil Anda untuk memastikan keakuratan dan kelengkapannya. Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi dan maju ke tahap selanjutnya dari proses seleksi. Lowongan ini terbuka untuk orang Indonesia saja.

Individu yang terlibat dalam konsultasi atau kontrak individu tidak akan dianggap sebagai “anggota staf” di bawah Peraturan dan Aturan Staf PBB dan kebijakan serta prosedur UNICEF, dan tidak akan berhak atas manfaat yang diberikan di dalamnya (seperti hak cuti dan cakupan asuransi kesehatan ). Ketentuan layanan mereka akan diatur oleh kontrak mereka dan Ketentuan Umum Kontrak untuk Layanan Konsultan dan Kontraktor Perorangan. Konsultan dan kontraktor individu bertanggung jawab untuk menentukan kewajiban pajak mereka dan untuk pembayaran pajak dan/atau bea apa pun, sesuai dengan undang-undang setempat atau undang-undang lain yang berlaku.

 

Diiklankan: 10 Des 2021 Waktu Standar Asia Tenggara

Batas waktu: 24 Des 2021 Waktu Standar Asia Tenggara

 

DAFTAR SEKARANG

Publikasi dalam Bahasa Inggris silakan cek

https://jobs.unicef.org/en-us/job/546906/national-contractor-of-oky-coordinator-for-indonesians-only#


Rabu, 08 Desember 2021

11 PNS BNN RI Luncurkan Buku Fiksi Antologi Perdana Bertema Keluarga

 

Menulis merupakan kegiatan mengekspresikan pikiran dan pemikiran. Tidak sedikit yang menjadikannya sebagai profesi namun sebagian lain menjadikannya sebagai hobi bahkan pelampiasan kepenatan. Apapun tujuannya, menulis merupakan kegiatan positif untuk memelihara dan berbagi ilmu pengetahuan. 



Kegiatan positif menulis ini nyatanya tidak eksklusif dilakukan oleh orang-orang dengan bidang keilmuan tertentu. Kawan kita yang merupakan PNS yang bekerja mengabdi di BNN RI ini mIsalnya,  menjadi contoh dalam berkarya tanpa mengabaikan pekerjaan utamanya. Kesebelas penulis tersebut antara lain :Adika, Lisa, Santi, dan Wahyu  (Yogyakarta), Novy (Kuningan), Wiryawan (Denpasar), Anggita (Karawang),  Jamil (Gorontalo), Indah (Surabaya), Ratih (Batam), dan Nia (Bekasi).



Mereka bersebelas menulis 11 kisah kehidupan keluarga yang berbeda dalam buku yang berjudul “Rumah dan Cerita-Cerita Lainnya”. Buku ini memberikan perspektif alternatif tentang bagaimana sebuah keluarga didefinisikan dalam satu kata rumah. 

Rumah adalah satu kata yang selalu dirindukan setiap lelah dan putus asa menghampiri. Rumah adalah tempat menepi. Karena sejauh apapun kaki ini melangkah pergi, rumah akan selalu dicari untuk kembali. Rumah bukan tentang tumpukan batu bata yang dipoles semen. Rumah adalah tentang di mana hati kita berada. Tentang saksi setiap cerita bertumbuh, merasa ingin pergi sekaligus ingin kembali. ”

Berikut beberapa testimoni para tokoh  setelah membaca buku ini :

Kesebelasan penulis dalam buku ini dapat memotret bagaimana hubungan batin dan sosial dalam keluarga dari beragam sudut pandang dengan gayanya masing-masing. - I Made Adnyana, (Dosen dan Jurnalis)

Jika sebuah karya dipandang dari 2 hal (eksplorasi gagasan dan eksplorasi gaya), setidaknya karya teman-teman BNN memperlihatkan gagasan-gagasan baru kepada kita. ” Pringadi Abdi Surya, (Penulis) –

” Mudah-mudahan, buku antologi cerita pendek di tangan Anda ini bisa menemani, menghibur, sekaligus mengilhami Anda. Menginspirasi untuk membentuk cerita hidup Anda sendiri. - Darmawan Aji, (Pengkaji )



