My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Minggu, 08 Desember 2019

Pelajar dan Mahasiswa Siap jadi Relawan BNN


Kuningan- Dalam rangka penyiapan kader untuk Organisasi, Satuan Pelajar dan Mahasiswa  (SAPMA) Pemuda Pancasila melaksanakan kegiatan makrab yang dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 8 Desember 2019. Kegiatan ini menyisipkan berbagai materi tentang bela negara salah satunya adalah sosialisasi bahaya narkoba dari BNN Kabupaten Kuningan. Sosialisasi tersebut menghadirkan penyuluh narkoba yaitu Novy Khusnul Khotimah, M.A didamping oleh Soni Sutrisno, S.Kom, dan Lusi Herawati, A.Md. Kegiatan yang dilangsungkan di Bumi Perkemahan Palutungan ini diikuti oleh 35 peserta yang merupakan perwakilan pelajar dan mahasiswa se-Kabupaten Kuningan.



Para peserta dalam kegiatan tersebut sangat antusias dengan sosialisasi yang disampaikan oleh BNN. Bahkan tidak sedikit yang curhat tentang bagaimana godaan narkoba yang diterima mereka oleh mereka. Seperti yang disampaikan oleh seorang mahasiswa yang bernama Rio, dia mengakui pernah ditawari oleh temannya yang mengkonsumsi obat terlarang tapi karena memiliki prinsip dan tahu resiko dari narkoba maka memilih menolaknya. Lain cerita dengan Samsul yang pernah memiliki kakak laki-laki pecandu narkoba namun sekarang sudah meninggal dunia karena setiap kali direhabilitasi selalu kembali kambuh. Namun bagi Samsul dan keluarganya, dengan kepergian sang kakak selama-lamanya adalah pembebasan dari penderitaan karena narkoba.


Menanggapi curhatan dari beberapa mahasiswa tersebut Novy menekankan bahwa kekuatan daya tangkal adalah yang paling utama dalam mengahadapi permalahan narkoba. Kemampuan untuk mengatakan “tidak” pada narkoba adalah sesuatu kekuatan karena pada umumnya penyalahguna narkoba terjerat bukan karena tidak tahu akan bahayanya tapi lebih pada tidak berani mengatakan tidak dan rasa sungkan karena tekanan sosial atau kelompok. Selain itu, Novy juga menghimbau agar para peserta bisa menjadi agen perubahan dilingkungannya terkait masalah narkoba. Sedangkan jika ingin fokus menjadi relawan BNN, dengan tangan terbuka BNN akan menyediakan pembekalan dan pelatihan untuk menjadi relawan. Menurut Novy relawan dari kalangan mahasiswa adalah yang terbaik sebab dengan idealisme pemuda yang tinggi, misi P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) akan lebih gencar diwujudkan. (NK)



1 komentar: