My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Sabtu, 30 Desember 2017

Plesiran di Curug Landung


              
                Punya waktu liburan tentu sangat sayang jika tidak dimanfaatkan untuk rekreasi atau plesiran. Nah.. Saya ingin merekomendasikan sekaligus menceritakan salah satu tempat wisata yang tak terlupakan yang pernah saya kunjungi. Objek wisata ini bernama Curug Landung yang berada di Kuningan Kabupaten paling timur di Jawa Barat atau berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Tengah. Curug Landung ini berupa air terjun setinggi 30 meter berada di kaki gunung Ciremai tepatnya di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Curug Landung ini ternyata ada sejarah legendanya, lho.. Tempat ini pernah menjadi pemandian bagi seorang putri Belanda yang bernama Holland William sie sebelum hari pernikahannya.Hal ini dipercaya dan diharapkan dapat memperpanjang usia, memperbanyak rezeki, dan mempertinggi kedudukan bagi kedua mempelai. Seiring waktu berlalu, adat ini sudah tidak dijalankan lagi oleh masyarakat sekitar.

Curug Landung dan saya


Pose saya dibawah Curug Landung biar kaya Bella Hadid model Hits ya... hehe


                Meskipun sudah ada sejak lama, namun dibukanya Curug Landung ini baru tahun 2016 lalu. Dan pada tahu 2017 pengelola yang dibantu oleh Komunitas Penggerak Pariwisata (Kompepar) makin giat membangun spot foto yang instagramable. Yang dengan adanya tambahan fasilitas memberikan selisih harga tiket dari awalnya hanya 5 ribu menjadi 10 ribu rupiah. Namun harga yang cukup sepadan untuk pengunjung dan masih tergolong murah. Karena pengunjung tidak hanya dimanjakan oleh indahnya air terjun dan kebebasan berenang di kolam bebatuan, melainkan juga spot berfoto yang lucu abis ala kids jaman now.


ini berhubung camera drone- nya belum ada, jadi seadanya. hehe


               
Berikut ini spot foto yang seru dan fasilitas di Curug Landung selain air terjunnya sendiri, antara lain:
1.       Swing Sky : area yang terdapat wahana ayunan tepat berada diatas jurang landung
2.       Bambu Sky : area yang dihiasi sayap burung yang terbuat dari besi
3.       Tower Bambu : area paling tinggi di Jurang Landung dimana diarea ini terdapat rangkaian bunga yang berbentuk hati.
4.       Rumah Hobit : Rumah ini berupa rumah kecil seperti serial film the lord of the ring
5.       Sun flower : area yang dihiasi berupa bunga matahari yang cukup besar.
6.       Sarang Burung : area berupa sarang burung raksasayang cukup besar untuk manusia
7.       Gazebo : Tempat beristirahat bagi para pengunjung
8.       Fasilitas pendukung : Musola, toilet, kafe, dan warung


kalo ini foto koleksi yang saya videokan
           
Perlu saya informasikan bahwa pengambilan foto yang keren-keren pada spot-spot tersebut menggunakan drone yang dipasangi kamera sehingga angle bagus. Namun dikenai charge / biaya sekitar 20 ribu. Entahlah sekarang berapa. Waktu dulu saya Cuma 10 ribu karena operator dan alatnya belum datang. Mungkin saya yang kepagian jadi foto-foto seadanya. Hehe…

                Selain curug Landung, 20 meter tidak jauh juga terdapat Curug Putri objek wisata yang sudah dibuka sejak lama. Walau tidak setinggi Landung, Curug Putri punya keindahan sendiri karena bentuknya yang unik seperti seorang putri berpose dengan gaun putih panjang. Serta untuk mencapainya tidak perlu turun-naik tangga dan kolamnya lebih datar dibandingkan dengan Landung. Tapi tetep ya.. Kalau mau cari spot berfoto yang banyak ada di Curug Landung. Untuk Curug Putri akan saya ulang lain kali, ya..





                Untuk mencapai tempat ini rata-rata pengunjung menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Namun bukan mustahil jika wisatawan luarkota ingin memanfaatkan bus wisata karena memang jalannya cukup represetatif untuk dilewati bus besar. Untuk yang tipe Backpacker luar kota juga tergolong gampang. Kamu bisa naik angkutan umum dari tengah kota atau pesan ojek/taksi online. Karena desa Cisantana memang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Oke… itu ulasan saya tentang Curug Landung, siapa tahu bisa masuk referensi kamu buat mengisi liburan di tahun baru 2018 ya…
Selamat Berlibur…


2 komentar:

  1. Itu cara ke ayunannya gimana, Mbak? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, anisa.. itu gampang ko. cuma dikerek aja kek bendera. hehehe

      Hapus