My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Jumat, 20 Maret 2015

BNN Gali Ide Praktisi Pendidikan Melalui FGD



Kegiatan advokasi yang diselenggarakan BNN Kabupaten Kuningan kepada lembaga pendidikan SD, SMP, SMA, dan UPTD pendidikan yang dimulai sejak hari rabu (11/3/2014) lalu mendapat respon positif dari peserta. Terutama dari Kadisdikpora  Drs. A. Taufik Rohman, M.Si menyatakan apresiasinya kepada BNN atas penyelenggaraan acara ini sehingga dapat membekali praktisi pendidikan terutama para guru dalam menangani kenakalan remaja saat in.iAgar mereka dapat mengantisipasi terutama kenakalan remaja yang terlibat dengan narkoba.”
Bapak-bapak guru sedang asyik berdiskusi

Dalam kegiatan puncaknya yaitu pada FGD (Focus Group Discussion) yang mengusung tema solusi bagaimana menciptakan sekolah yang bersih dari narkoba.  Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk berdiskusi mengenai bagaimana ide inovasi yang dapat mereka berikan bagi masa depan generasi muda terlebih bagi sekolah mereka sendiri. Sebagaimana pendapat yang disampaikan kelompok 2 jenjang SMP yang diwakili Agus Kosdaya dari SMP N Ciwaru menawarkan solusi dengan menyisipkan program P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) diberbagai acara sekolah seperti MOS, LDKS, Pesantren Kilat Ramadhan, dan Pramuka.

Lebih agresif dari FGD praktisi pendidik SMP, dalam FGD yang lain dengan peserta guru ditingkat SMA mereka lebih menekankan pada pembentukan satgas narkoba dikelas-kelas yang tidak segan-segan mengingatkan teman-temannya yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba termasuk pengadaan tes urine secara berkala. Namun yang lebih penting dari semuanya adalah menanamkan  budaya sehat baik jasmani dan rohani pada setiap siswa dan menyadari bahwa narkoba hanya membawa keburukan semata.

Kepala BNNK Kuningan memberikan advokasi
Budaya sehat ini juga sangat pas diterapkan bagi siswa SD yang masih polos dengan banyak kegiatan yang menggiatkan pada aktivitas kebersihan, seni, dan olahraga. Advokasi pada guru –guru sekolah juga perlu dilakukan secara berkesinambungan agar para guru punya bekal untuk membentengi para siswanya sekaligus juga menasihati para orang tua agar lebih peduli pada anak-anak mereka. Sedangkan FGD dari lembaga-lembaga UPTD mereka berharap dari Disdikpora dan BNN diberikan anggaran khusus untuk setiap sekolah menengah mengenai program P4GN agar kedepannya tidak ditemui lagi kasus pelajar-pelajar yang bermasalah dengan Narkoba. (NK)

dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar