My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Jumat, 17 Juni 2016

Jalan – Jalan di Pantai Widuri

Alhamdulillah ya.. Bisa menulis pengalaman jalan-jalan lagi . Yap! Pengalaman kali ini adalah jalan-jalan di Pantai Widuri Pemalang Jawa Tengah.Saya piknik bersama rombongan karyawan pabrik jeli yang secara yang punya tempat saya ngontrak. Sudah beberapa bulan lalu sih, sampai lupa kapan? tapi baru bisa saya update sekarang blognya. Hehe..

Sejarah
Ternyata nama pantai Widuri diambil dari nama seorang wanita lho.. Tapi bukan wanita pacarnya Broery yang dijadikan lagu seperti ini, hihi..





  Yoi.. nama pantai Widuri tidak lepas dari legenda keberadaan Nyi Widuri. Menurut legenda  dia adalah wanita sangat cantik yang tinggal di desa. Dinamai Widuri, karena konon jaman dahulu ada sepasang suami-istri, Nyi Widuri dan suaminya, ketika itu, Nyi Widuri bersumpah kepada suaminya bahwa ia tidak berselingkuh dengan seorang Pangeran yang singgah di desa tempat Nyi Widuri dan suaminya tinggal dengan mengatakan bahwa jika air yang diteteskan dari Bunga Widuri menjadi kotor, maka saya memang berselingkuh, tetapi jika sebaliknya, maka saya setia dan tidak mendua.
 
Pemandangan Pantai Widuri, Sumber : detik.com (ga sempet ambil sendiri, sibuk selpie, hehe)


Sedangkan  jalan lurus dari alun-alun Pemalang  hingga ke Pantai Widuri. Menurut legenda masyarakat Pemalang, jalan lurus ini dibuat oleh seorang Patih yang sakti mandraguna. Apabila diperintah, sang Patih selalu menjawab dengan kata sampun (sudah terlaksana). Karena kebiasaan itu, ia dikenal dengan nama Patih Sampun.

Lokasi

Kalo secara teknis saya kemarin sih, pasrah aja sama sopir bus nya. Hehe.. tapi dari review di internet sih katanya Jaraknya yang sangat dekat dengan pusat kota, yakni hanya butuh waktu sekitar lima sampai tujuh menit saja dari alun-alun Pemalang, membuat Pantai Widuri selalu dipadati oleh pengunjung. Jika Anda sedang di Jl. Raya Pantura pemalang-Tegal, pantai ini bahkan lebih dekat lagi. Tidak jauh dari perempatan antara Jl. Prof. Mohammad Yamin, Jl. Yossudarso dan Jl. R.E Martadinata terdapat makam Pagaran. Untuk menuju Pantai Widuri, Kamu harus melalui Jl. Yossudarso menuju arah utara dengan jarak sekitar 1,5 km.



Panorama Pantai Widuri

Sebagai objek wisata andalan di Pemalang, Pantai Widuri senantiasa dipenuhi pengunjung terlebih jika hari libur tiba. Meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang, Pantai Widuri tetap menyajikan arena wisata yang sayang untuk dilewatkan. Di dekat pantai, banyak pohon-pohon besar yang umurnya sudah puluhan tahun. Selain itu, ada banyak tempat duduk yang disediakan untuk pengunjung guna dapat menikmati panorama Pantai Widuri yang akan bertambah cantik ketika pagi dan sore hari. Karena apa? Di pantai ini Anda dapat menikmati pemndangan sunrise dan sunset sekaligus. Objek wisata Pantai Widuri dikelilingi tembok pembatas yang luasnya mencapai 10 ha.

Cukup lumayan.. untuk pantai di Jawa Tengah yang dikunjungi oleh orang-orang gunung seperti para karyawan ibu kos saya, hehe..

Aktivitas

Meski tak sempat memasuki langsung, tapi tak ada salahnya dicoba. Di area Pantai Widuri, terdapat arena bermain air bernama Widuri Water Park. Arena bermain ini sangat cocok bagi yang datang bersama keluarga. Untuk bermain di sini, harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000/orang. Masih di lokasi Pantai Widuri, pengunjung dapat mencicipi sirkuit balap motor yang kerap digunkan untuk berbagai kejuaraan roadrace mulai tingkat daerah hingga nasional. 

Menikmati pasir pantai yang lembut dengan membuat rumah-rumahan, menyelupkan diri dan menikmati kesegaran air laut, atau sekedar duduk di bawah pohon ditemani tempe mendoan dan segelas es teh untuk menikmati panorama pantai dengan hembusan angin sepoi-sepoi adalah serangkaian aktivitas lain yang dapat Anda nikmati di Pantai Widuri. Disini juga terdapat kapal motor yang gak terpakai, bisa untuk foto selpie juga, lho.. kayak gambarsaya pertama diatas tadi. :p Bisa dikatakan wisata yang hemat ya? Hee :D



Fasilitas 

Pantai Widuri memiliki fasilitas yang tergolong cukup lengkap. Jika berkunjung kemari, kita akan menemukan beragam fasilitas mulai dari panggung untuk pagelaran musik, tempat makan yang menjadi arena wisata kuliner, objek wisata air, lapangan tenis, arena bermain anak hingga sirkuit balap motor. 


Harga Tiket Masuk  2016
Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Widuri, harga tiket yang dikenakan sangat terjangkau. Kamu hanya akan diminta membayar sebesar Rp 2.000/orang untuk hari-hari biasa. Sedangkan untuk hari libur, harga tiket menjadi Rp 6.000/dua orang. Bila membawa kendaraan pribadi, petugas juga akan mengenakan biaya parkir. 


Ok! Itu sekilas tentang jalan-jalan saya di pantai widuri. Kalo kalian berminat bisa kunjungi juga ya... :) 

 Daftar Pustaka
http://jatengprov.go.id/id/wisata/kawasan-wisata-widuri-andalan-kabupaten-pemalang
https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Widuri
http://www.wisatatiga.com/2016/01/pantai-widuri-tempat-sempurna-untuk.html



1 komentar:

  1. widuri oh widuri.. kayaknya yang posting cantiknya juga kayak widuri nih hehe ;)

    BalasHapus