Bagaimana? Anda juga ingin merasakan petualangan emosi tentang berbagai cerita keluarga? Mari rasakan bersama dalam buku berjudul ““Rumah dan Cerita-Cerita Lainnya”. Untuk mendapatkan buku ini, teman-teman bisa membeli di penerbitnya langsung melalui toko online, toko-toko buku dibeberapa kota tertentu, atau dapat langsung melalui media sosial  masing-masing penulis buku ini.(NK)

Selasa, 31 Agustus 2021

5 Alasan Untuk Berkunjung ke Curug Bangkong, Apa Saja?

 

Tulisan ini saya tulis untuk referensi teman-teman yang ingin menikmati indahnya bermain dibawah air terjun. Buat kamu yang tinggal didaerah Jawa Barat bagian timur atau Jawa tengah bagian barat, maka saya akan merekomendasikan tempat wisata ini. Yes! Curug Bangkong.. Berikut ini 5 Alasan Untuk Berkunjung ke Curug Bangkong. Apa Saja?

               

Curug Bangkong (dok.pribadi)

Pertama, Curug Bangkong Menyimpan Legenda

Menurut legendanya, nama curug Bangkong memiliki asal-usul mitologis. Berdasarkan cerita yang  beredar di masyarakat, dikisahkan bahwa Curug Bangkong ditemukan oleh seorang pertapa tua bernama Abah Wiria dari Ciamis.  Di air terjun itu, Wiria bertirakat sambil mengajarkan cara membuat gula kawung kepada warga sehingga menjadi mata pencaharian masyarakat.

Abah Wiria yang pada suatu saat mendapat panggilan untuk bertirakat kembali di Curug Bangkong. Maka tokoh inipun melaksanakan tirakatnya di sebuah gua yang terdapat di balik air terjun.

Setelah berbulan-bulan Abah Wiria bertapa, masyarakat mulai menjadi gelisah karena Abah Wiria tidak kembali ke lembur. Karena merasa kehilangan tokoh yang dianggap berjasa tersebut, akhirnya masyarakat mencari Abah Wiria di Curug Bangkong, termasuk memeriksa gua dibalik air terjunnya. Namun Abah Wirya tidak ditemukan.

(dok.pribadi)

Sehingga banyak yang menganggap bahwa Abah telah ngahiyang (moksa) sebagai pencapaian tertinggi dari tapa bratanya. Setelah hilangnya Abah Wiria, dari arah curug tersebut kerap terdengan suara katak (bangkong).

Kedua, Mudah dijangkau

Berbeda dengan kebanyakan curug atau air terjun yang perlu waktu lama dan usaha yang ekstra untuk mencapainya, curug Bangkong dapat ditempuh kurang 15 menit dari jalan raya dengan kendaraan pribadi. Selain itu dari tempat parkir juga hanya perlu 1 kilometer jalan kaki. Sehingga siapapun bisa mengangkau curug Bangkong baik anak-anak maupun Lansia dengan cara berjalan kaki. Jadi, kamu ngga usah khawatir kalau mau ngajak orang tua atau kakek nenekmu. Atau anak-anak dan keponakan kamu ke Curug Bangkong ya..


Ketiga, Ada Wahana Arung Jeram Mini!

Buat kamu yang suka permainan memacu adrenalin, bisa nyoba arung jeram mini disini, lho.. Aliran air curug yang deras dengan beberapa bebatuan, membuat air disungai tempat curug bangkong mengalir ini membuatnya cocok untuk bermain arung jeram. Tarifnyapun cukup affordable lho, gaez.. Cukup 15 ribu rupiah saja sudah termasuk ban dengan alat pengaman serta pemandunya. Permainan ini juga aman dilakukan oleh anak-anak karena ada dijagain sama pemandunya tadi. Jika kamu ingin mencoba permainan ini,  untuk sementara adanya pas weekend aja ya..



Keempat, Instagramble!

Siapa sih .. yang nggak suka berfoto ditempat yang instagramable.. Instagramable menjadi syarat utama bagi anak-anak muda sekarang ya.. Syarat ini bisa kamu dapatkan di Curug Bangkong! Selain aliran air terjunnya yang deras, tanaman yang rindang, disini juga disediakan spot foto serta gazebo yang gratis untuk pengunjung.

Spot Instagramable (dok.pribadi)


Kelima, Harga Murah..                                                        

Curug Bangkong highly recomended buat kamu yang masih menuntut ilmu juga. Kenapa? Karena harganya yang ramah dikantong. Katakanlah parkir motor Cuma 2000 rupiah, sedang tiket masuk Cuma 5000 rupiah. Gimana? Pengen nggak nih.. Kalau mau tahu dimana tempatnya? Persisnya ada di Desa Kertawirama Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

 

Gerbang tiket curug Bangkong (sumber : dok.pribadi)

Minggu, 06 Juni 2021

Empath, Manusia Dengan Kepekaan Tinggi

 

Empath yaitu mereka yang menyerap kegembiraan dan tekanan dunia seperti "spons emosional." Seperti yang dikatakan oleh Dr. Judith Orloff, seorang pionir di bidang ini. Dalam bukunya "The Empath's Survival Guide: Life Strategies for Sensitive People," dia menyarankan empath tidak memiliki filter yang digunakan kebanyakan orang untuk melindungi diri mereka sendiri dari rangsangan yang berlebihan dan tidak bisa tidak menyerap emosi dan energi di sekitarnya, apakah itu baik, buruk, atau sesuatu di antaranya.


Ilustrasi (sumber :http://www.keirbradycounseling.com/empath-benefits/)


Kim Egel, seorang terapis yang berbasis di San Diego, memperluas ini lebih lanjut: “Empat memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap rangsangan luar seperti suara, kepribadian besar, dan lingkungan yang sibuk. Mereka membawa banyak hati dan perhatian ke dunia dan merasakan hal-hal yang sangat dalam.”


Berikut adalah 15 tanda mungkin seorang empath :


Kamu memiliki banyak empati

Istilah empath berasal dari empati, yaitu kemampuan untuk memahami pengalaman dan perasaan orang lain di luar perspektifmu  sendiri.Kedekatan dan keintiman bisa membuatmu kewalahan.Empath sering menemukan kontak dekat yang sulit, yang dapat membuat hubungan romantis menjadi menantang.

Kamu ingin terhubung dan mengembangkan kemitraan yang langgeng. Tetapi menghabiskan terlalu banyak waktu dengan seseorang menyebabkan stres, kewalahan, atau kekhawatiran kehilangan diri sendiri dalam hubungan.

Kamu mungkin juga merasakan kelebihan sensorik atau perasaan "saraf yang tegang" karena terlalu banyak berbicara atau menyentuh. Tetapi ketika kamu mencoba mengungkapkan kebutuhanmu  akan waktu sendirian, kamu menyerap perasaan terluka pasanganmu dan merasa lebih tertekan.

Tetapi menetapkan batasan yang sehat dan jelas dapat membantu mengurangi tekanan, saran Egel. “Kamu harus tahu bagaimana menjaga diri agar energi dan cadangan emosionalmu tidak terkuras,” katanya.


Kamu memiliki intuisi yang baik

Pernah merasa seperti memiliki reaksi yang kuat terhadap hal-hal yang terasa agak aneh? Mungkin kamu mudah menangkap ketidakjujuran atau hanya tahu kapan sesuatu tampak seperti ide yang baik (atau buruk). Ini mungkin sifat empati Anda di tempat kerja.

Empath cenderung dapat menangkap isyarat halus yang memberikan wawasan tentang pikiran orang lain, saran Barrie Sueskind, seorang terapis di Los Angeles yang berspesialisasi dalam hubungan. "Intuisi empath sering memberi tahu mereka apakah seseorang itu jujur ​​atau tidak," katanya.

Sebagai seorang empath, kamu mungkin menaruh banyak kepercayaan pada nalurimu saat membuat keputusan. Meskipun orang lain mungkin menganggapmu impulsif, Kamu  sebenarnya memercayai intuisimu untuk membimbing  ke pilihan yang terasa tepat untukmu.


Kamu merasa nyaman di alam

Siapapun bisa mendapatkan keuntungan dari menghabiskan waktu di alam. Tetapi empath mungkin merasa lebih tertarik pada alam dan daerah terpencil. Karena lingkungan alami menyediakan ruang yang menenangkan untuk beristirahat dari sensasi, suara, dan emosi yang luar biasa.

Kamu mungkin merasa benar-benar damai saat mendaki sendirian di hutan yang diterangi matahari atau menyaksikan ombak menghantam pantai. Bahkan jalan-jalan yang tenang melalui taman atau satu jam duduk di bawah pohon dapat mengangkat semangatmu, menenangkan rangsangan yang berlebihan, dan membantumu rileks.

 

Kamu tidak terlalu nyaman dengan baik di tempat-tempat ramai

Menurut Sueskind, empath dapat menyerap energi positif dan negatif hanya dengan berada di hadapan seseorang. Di tempat-tempat ramai atau sibuk, kepekaan ini mungkin tampak meningkat hingga hampir tak tertahankan.

Egel setuju, menambahkan bahwa "empathy dapat dengan mudah diliputi oleh perasaan segalanya lebih intens." Jika kamu dapat dengan mudah merasakan perasaan orang lain, kemungkinan besar kamu akan kesulitan menangani "kebisingan" emosional dari kerumunan, atau bahkan sekelompok kecil orang, untuk waktu yang lama.

Ketika kamu menerima emosi negatif, energi, atau bahkan tekanan fisik dari orang-orang di sekitarmu, kamu mungkin menjadi kewalahan atau tidak sehat secara fisik. Akibatnya, kamu mungkin merasa paling nyaman sendirian atau bersama beberapa orang saja dalam satu waktu.


Kamu memiliki waktu yang sulit untuk tidak peduli

Seorang empath  tidak hanya merasa untuk seseorang - mereka merasa dengan seseorang.

Mengambil emosi orang lain begitu dalam dapat membuat kamu ingin melakukan sesuatu tentang mereka. “Empaths ingin membantu,” kata Sueskind. "Tapi ini tidak selalu mungkin, yang bisa mengecewakannya."

Kamu mungkin merasa sulit untuk melihat seseorang berjuang dan bertindak berdasarkan kecenderungan alami Anda untuk membantu meringankan kesusahan mereka, bahkan jika itu berarti menyerapnya sendiri.

Peduli terhadap penderitaan orang lain bukanlah hal yang buruk, tetapi kepedulianmu terhadap kesulitan orang lain dapat menutupi kepedulianmu terhadap diri sendiri. Hal ini dapat menjadi faktor penyebab kelelahan dan kejenuhan, jadi penting untuk menghemat energi untuk diri sendiri.

 

Orang-orang cenderung memberi tahumu masalah mereka

Orang yang sensitif dan empatik cenderung menjadi pendengar yang fantastis. Orang yang kamu cintai mungkin merasa terhibur dengan dukunganmu dan menghubungimu terlebih dahulu setiap kali mereka mengalami kesulitan.

Kepedulian yang mendalam dapat membuat sulit untuk memberi tahu orang-orang ketika kamu mendekati titik kewalahan. Tetapi penting untuk menemukan keseimbangan. Tanpa batas, kebaikan dan kepekaan yang tidak terkendali dapat membuka jalan bagi “penumpahan emosi” yang mungkin terlalu berat untuk kamu tangani sekaligus.

Empath juga mungkin lebih rentan terhadap manipulasi atau perilaku beracun. Keinginan kamu yang sungguh-sungguh untuk membantu orang yang kesusahan dapat membuat kamu tidak menyadari tanda-tanda keracunan.

Kamu mungkin memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang rasa sakit yang memicu perilaku mereka dan ingin menawarkan dukungan. Tetapi penting untuk diingat bahwa kamu tidak dapat berbuat banyak untuk seseorang yang tidak siap untuk berubah.


Kamu memiliki kepekaan yang tinggi terhadap suara, bau, cahaya, atau sensasi

Sensitivitas empathy yang meningkat tidak hanya berhubungan dengan emosi. Ada banyak tumpang tindih antara empati dan orang-orang yang sangat sensitif, dan kamu mungkin menemukan bahwa kamu juga lebih sensitif terhadap dunia di sekitarmu.

Ini bisa berarti:

• Wewangian dan bau mempengaruhi kamu lebih kuat.

• Suara menggelegar dan sensasi fisik dapat mempengaruhi kamu lebih kuat.

• kamu lebih suka mendengarkan media dengan volume rendah atau mendapatkan informasi dengan membaca.

• Suara tertentu dapat memicu respons emosional.


Kamu perlu waktu untuk mengisi ulang

"Kepekaan yang meningkat terhadap rasa sakit orang lain dapat menguras tenaga, sehingga empati mungkin mudah lelah," kata Sueskind. Bahkan perasaan positif yang berlebihan mungkin membuatmu  lelah, jadi penting untuk meluangkan waktu yang kamu butuhkan untuk mengatur ulang.

Jika kamu tidak dapat melepaskan diri dari emosi yang luar biasa dan mengistirahatkan indramu, kemungkinan besar kamu akan mengalami kelelahan, yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan.

Membutuhkan waktu sendirian tidak berarti kamu seorang introvert. Empath juga bisa menjadi ekstrovert, atau jatuh di mana saja pada spektrum. Mungkin orang-orang memberi kamu energi — sampai kamu mencapai titik kewalahan itu.

Empath ekstrovert mungkin perlu lebih berhati-hati untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara menghabiskan waktu dengan orang lain dan memulihkan cadangan emosional mereka.


Kamu tidak suka konflik

Jika kamu seorang empath, kamu mungkin takut atau secara aktif menghindari konflik.

Sensitivitas yang lebih tinggi dapat membuat seseorang lebih mudah menyakiti perasaan kamu. Bahkan komentar yang tidak langsung mungkin dapat melukai lebih dalam, dan kamu mungkin menerima kritik secara lebih pribadi.

Pertengkaran dan pertengkaran juga dapat menyebabkan lebih banyak kesusahan, karena kamu tidak hanya berurusan dengan perasaan dan reaksi kamu sendiri. Kamu juga menyerap emosi orang lain yang terlibat. Ketika kamu ingin mengatasi luka semua orang tetapi tidak tahu caranya, perselisihan kecil pun bisa menjadi lebih sulit untuk diatasi.


Kamu sering merasa tidak cocok

Meskipun sangat selaras dengan perasaan orang lain, banyak empati merasa sulit untuk berhubungan dengan orang lain.Orang lain mungkin tidak mengerti mengapa kamu menjadi lelah dan stres begitu cepat. Kamu mungkin kesulitan untuk memahami emosi dan perasaan yang kamu serap atau rasakan bahwa  kamu tidak "normal". Ini dapat membuat kamu menjadi lebih pribadi.

Tidak pernah mudah untuk merasa seperti  kamu tidak termasuk, tetapi cobalah untuk melihat kemampuanmu  untuk berempati secara mendalam dengan orang lain sebagai sesuatu yang istimewa. Ini mungkin tidak umum, tetapi itu adalah bagian penting dari siapa kamu.


Kamu cenderung mengisolasi

Isolasi dapat membantu empati pulih dari kewalahan, jadi menutup diri sepenuhnya dari dunia mungkin tampak menyembuhkan. Tetapi isolasi yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Ada berbagai jenis isolasi, dan beberapa mungkin menawarkan lebih banyak manfaat restoratif daripada yang lain. Cobalah luangkan waktumu sendirian di luar ruangan jika memungkinkan dan bermeditasi di taman yang tenang, berjalan di tengah hujan, berkendara dengan pemandangan indah, atau taman.

Jika orang mengurasmu dengan mudah, pertimbangkan untuk menambahkan hewan peliharaan ke dalam hidupmu. Empath dapat terhubung ke hewan lebih intens dan menarik kenyamanan mendalam dari ikatan ini.


Kamu kesulitan menetapkan batasan

Batasan penting dalam semua hubungan.

Jika seorang empahi, mungkin kesulitan untuk mematikan kemampuan merasakan dan merasa tidak mungkin untuk berhenti memberi, bahkan ketika kamu tidak memiliki energi lagi. Anda mungkin percaya batasan menunjukkan bahwa Anda tidak peduli dengan orang yang Anda cintai ketika kebalikannya benar.

Karena pengalaman orang lain memiliki dampak yang begitu kuat pada empati, batasan menjadi lebih penting. Mereka membantu menetapkan batasan di sekitar kata-kata atau tindakan yang dapat memengaruhimu secara negatif, memungkinkanmu untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri.

Ketika kamu mulai merasa tidak dapat menguraikan emosimu dari emosi orang lain, mungkin inilah saatnya untuk mengeksplorasi pengaturan batas yang sehat dengan seorang terapis.


Kamu  melihat dunia dengan cara yang unik

Pemahaman emosional yang lebih dalam dapat mendorong intuisi dan kemungkinan besar menangkap hal-hal yang dilewatkan orang lain atau membuat hubungan yang tidak jelas bagi orang lain.

Tetapi peningkatan koneksi ke dunia ini juga dapat memiliki kelemahan. Lingkungan yang tidak memberikan banyak ruang untuk ekspresi emosional dapat mengurangi kreativitas dan kepekaanmu, kata Egel, membuat kamu a tidak tertarik, tidak terlibat, dan berjuang untuk berkembang.

Terkadang kamu merasa sulit untuk mengatasi kelebihan sensorik dan emosional

Mungkin sulit bagi empati untuk melindungi diri mereka sendiri dari mengambil emosi orang lain, kata Sueskind.

Praktik perawatan diri yang baik dan batasan yang sehat dapat membantu melindungimu, terutama dari emosi dan energi negatif. Tetapi "kebisingan" emosional dunia dapat menyebabkan tekanan yang signifikan ketika tidak memiliki alat untuk mengelolanya.

Jika kamu berjuang untuk mengelola stimulasi berlebihan sendiri, dan itu memengaruhi kualitas hidup kamu atau menjauhkan kamu dari hubungan dan tujuan pribadi lainnya, terapis dapat membantu kamu belajar mengembangkan batasan dan mengidentifikasi pendekatan perawatan diri yang bermanfaat.

Ingat, kebutuhan dan emosimu sama pentingnya dengan yang kamu ambil dari semua orang di sekitarmu.


Referensi :

https://www.healthline.com/health/what-is-an-empath

Rabu, 19 Mei 2021

Ikuti Webinar Boosting Your Corporate Image in Media by Handling a Professional Relationship with Journalist, Dijamin Nggak Nyesel..

 

Pernahkah kamu terpana oleh artikel opini temanmu yang bisa lolos media massa? Atau instansi tempat teman kamu bekerja bisa masuk media? Kemudian bergumam entah dalam hati atau secara langsung bilang padanya “Wah, keren ya… “ Pernahkah terpikirkan untuk dapat melakukan hal yang sama?

Jika iya! Inilah kesempatan yang sayang untuk kamu lewatkan. 


Nyatanya untuk membuat personal branding , corporate branding, atau product branding kita butuh kerjasama dengan media massa. Terlepas kita juga harus melakukan digital marketing yang tidak boleh tanggung-tanggung. Menjadi eksis di media massa tak bisa dipungkiri memang perlu juga. Lalu bagaimana caranya? Di kelas ini saya akan memberi tahu rahasianya.




 

Lalu apa saja yang akan kamu dapat jika ikut kelas ini?

Di kelas ini, kamu  akan belajar tentang Boosting Your Corporate Image in Media by Handing a Professional Relationship with Journalist bersama Novy Khusnul Khotimah - Instruktur dan Humas di Badan Narkotika Nasional RI, yang akan berbagi beberapa wawasan tentang:

1. Bagaimana mengoptimalkan keterampilan Anda berkomunikasi dengan jurnalis

2. Bagaimana meningkatkan citra perusahaan dengan biaya murah

3. Memahami perbedaan antara Konferensi Pers atau Siaran Pers

 

Di kelas ini, Kamu juga akan menerima:

Sertifikat elektronik

Dek pembicara

Pengetahuan dan keterampilan langsung dari para ahli yang dikurasi dengan baik

 

Kelas ini sangat disarankan untuk:

Baru lulus

Profesional tingkat junior dengan 1 - 3 tahun di bidang Humas

Siapapun yang tertarik dengan topik Hubungan Masyarakat

 

Tentang Kelas Pakar Glints:

Glints Expert Class adalah program dari Glints untuk memfasilitasi para profesional muda yang ingin tahu dan ingin meningkatkan keahlian mereka. Kelas ini akan diadakan secara langsung melalui Zoom (Tautan zoom dapat diakses di e-voucher setelah pembayaran berhasil).

 

Syarat dan ketentuan:

Kelas ini akan dilakukan dalam Bahasa Indonesia.

Peserta disarankan untuk mendaftarkan diri melalui link Zoom, maksimal 2 jam sebelum acara dimulai.

Kelas ini akan diadakan melalui Zoom. Jadi, disarankan untuk mengunduh Zoom dan masuk melalui akun Zoom Anda sebelum acara dimulai.



Link registrasi zoom dapat diakses melalui e-voucher.

Pastikan Anda menggunakan nama lengkap dan alamat email yang benar dan valid. Karena kami akan mengirimkan tautan Zoom melalui alamat email yang terdaftar.

Silakan centang Kotak Spam di email kamu jika Anda tidak menemukan email dengan tautan Zoom di kotak masuk Anda.

Jika kamu memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi PIC kami: reza.alfarisy@glints.com

Atau silakan daftar melalui link dibawah ini…



Sampai jumpa di kelas saya hari minggu ini ya..




In this class, you will learn about Boosting Your Corporate Image in Media by Handing a Professional Relationship with Journalist with Novy Khusnul Khotimah - Instructor and Public Relations at Badan Narkotika Nasional RI,  who will share some insights on:  
1. How to optimize your skill to communicate with journalist
2. How to increase corporate image in cheap expense
3. Understanding the difference between Press Conference or Press Release

In this class, you will receive:
E-certificate
Speaker’s deck
Knowledge and skills directly from well-curated experts

This class is highly suggested for:
Fresh Graduate 
Junior level professionals with 1 - 3 years in Public Relation
Anyone who interested in Public Relationship topics

About Glints Expert Class:
Glints Expert Class is a program by Glints to facilitate young professionals who are curious and eager to amplify their skill set. This class will be held live via Zoom (Zoom link can be accessed on e-voucher after payment successful). 

Terms and Conditions:
This class will be conducted in Bahasa Indonesia.
Participants are advised to register themselves via the Zoom link, a maximum of 2 hours before the event starts.
This class will be held via Zoom. So, it is advisable to download Zoom and sign in via your Zoom account before the event starts.
Zoom registration link can be accessed via e-voucher.
Make sure you are using a correct and valid full name and email address. Because we will send a Zoom link via the registered email address.
Please check the Spam Box in your email if you don't find an email with a Zoom link in your inbox.
If you have any inquiries, please do not hesitate to reach out to our PIC: reza.alfarisy@glints.com

Senin, 17 Mei 2021

Lirik Lagu Mars dan Hymne BNN RI (Lagu Anti Narkoba BNN)

 Berikut ini teks lagu Mars BNN RI dan Hymne BNN RI 



Mars BNN

Narkoba adalah musuh negara

Musuh rakyat
Musuh kita semua

Mari kita perangi
Marilah kita basmi
Sampai keakar-akarnya

Jadikanlah Indonesia Negara

Yang bebas dari jeratan narkoba
Jadikan Indonesia
bangsa yang sehat cerdas
Berakhlak mulia maju dan jaya

Bangunlah bangsaku

Bangunlah rakyatku
Raihlah masa depan ceria

Satukanlah visi

Satukanlah misi
Perangi dan hancurkan narkoba

Bersama kita bisa
Perangi skarang juga
Bersama BNN


Narkoba adalah musuh negara

Musuh rakyat
Musuh kita semua

Mari kita perangi
Marilah kita basmi
Sampai keakar-akarnya

Jadikanlah Indonesia Negara

Yang bebas dari jeratan narkoba
Jadikan Indonesia
bangsa yang sehatcerdas
Berakhlak mulia maju dan jaya

Bangunlah bangsaku

Bangunlah rakyatku
Raihlah masa depan ceria

Satukanlah visi

Satukanlah misi
Perangi dan hancurkan narkoba

Bersama kita bisa
Perangi skarang juga
Bersama BNN


Yess!!!




 



Hymne BNNRI

 

Demi cinta kami pada pertiwi

Indonesia tempat mengabdi

Menjaga ancaman bahaya narkoba

 Sluruh penjuru nusantara

 

 BNN tempat kami berbakti

Tulus berjanji

Berani nasionalis netral responsif inovatif

Wujudkan cita-cita mulia

 

Indonesia bersih narkoba

Masa depan indonesia cerah

Jayalah selalu BNN