My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Senin, 08 Juli 2013

Keajaiban Menulis

Menulis ternyata memiliki banyak keajaiban yang belum diketahui oleh masyarakat secara umum. Beberapa diantaranya untuk kesehatan yaitu menulis dapat menghasilkan perubahan pada sistem imunitas dan hormonal dalam merespons beban stres dan meningkatkan hubungan dan kemampuan kita menghadapi stres. Adapun keuntungannya antara lain mengurangi berat badan, meningkatkan kualitas tidur, melawan penyakit, dan mengurangi stres.


Secara psikologis dapat membebaskan dari deraan batin dan mengurangi aktivitas amygdala  karena dengan menulis merupakan sebuah usaha mencicil keluar sedikit demi sedikit beban kejiwaan yang menghantui. Serta mengekspresikan diri lewat tulisan merupakan pengaturan emosi yang tak disengaja, sehingga mengatur kita dalam keadaan sulit. Terapi dengan menulis untuk mencurahkan rasa ketakutan mendalam tentang penyakit, ternyata bagus bagi penderita kanker.ungkapan perasaan dengan menulis dapat membantu para pasien memahami diri meraka sendiri dan kebutuhan mereka secara lebih baik. 

Traumapun dapat diatasi dengan menulis karena pikiran dan perasaan terdalam tentang trauma yang mereka alami menghasilkan suasana hati yang lebih baik, pandangan lebih positif, dan kesehatan fisik yang meningkat, sebagaimana pernyataan Oncologist pennebaker dalam jurnal asosisasi medis Amerika. Selain itu menulis dapat membantu kinerja memori Karena orang – orang yang menulis tentang pengalaman yang membuat stres menunjukkan pertumbuhan dalam kemampuan mereka berkonsentrasi. Hal ini berdasarkan penelitian bahwa semakin besar pengurangan terhadap pikiran-pikiran negatif akan semakin besar perkembangannya dalam kapasitas perhatian. Secara teratur bahwa pengurangan terhadap penyakit psikologis atau trauma dapat membantu peningkatan kesadaran personal seseorang.

Selain memliki manfaat dalam bidang kesehatan, menulis juga berhubungan erat dengan peradaban manusia. Seperti yang sayidina Ali katakan “ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya. Ikatlah buruanmu dengan ikatan yang kuat, yakni menuliskannya.” Dunia tulis-menulis adalah batas antara sejarah dan prasejarah kehidupan manusia. Setinggi apapun peradaban bila belum meninggalkan artefak tulisan maka itu bukan peradaban yang subur. Banyak orang besar yang lahir dari menulis, terlebih ditempat-tempat sunyi seperti penjara antara lain  Nawal el sadawi, Soekarno, Moh. Hatta, dan masih banyak lagi.



Kitapun bisa melejitkan diri melalui aktivitas menulis dengan memulai menulis catatan harian atau diary. Manfaat yang bisa diperoleh antara lain: Menghilangkan stres, sebagai media merencanakan target yang ingin dicapai, menuliskan komitmen, pengontrol target, alat memformulasikan ide baru, gudang inspirasi, alat penyimpan memori, memudahkan pe nyelesaian masalah, dan sebagai media refleksi dan kebijaksanaan. Seperti pendapat Hernowo bahwa dalam buku harian terdapat nilai yang anda baca dan baca ulang, emosional, sosial, dan bakat seni anda terlihat sehingga anda bisa mengenali diri anda. Lalu anda bisa menentukan diri anda mau kemana dan jadi apa nanti. 

Orang-orang yang telah tercerahkan oleh tulisannya sendiri yaitu Karl May penulis terkenal Eropa pengarang Winnetou dan Kara Ben Nemsi. Gao Xingjian dari Cina pengarang naskat terkenal “Gunung Jiwa”(Lingshan), namun banyak karyanya yang dilarang pemerintah karena perbedaan ideologi. Karen Armstrong pengarang buku terkenal Hisory of god dan Virginia woolf penulis cerpen dan novel dunia barat. Diindonesia sendiri ada Pipiet Senja, hernowo, dan Asma Nadia. Selain penulis yang memang sudah menjalani hidup dengan jalan menulis yang mereka pilih, terdapat orang biasa yang catatan hariannya menjadi fenomenal setelah pemiliknya meninggal dunia yaitu Anne Frank, gadis remaja yang harus menjalani kehidupan sengsara akibat kekejaman tentara Nazi. Soe Hok Gie dengan buku hariannya yang terkenal diberi judul “Catatan sang Demonstran”, serta Ahmad Wahib seorang wartawan yang buku haniannya fenomenal karena pemikirannya yang relatif fundamental dalam memandang Islam.

Melalui menulis kita dapat merencanakan hidup sukses dan bahagia karena bisa sekaligus menjadi peta hidup dan tujuan arah kemana kita igin mencapai cita-cita. Beberapa hal penting tentang tujuan menurut Thomas Armstrong dalam 7 Kinds of Smart, pertama kita harus memilih sasaran yang harus dicapai. kedua, ambil sasaran yang pantas diharapkan. Ketiga, Sasaran itu dapat diukur. Jadi, Selamat menulis!

2 komentar: