My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Kamis, 24 November 2016

My Workout, My Lifestyle

Pernah denger slogan ini “Mensana in corporesano”? yes! Bahwa didalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat” Dan ini yang saya terapkan juga untuk hidup saya walau sebenarnya olahraga juga bukan hobi saya, tapi tanpa sengaja menjadi bagian dari hidup saya sehari-hari. Saking menjadi bagian dari hidup saya, awalnya sampai tidak menyadari bahwa yang saya lakukan itu ternyata olahraga, hehe.. Tapi entah mau dianggap hobi atau tidak, olahraga itu gak hanya penting tapi juga asyik. Dan kamu gak perlu menjadikannya hal yang berat jika sudah terbiasa. Berikut ini beberapa workout seru dalam hidup saya :

Cycling (Bersepeda)

Bersepeda saya tempatkan pada posisi pertama sebab ini yang saya sebut tanpa sengaja berolahraga. Sejak kelas satu SMP sampai akhir kuliah bersepeda adalah kendaraan andalan saya. Pagi-sore, 5-6 hari dalam seminggu, durasi 15-30 menit per sesi selama 10 tahun lebih. Masa pertumbuhan saya dibentuk dengan bersepeda. Sebuah keuntungan yang kini saya syukuri saat dulu orang tua tidak menyediakan fasilitas motor. Kenapa? Secara fisik badan saya lebih atletis kalo dibanding perempuan lain yang tidak berolahraga (bedanya sama atlet Cuma pada besarnya otot saja) dengan betis berotot macam tukang becak hehe, bahu bidang, perut rata. Walau secara tinggi badan saya cukup standar polwan, bukan model, hehe..




Namun dibalik itu, waktu masih kecil bisa dibilang saya anak yang telat bisa naik sepeda. Dibanding teman yang lain saya baru bisa mengendarai sepeda pada usia kelas 3 SD. Disebabkan saat usia 3,5 tahun pernah mengalami trauma dijatuhkan teman saya saat belajar naik sepeda. Karena masa SD adalah masa serunya bersepeda rame-rame, beberapa teman mencemooh saya ga bisa naik sepeda. Akhirnya saya bertekad harus bisa, dan hanya dalam waktu krg dari 2 minggu saya belajar setiap habis subuh, saya sudah bisa mengendarai sepeda dan bermain-main bersama teman-teman sepermainan.  Hore! (The power of will)

Manfaat Bersepeda :
1.      Sepeda membantu membentuk tubuh dan memberikan energi. Saat bersepeda gerakan yang dilakukan turut membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul. Selain itu lemak di daerah ini akan berkurang dan diganti oleh otot.
2.       Turut membantu mengurangi selulit di paha, serta mengurangi stres di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain seperti berjalan atau latihan aerobic.
3.       Sepeda membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot seluruh tubuh.
4.      Bersepeda diyakini bisa meningkatkan perlindungan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti diabetes karena membantu menurunkan berat badan serta menghindari tekanan darah tinggi.
5.      Sepeda bisa membantu mengurangi kadar stres, hal ini karena umumnya orang melakukan sepeda sambil santai dan menghitup udara segar.
6.      Sepeda baik untuk kesehatan kardio (jantung), olahraga sepeda bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.

Joging (Berlari/berjalan)


Selepas pindah dari Semarang ke Kuningan berat badan saya sempat gak terkontrol atau naik. Badan saya mulai terlihat lemaknya terutama bagian pipi, perut, dan paha. Sebab kebiasaan berolahraga saya mulai berkurang dan makanan saya turut bertambah. Untungnya saya ada jalan keluar yaitu menambah alternative nutrisi baik (produk mlm dan sar-buah)  dalam tubuh dan menambah olahraga bagi keseharian saya. Jadi jujur saya tidak melakukan diet makanan sama sekali. Hanya diet sehat yang dianjurkan dalam pola hidup sehat yang baik.

Ini joging versi CFD n jalan santai, yang standard ga da fotonya, hehe
Dalam seminggu saya rutin jogging 2 sampai dengan 3 kali termasuk CFD pada hari minggu. Rata-rata per sesi 1,5 Km - 2 Km. Untuk CFD 2-4 Km per sesi. Gak semuanya berlari tapi lebih sering jalan santai aja, sih. Hehe seperti yang dikoar-koarkan sama salah satu iklan susu yaitu berjalanlah minimal 1000 langkah perhari. Kalo saya per sesi 2500 - 3500 langkah, jadi kalo diitung 2500 x3 =7500/ 7= 1000 perhari, kan?! Itu minimal, bisa lebih dari itu. Atau malah kadang tidak sama sekali dalam seminggu kalau lagi ada urusan seperti diklat. Tapi itu jarang banget, kok..

Manfaat Joging / Berjalan :
Meningkatkan stamina
Rutin menjalankan jogging mampu meningkatkan stamina dan berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda merasa lesu sepanjang hari ketika bekerja, mulailah melakukan jogging secara rutin.

Mencegah penyakit.
Kekebalan tubuh dapat meningkat dengan rutin melakukan olahraga, salah satunya jogging. Tidak hanya melatih kinerja jantung, jogging juga dapat mengurangi tekanan darah dan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.


Menurunkan berat badan.
dapat membakar kalori Anda dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh Anda lambat, maka membuat lemak mudah menumpuk dan menjadikan tubuh lebih gemuk.

Membakar lemak di perut.
Siapa yang tidak menggerutu ketika lemak di area perutnya mulai bertambah. Anda menginginkan perut bebas lemak dan terlihat ramping? Mulailah jogging. Tidak hanya lemak di sekitar perut, jogging pun dapat mengurangi lemak di area pinggang dan pinggul.

Otot lebih kuat dan tulang lebih padat
Jogging mampu membakar lemak dan membuat otot, tulang pinggul, punggung dan kaki lebih padat berisi. Kepadatan tulang dan otot pun dapat membuat Anda beraktifitas lebih semangat dan semaksimal mungkin.

Melawan penuaan.
Seiring bertambahnya usia, massa otot dan tulang akan berkurang, dengan jogging membantu Anda melawan penuaan. Setidaknya mengurangi terjadinya penuaan dan membuat kulit terlihat cerah karena aliran darah yang lancar.

Memperbaiki nafsu makan
Metabolisme tubuh semakin baik ketika Anda rutin berjogging. Bagi Anda yang memiliki nafsu makan rendah, jogging bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Begitu pun bagi Anda yang mengalami stres atau depresi dapat dibantu kembalinya nafsu makan dengan berjogging.

Mengatasi insomnia.
Anda bermasalah dengan insomnia? Mulailah rutin berjogging karena dapat memperbaiki pola makan, metabolisme tubuh dan menghilangkan stres.

Paha dan bokong lebih kencang.
Gerakan otot ketika jogging membuat otot paha dan bokong terlatih sehingga lebih kencang dan kuat. Lemak yang dibakar ketika jogging membuat area paha dan bokong pun semakin padat, kencang dan berisi.

Tidak hanya bermanfaat bagi fisik, jogging pun membantu Anda secara psikologis
Mengusir stres
Ingin menghilangkan kepenatan untuk sementara? Luangkan waktu untuk jogging. Biarkan tubuh Anda menikmati olahraga ini sambil menghirup udara segar. Bagi Anda yang sedang marah atau kesal, sprint bisa membantu mengatasinya. Saat jogging, tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memberikan rasa bahagia atau euforia sehingga bisa membantu menghilangkan stres.

Lebih percaya diri
Jogging menjaga kekebalan tubuh dan membentuk postur tubuh lebih sempurna. Secara tidak langsung, jogging membantu Anda lebih percaya diri, dengan bentuk tubuh lebih sempurna ditambah mood bahagia yang muncul karena rajin berolahraga.


Fitness
Ini olahraga baru yang saya tekuni, mengingat lengan saya yang masih kurus dan perut kurang six pack (walau sudah rata). Ya, biar keliatan sangar dikit macam pahlawan wanita di film-film super hero,hihi. Berdasarkan buku yang pernah saya baca, pembentukan otot memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme yang artinya tubuh tidak dengan mudah mengubah makanan menjadi lemak. Disisi lain otot inilah yang berfungsi secara alami dalam membentuk kolagen (zat pengencang/awet muda). Alias biar gak cepet keriput, hehe…



Selain itu, latihan beban juga untuk membiasakan tubuh saya pada tekanan berat , so insya Allah semua anak-anak saya nanti bisa dilahirkan secara normal. Kebiasaan ngeden gitu, maksudnya… nyambung kali ya.. (kalo gak, ya disambung2in , tapi insyallah nyambung, kok, haha). Efek dari fitness ini adalah saya makan jadi lebih banyak, walaupun olah raga lain juga sih.. tapi ini lebih-lebih.. karena pembakaran metabolisme memang perlu bahan bakar (makanan) yang ekstra.
Anyway, kalo buat laki-laki tidak saya sarankan minum suplemen pembesar otot, biarkan ototmu besar alami. Why? Selain mahal, ternyata ada efek lain.  Ini pengalaman dari beberapa temen saya yang dulu maniak fitness dan ototnya besar. Setelah dia vakum dari fitness badannya langsung melar gendut bahkan lebih gak bagus dari sebelum dia fitnes. Jadi saran saya kalo kamu laki udah terlanjut minum suplemen fitness, labih baik lanjutkan fitnesnya, jangan berhenti biar gak mengalami hal serupa.  Tapi itu semua pilihan dan tiap orang kan beda-beda ya., menurut saya sih yang alami yang bagus seperti buruh bangunan yang kadang diliat sedang mbenerin jalan. Itu seksinya alami tanpa suplemen tapi bodynya mirip bintang iklan suplemen, lho..

 Manfaat Fitness :
Kalori berkurang, kekuatan bertambah
Kalori yang digunakan oleh tubuh Anda akan lebih efisien ketika massa dan kekuatan otot Anda bertambah. Latihan beban dan fitnes membakar kalori lebih banyak dibandingkan berjalan, berjalan membakar kalori lebih banyak dibandingkan berdiri, dan berdiri membakar kalori lebih banyak dibandingkan duduk. Kalori yang dibakar oleh tubuh akan semakin banyak jika kontraksi ototpun banyak. Jadi, agar kalori Anda tidak tertimbun jadi lemak, maksimalkan pembakaran kalori melalui fitnes. Kontraksi otot akan menambah kekuatan dan mengurangi kalori tubuh.

Lebih efektif membakar lemak tubuh
Banyak orang yang takut fitnes dan takut angkat beban. Mereka menganggap melakukan hal tersebut hanya akan menambah ukuran otot sehingga membuat mereka keliatan besar. Padahal tujuan fitnes tidak hanya itu, melainkan juga untuk membakar lemak tubuh. Manfaat yang paling terasa selama maupun setelah fitnes adalah kebutuhan tubuh akan oksigen meningkat, bahkan berhari-hari setelah fitnes pun demikian. Hal ini biasa disebut EPOC, Excess Post-Exercise Oxygen Consumption. Ketika tubuh menggunakan oksigen yang lebih banyak, maka kalori yang dilepas akan lebih banyak untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Membentuk tubuh
Hal yang paling diidam-idamkan wanita adalah memiliki bentuk tubuh seksi dan ideal. Saat Anda membentuk otot melalui fitnes atau latihan beban, lemak di tubuh Anda akan berkurang sedangkan otot-otot tubuh Anda akan lebih terbentuk. Inilah yang membuat tampilan Anda terlihat lebih seksi. Melakukan olahraga rutin akan menyeimbangkan kadar lemak dan otot dalam tubuh, dan menghadiahkan Anda lekuk tubuh ideal.

Kualitas tidur lebih baik 
Latihan beban dan fitnes yang dilakukan setiap hari akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda. Anda akan tidur lebih cepat, lebih pulas, dan bangun lebih awal. Latihan fisik yang rutin dilakukan akan memperbaiki kualitas tidur malam Anda sehingga Anda dapat bangun pada pagi hari dalam kondisi bugar.

Meningkatkan kesehatan jantung dan tulang
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang jarang melakukan latihan beban cenderung memiliki kadar gula tingi, hipertensi, ukuran pinggang yang besar, dan juga sangat berisiko terkena penyakit kardiovaskuler (jantung dan stroke). Meskipun detak jantung Anda meningkat saat latihan beban, namun tekanan darah Anda akan menurun secar signifikan setelah latihan beban.


Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung, latihan beban dan fitnes juga bertujuan memperkuat tulang. Sebagaimana yang kita ketahui, wanita berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis dibanding pria. Hal ini disebabkan, pada masa tua dan menopause tubuh wanita tidak lagi memproduksi hormon estrogen. Para peneliti di McMaster University Kanada menemukan bahwa latihan fisik secara rutin akan meningkatkan massa otot pada tulang belakang hingga 9%. Ini menunjukkan betapa pentingnya melakukan fitnes bagi wanita di usia muda untuk mencegah penuaan dini.
Senam
Ini sih situasional saya mah.. Kalo dikantor  ada acara ya saya ikut sampai selesai dengan penuh enerjik. Biasanya sih pas hari jumat.  Walaupun agak males ngapalin gerakan yang rumit dikit, hahaha. Tapi emak-emak emang suka olahraga ini karena menurut mereka ini yang paling jitu untuk membakar lemak. Tapi apa iya? Yuk! Kita cek manfaatnya.

screenshot ambil dari path males nge-krop, aslinya udah ga da.

Manfaat Senam :
·         
Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan. Pasti setiap manusia pernah mengalami letih dan lesu dalam menjalankan berbagai aktivitas bahkan cenderung mudah sakit. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.
·         Meningkatkan fungsi jantung. Nah dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat.
·         Mengurangi Berat Badan. Tentu setiap olahraga memiliki peran dalam menurunkan berat badan manusia, salah satunya adalah aerobik yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara bertahap.
·         Mengurangi berbagai penyakit / mencegah penyakit. Nah yang satu ini penting untuk anda ketahui, aerobik dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya sebut saja stroke, jantung, kolesterol, dan berbagai kemungkinan lain bahkan penyakit kanker.
·         Ingin umur panjang ? Aerobik Solusinya. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh anda sehat dan memiliki umur panjang
·         Meningkatkan Kesehatan Otot. Otot manusia membutuhkan oksigen untuk membantu agar terhindar dari asam laktat atau limbah lainnya. Aerobik akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari berbagai limbah. Selain itu, dengan aerobik juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.
·         Meningkatkan mood dan mengurangi stres. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin yang dapat memberikan rasa tenang dan sejahtera. Selain itu dengan melakukan aerobik anda juga dapat mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai aktivitas serta kesibukan anda.
·         Membersihkan arteri. Latihan aerobik dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat dalam darah. LDL dapat mengakibatkan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung.
·         Memperkuat napas/stamina, jika anda sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas anda tidak kuat yang dapat disebabkan oleh lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah. Aerobik rutin dapat membantu mengembalikan fungsi napas agar anda lebih powerful dan kuat beraktivitas.
·         Mengurangi tekanan darah tinggi. Aerobik juga dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dengan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.
·         Mencegah diabetes, sudah rahasia umum olahraga seperti aerobik merupakan cara ampuh untuk mencegah diabetes.
·         Mengatasi insomnia, insomnia merupakan penyakit sulit tidur yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Terlepas dari penyebabnya, ternyata aerobik juga dapat membantu anda mengatasi sulit tidur dan membuat anda lebih nyenyak untuk tidur.
·         Aerobik memperkuat tulang dan sendi. Ini adalah manfaat yang sangat penting bagi perempuan karena tulang yang kuat dan sendi mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk terkena penyakit osteoporosis.
·         Awet muda. Rajin beraerobik merupakan salah satu rahasia untuk membuat anda awet muda, pembakaran kalori,lemak, dan pembuangan keringat akan membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih cerah dan bersinar.
·         Untuk ibu hamil, aerobik dapat membantu persalinan normal dengan meningkatkan elastisitas otot.


Badminton / Bulu Tangkis

Ini olahraga yang penuh kenangan dan kesenangan. Dulu waktu SD inget banget demi memiliki raket badminton saya membelinya dengan naik sepeda bersama kakak sepupu saya walaupun sampai ditengah jalan kehujanan. Tapi sekedar hobi masa kecil aja, dan emang kemarin sempet aktiif lagi sama olahraga ini semenjak ada tetangga yang bawa virus badminton. Tapi pas dia udah pindah, yaudah ga aktif lagi, hehe..

Geng badminton Ciporang, saya yang ambil foto jadi ga terlihat


Manfaat Badminton

Pertama, Sebagai Obat Panjang Umur
Penelitian terbaru menemukan bahwa dengan bermain bulutangkis setiap harinya minimal 30 menit akan membuat anda terhindar dari resiko kematia sekitar 23% dan mampu memanjangkan umur anda minimal 2 tahun ke depan.


Kedua, Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Dengan gerakan yang cepat dan lincah, bulu tangkis mampu mengurangi koleseterol berlebhian dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik ( HDL )dalam tubuh. Sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.


Ketiga, Sebagai Obat Hipertensi
Bagi anda penderita hipertensi atau darah tinggi, maka dengan rutin bermain bulutangkis akan mampu menurunkan tekanan darah dan membuat denyut nadi menjadi lebih stabil. Kedua manfaat inilah yang dibutuhkan oleh penderita hipertensi.


Keempat, Perlindungan Dari Penyakit Jantung
Tidak hanya menghindarkan dari penyakit hipertensi, bulutangkis juga mampu menghindarakan kita dari penyakit serangan jantung. Karena dengan rajin bermain bulutangkis akan membuat otot jantung semakin kuat dan terhindar dari penyumbatan  pada pembuluh darah. 
                                                                             

Kelima, Mengurangi Berat Badan
Bermasalah dengan berat badan yang berlebihan dan lemak yang emnumpuk? Untuk mengatasi masalah tersebut maka sebaiknya anda mulai mencoba melakukan olahraga bulutangkis agar lemak jahat dapat menjadi otot dan berat badanpun menurun.  

Keenam, mencegah Osteoporosis
Penyakit masa tua yang paling ditakutkan adalah kerapuhan tulang atau osteoporosis. Dan osteoporosisi dapat dicegah dengan cara bermain bulutangkis secara rutin, karena olahraga ini cocok dimainkan oleh pria maupun wanita. Serta akan memicu aktivasi sel – sel pembentuk tula dan membuatk kepadatan tulang semakin baik.

Ketujuh, Melatih Kekuatan Kaki
Gerakan belari ke kiri kekanan, ke depan ke belakang, dan melompat ternyata sangat ampuh dalam membentuk kekuatan kaki. Itu dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Inggris.

Nah hebat bukan manfaat olahraga bulutangkis bagi kesehatan tubuh kita, selain I           tu olahraga ini cukup mudah dilakukan. Nah tunggu apa lagi??  

Berenang

Ini olahraga yang katanya best untuk badan karena semua otot bergerak. Saya lebih cenderung memanfaatkan wahana main air ketimbang berenangnya sendiri, hehe..  Ya, selain mengenang massa kecil yang kurang bahagia berenang, sekalian belajar ngasuh anak di kolam renang, hahaha.. Saya akui berenang menyenangkan itu di Kuningan karena airnya alami mata air tanpa kaporit seperti di kota.

 
sambil main sama niko 2 tahun anak tetangga, hehe
Manfaat Berenang:
1. Meningkatkan fleksibilitas, postur, dan keseimbangan

Tak hanya bagus untuk otot, tapi juga meregangkan serat otot dan ligamen, membantu mempertahankan ketegangan di tendon yang mendukung gerakan tubuh. Berenang adalah satu-satunya latihan low impact yang bekerja untuk seluruh tubuh pada saat bersamaan. Dengan demikian, berenang memaksa tubuh menyesuaikan diri secara alami, sehingga inti tubuh dan punggung lebih kuat. Orang yang biasa berenang biasanya lebih tinggi dan memiliki keseimbangan yang lebih baik.

2. Berenang bisa membantu Anda mengontrol berat badan
Berenang merupakan latihan yang bagus untuk orang yang tak suka dengan panas dan berkeringat. Berenang bisa membakar lebih dari 200 Kcal dalam waktu setengah jam.

3. Baik untuk persendian

Jika khawatir dengan persendian di lutut, beralihlah ke air. Berenang merupakan latihan low impact yang bisa mendukung hingga 90 persen berat badan Anda.

4. Berenang merupakan pelepas stres yang hebat
Ada sesuatu yang sangat menenangkan dari air dan cara tubuh bergerak melepaskan seluruh ketegangan. 
Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat membuktikan bahwa olahraga air memiliki dampak positif untuk kesehatan mental.

5. Membangun jantung yang sehat

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk, Anda tak melakukan apa pun untuk jantung. Berenang meningkatkan sistem kardiovaskular, membuat jatung memompa dan meningkatkan sirkulasi darah. Pada gilirannya, ini membantu mengikis lapisan kolesterol dan racun lainnya dalam pembuluh darah.

6. Membantu hidup lebih lama

Kedengarannya luar biasa, tapi berenang telah terbukti mengurangi risiko kematian hingga 50 persen. Sebuah penelitian di University of South Carolina diikuti 40.000 orang, mulai usia 20 tahun hingga 90 tahun menemukan, mereka yang berenang memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah dibanding pelari, pejalan kaki, atau mereka yang melakukan latihan.

Tenis
Saya akui kalo ini Cuma pencitraan aja, hehe. Saya ngga pinter main tenis walaupun bapak saya canggih. Sayangnya ga ditularkan pada anak-anaknya. Walaupun kemarin adik saya sempet belajar dan dah lumayan bisa. Entahlah, mungkin kalo ada waktu saya akan belajar lagi.


Berkuda
Jadi sebenarnya ini masih dalam tahapan impian, haha.. sementara ini perwujudannya baru mengendarai delman aja. Saya menyukai naik kuda kalau setiap ke tempat pariwisata. Waktu SD saya pernah menunggang kuda di “Gedong Songo” dan tentu saya masih ingin melakukannya lagi dan lagi. Insyallah, kalau dititipin harta halal saya pengen kayak pak Prabowo atau Syahrini yang punya peternakan kuda. Mantap ya.. hahay…  just for your info harga satu ekor kuda dewasa ga terlalu mahal  sama kayak harga motor yaitu 17 juta-an, itu . Olah raga berkuda adalah salah satu yang disunahkan oleh Rasul selain berenang dan memanah.
Manfaat berkuda
1. Dapat meningkatkan kekuatan otot
2. Dapat meningkatkan akselerasi reflek tubuh
3. Dapat mencegah kram otot
4. Dapat meningkatkan pergerakan tulang sendi
5. Dapat meningkatkan sistem kardiovaskular
6. Dapat meningkatkan sirkulasi udara
7. Dapat menstimulasi integrasi sensor
8. Dapat meningkatkan penglihatan sehingga meluas


Bernyanyi
Ini udah favorit dari SD, bahkan sempat punya cita-cita jadi penyanyi,untung ga jadi ya.. haha.  Sekilas menyanyi hanya berkonsentrasi pada otot pita suara dan hanya terbatas pada otot perut sih.., Kalo untuk masalah teknik vocal, saya perhatiin. Yang penting enak didenger aja. Pasti ada kepuasan tersendiri … Meski sepertinya hanya sekedar hiburan, tapi ada manfaat banyak dibalik itu, lho,..





Manfaat Bernyanyi

1.      Bernyanyi baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan. Graham yang telah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan mengatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa? Karena bernyanyi merupakan sebuah aktivitas aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular (jantung).

2.      Bernyanyi juga dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan seseorang karena aliran oksigen yang lebih lancar ke seluruh tubuh.

3.      Bernyanyi merupakan olahraga bagi otot tubuh. Saat bernyanyi, hampir sebagian besar otot-otot di sekitar perut (diafragma) akan bekerja dan ini dianggap sebagai latihan yang sangat baik untuk otot tubuh bagian atas. Latihan vokal melibatkan latihan pernafasan dan latihan pada otot jantung dan paru-paru.

4.      Selain memberikan manfaat bagi kesehatan fisik seperti yang sudah disebutkan di atas, bernyanyi juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan psikis dan psikologis sesesorang. Dengan bernyanyi, maka perasaan seseorang akan menjadi terekspresikan, menjadi lebih lega, dan lebih semangat lagi.

5.      Menyanyi juga dapat menjadi “teman” yang bisa memperbaiki mood. Bernyanyi juga merupakan media yang efektif untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakan seseorang. Biasanya saat sedang sedih atau galau, orang akan suka menikmati dan menyanyikan lagu-lagu yang mewakili perasaannya tersebut. Begitu pula sebaliknya, saat sedang ceria dan gembira, orang cenderung enggan menikmati dan menyanyikan lagu-lagu sedih karena merasa tidak sesuai dengan apa yang dirasakannya saat itu.

6.      Aktivitas bernyanyi juga terbukti mampu membangkitkan semangat dan menurunkan tingkat stress melalui kerja sistem endokrin tubuh kita yang berhubungan dengan perasaan merasa nyaman dan lebih baik. Menyanyi mampu membuat perasaan menjadi lebih baik karena dilepaskannya hormon endorfin keseluruh tubuh saat kita bernyanyi. Makanya jangan heran mengapa banyak orang yang sering bernyanyi atau berkaroke ria untuk menghilangkan stress dan kepenatan.

7.      Karena efeknya yang baik bagi kesehatan fisik dan psikologis tersebut, bernyanyi juga dianggap dapat memperpanjang usia. Hal ini berdasarkan hasil sebuah studi gabungan yang dilakukan oleh sekolah Harvard dan Yale, Amerika dimana mereka menyimpulkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan angka harapan hidup karena memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental manusia.

1.      Bernyanyi dapat membersihkan sistem pernafasan dan sinus. Aktivitas aerobik dari bernyanyi memberikan manfaat positif bagi sistem pernafasan. Aliran udara yang meningkat pada saluran pernapasan bagian atas ketika kita bernyanyi akan menurunkan kemungkinan bakteri untuk berkembang di sana sehingga saluran pernapasan akan menjadi lebih bersih dan sehat. Dari sisi ini, bernyanyi juga dapat bermanfaat untuk mengurangi (menghilangkan) gangguan mendengkur.

2.      Studi terbaru juga menunjukkan bahwa bernyanyi dapat meningkatkan fungsi neurologis (saraf).

3.      Bernyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Frankfurt, Jerman yang juga sudah diterbitkan di US Journal of Behavioral Medicine, disebutkan bahwa menyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Para peneliti melakukan tes darah pada anggota kelompok paduan suara profesional di Frankfurt. Tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sesudah latihan bernyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun tubuh manusia yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat cukup signifikan selama latihan vokal berlangsung.

4.      Bernyanyi juga bermanfaat sebagai terapi. Terapi apa saja?
§  Menyanyikan vokal a pendek misalnya ahh selama 2 – 3 menit dapat membantu mengusir kegundahan. Menyanyi akan melepaskan oksigen keseluruh tubuh, melepaskan hormon endorfin yang bisa memperbaiki mood.
§  Menyanyikan vokal (suara) e panjang dapat menstimulasi kelenjar pineal, kelenjar yang mengontrol jam biologis tubuh manusia dan dapat meningkatkan kewaspadaan.
§  Menyanyikan suara e pendek dapat menstimulasi kelenjar tiroid yang dapat mensekresi hormon yang mengatur kecepatan sistem pencernaan dan sistem lain dalam tubuh.
§  Menyanyikan suara o panjang di lautan dapat menstimulasi pankreas yang mengatur gula darah. Hal ini berarti menyanyi juga dapat menurunkan kadar gula darah.
§  Menyanyikan suara double O (O dua kali) dapat memperkuat imunitas dan mengaktifkan limpa yang mengatur produksi sel darah putih.

Itu tadi sekelumit tentang olahraga yang pernah saya tekuni. Dan saya masih membuka hati dan pikiran saya terhadap olahraga lainnya. Hehe.. saya rasa semua olahraga semua positif selama tidak membahayakan bagi keselamatan dirinya maupun orang lain. Ya kan?! Happy workout!

Referensi:
Berbagai sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar