My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Minggu, 06 Juni 2021

Empath, Manusia Dengan Kepekaan Tinggi

 

Empath yaitu mereka yang menyerap kegembiraan dan tekanan dunia seperti "spons emosional." Seperti yang dikatakan oleh Dr. Judith Orloff, seorang pionir di bidang ini. Dalam bukunya "The Empath's Survival Guide: Life Strategies for Sensitive People," dia menyarankan empath tidak memiliki filter yang digunakan kebanyakan orang untuk melindungi diri mereka sendiri dari rangsangan yang berlebihan dan tidak bisa tidak menyerap emosi dan energi di sekitarnya, apakah itu baik, buruk, atau sesuatu di antaranya.


Ilustrasi (sumber :http://www.keirbradycounseling.com/empath-benefits/)


Kim Egel, seorang terapis yang berbasis di San Diego, memperluas ini lebih lanjut: “Empat memiliki kepekaan yang lebih tinggi terhadap rangsangan luar seperti suara, kepribadian besar, dan lingkungan yang sibuk. Mereka membawa banyak hati dan perhatian ke dunia dan merasakan hal-hal yang sangat dalam.”


Berikut adalah 15 tanda mungkin seorang empath :


Kamu memiliki banyak empati

Istilah empath berasal dari empati, yaitu kemampuan untuk memahami pengalaman dan perasaan orang lain di luar perspektifmu  sendiri.Kedekatan dan keintiman bisa membuatmu kewalahan.Empath sering menemukan kontak dekat yang sulit, yang dapat membuat hubungan romantis menjadi menantang.

Kamu ingin terhubung dan mengembangkan kemitraan yang langgeng. Tetapi menghabiskan terlalu banyak waktu dengan seseorang menyebabkan stres, kewalahan, atau kekhawatiran kehilangan diri sendiri dalam hubungan.

Kamu mungkin juga merasakan kelebihan sensorik atau perasaan "saraf yang tegang" karena terlalu banyak berbicara atau menyentuh. Tetapi ketika kamu mencoba mengungkapkan kebutuhanmu  akan waktu sendirian, kamu menyerap perasaan terluka pasanganmu dan merasa lebih tertekan.

Tetapi menetapkan batasan yang sehat dan jelas dapat membantu mengurangi tekanan, saran Egel. “Kamu harus tahu bagaimana menjaga diri agar energi dan cadangan emosionalmu tidak terkuras,” katanya.


Kamu memiliki intuisi yang baik

Pernah merasa seperti memiliki reaksi yang kuat terhadap hal-hal yang terasa agak aneh? Mungkin kamu mudah menangkap ketidakjujuran atau hanya tahu kapan sesuatu tampak seperti ide yang baik (atau buruk). Ini mungkin sifat empati Anda di tempat kerja.

Empath cenderung dapat menangkap isyarat halus yang memberikan wawasan tentang pikiran orang lain, saran Barrie Sueskind, seorang terapis di Los Angeles yang berspesialisasi dalam hubungan. "Intuisi empath sering memberi tahu mereka apakah seseorang itu jujur ​​atau tidak," katanya.

Sebagai seorang empath, kamu mungkin menaruh banyak kepercayaan pada nalurimu saat membuat keputusan. Meskipun orang lain mungkin menganggapmu impulsif, Kamu  sebenarnya memercayai intuisimu untuk membimbing  ke pilihan yang terasa tepat untukmu.


Kamu merasa nyaman di alam

Siapapun bisa mendapatkan keuntungan dari menghabiskan waktu di alam. Tetapi empath mungkin merasa lebih tertarik pada alam dan daerah terpencil. Karena lingkungan alami menyediakan ruang yang menenangkan untuk beristirahat dari sensasi, suara, dan emosi yang luar biasa.

Kamu mungkin merasa benar-benar damai saat mendaki sendirian di hutan yang diterangi matahari atau menyaksikan ombak menghantam pantai. Bahkan jalan-jalan yang tenang melalui taman atau satu jam duduk di bawah pohon dapat mengangkat semangatmu, menenangkan rangsangan yang berlebihan, dan membantumu rileks.

 

Kamu tidak terlalu nyaman dengan baik di tempat-tempat ramai

Menurut Sueskind, empath dapat menyerap energi positif dan negatif hanya dengan berada di hadapan seseorang. Di tempat-tempat ramai atau sibuk, kepekaan ini mungkin tampak meningkat hingga hampir tak tertahankan.

Egel setuju, menambahkan bahwa "empathy dapat dengan mudah diliputi oleh perasaan segalanya lebih intens." Jika kamu dapat dengan mudah merasakan perasaan orang lain, kemungkinan besar kamu akan kesulitan menangani "kebisingan" emosional dari kerumunan, atau bahkan sekelompok kecil orang, untuk waktu yang lama.

Ketika kamu menerima emosi negatif, energi, atau bahkan tekanan fisik dari orang-orang di sekitarmu, kamu mungkin menjadi kewalahan atau tidak sehat secara fisik. Akibatnya, kamu mungkin merasa paling nyaman sendirian atau bersama beberapa orang saja dalam satu waktu.


Kamu memiliki waktu yang sulit untuk tidak peduli

Seorang empath  tidak hanya merasa untuk seseorang - mereka merasa dengan seseorang.

Mengambil emosi orang lain begitu dalam dapat membuat kamu ingin melakukan sesuatu tentang mereka. “Empaths ingin membantu,” kata Sueskind. "Tapi ini tidak selalu mungkin, yang bisa mengecewakannya."

Kamu mungkin merasa sulit untuk melihat seseorang berjuang dan bertindak berdasarkan kecenderungan alami Anda untuk membantu meringankan kesusahan mereka, bahkan jika itu berarti menyerapnya sendiri.

Peduli terhadap penderitaan orang lain bukanlah hal yang buruk, tetapi kepedulianmu terhadap kesulitan orang lain dapat menutupi kepedulianmu terhadap diri sendiri. Hal ini dapat menjadi faktor penyebab kelelahan dan kejenuhan, jadi penting untuk menghemat energi untuk diri sendiri.

 

Orang-orang cenderung memberi tahumu masalah mereka

Orang yang sensitif dan empatik cenderung menjadi pendengar yang fantastis. Orang yang kamu cintai mungkin merasa terhibur dengan dukunganmu dan menghubungimu terlebih dahulu setiap kali mereka mengalami kesulitan.

Kepedulian yang mendalam dapat membuat sulit untuk memberi tahu orang-orang ketika kamu mendekati titik kewalahan. Tetapi penting untuk menemukan keseimbangan. Tanpa batas, kebaikan dan kepekaan yang tidak terkendali dapat membuka jalan bagi “penumpahan emosi” yang mungkin terlalu berat untuk kamu tangani sekaligus.

Empath juga mungkin lebih rentan terhadap manipulasi atau perilaku beracun. Keinginan kamu yang sungguh-sungguh untuk membantu orang yang kesusahan dapat membuat kamu tidak menyadari tanda-tanda keracunan.

Kamu mungkin memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang rasa sakit yang memicu perilaku mereka dan ingin menawarkan dukungan. Tetapi penting untuk diingat bahwa kamu tidak dapat berbuat banyak untuk seseorang yang tidak siap untuk berubah.


Kamu memiliki kepekaan yang tinggi terhadap suara, bau, cahaya, atau sensasi

Sensitivitas empathy yang meningkat tidak hanya berhubungan dengan emosi. Ada banyak tumpang tindih antara empati dan orang-orang yang sangat sensitif, dan kamu mungkin menemukan bahwa kamu juga lebih sensitif terhadap dunia di sekitarmu.

Ini bisa berarti:

• Wewangian dan bau mempengaruhi kamu lebih kuat.

• Suara menggelegar dan sensasi fisik dapat mempengaruhi kamu lebih kuat.

• kamu lebih suka mendengarkan media dengan volume rendah atau mendapatkan informasi dengan membaca.

• Suara tertentu dapat memicu respons emosional.


Kamu perlu waktu untuk mengisi ulang

"Kepekaan yang meningkat terhadap rasa sakit orang lain dapat menguras tenaga, sehingga empati mungkin mudah lelah," kata Sueskind. Bahkan perasaan positif yang berlebihan mungkin membuatmu  lelah, jadi penting untuk meluangkan waktu yang kamu butuhkan untuk mengatur ulang.

Jika kamu tidak dapat melepaskan diri dari emosi yang luar biasa dan mengistirahatkan indramu, kemungkinan besar kamu akan mengalami kelelahan, yang dapat berdampak negatif pada kesejahteraan.

Membutuhkan waktu sendirian tidak berarti kamu seorang introvert. Empath juga bisa menjadi ekstrovert, atau jatuh di mana saja pada spektrum. Mungkin orang-orang memberi kamu energi — sampai kamu mencapai titik kewalahan itu.

Empath ekstrovert mungkin perlu lebih berhati-hati untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara menghabiskan waktu dengan orang lain dan memulihkan cadangan emosional mereka.


Kamu tidak suka konflik

Jika kamu seorang empath, kamu mungkin takut atau secara aktif menghindari konflik.

Sensitivitas yang lebih tinggi dapat membuat seseorang lebih mudah menyakiti perasaan kamu. Bahkan komentar yang tidak langsung mungkin dapat melukai lebih dalam, dan kamu mungkin menerima kritik secara lebih pribadi.

Pertengkaran dan pertengkaran juga dapat menyebabkan lebih banyak kesusahan, karena kamu tidak hanya berurusan dengan perasaan dan reaksi kamu sendiri. Kamu juga menyerap emosi orang lain yang terlibat. Ketika kamu ingin mengatasi luka semua orang tetapi tidak tahu caranya, perselisihan kecil pun bisa menjadi lebih sulit untuk diatasi.


Kamu sering merasa tidak cocok

Meskipun sangat selaras dengan perasaan orang lain, banyak empati merasa sulit untuk berhubungan dengan orang lain.Orang lain mungkin tidak mengerti mengapa kamu menjadi lelah dan stres begitu cepat. Kamu mungkin kesulitan untuk memahami emosi dan perasaan yang kamu serap atau rasakan bahwa  kamu tidak "normal". Ini dapat membuat kamu menjadi lebih pribadi.

Tidak pernah mudah untuk merasa seperti  kamu tidak termasuk, tetapi cobalah untuk melihat kemampuanmu  untuk berempati secara mendalam dengan orang lain sebagai sesuatu yang istimewa. Ini mungkin tidak umum, tetapi itu adalah bagian penting dari siapa kamu.


Kamu cenderung mengisolasi

Isolasi dapat membantu empati pulih dari kewalahan, jadi menutup diri sepenuhnya dari dunia mungkin tampak menyembuhkan. Tetapi isolasi yang berkepanjangan dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Ada berbagai jenis isolasi, dan beberapa mungkin menawarkan lebih banyak manfaat restoratif daripada yang lain. Cobalah luangkan waktumu sendirian di luar ruangan jika memungkinkan dan bermeditasi di taman yang tenang, berjalan di tengah hujan, berkendara dengan pemandangan indah, atau taman.

Jika orang mengurasmu dengan mudah, pertimbangkan untuk menambahkan hewan peliharaan ke dalam hidupmu. Empath dapat terhubung ke hewan lebih intens dan menarik kenyamanan mendalam dari ikatan ini.


Kamu kesulitan menetapkan batasan

Batasan penting dalam semua hubungan.

Jika seorang empahi, mungkin kesulitan untuk mematikan kemampuan merasakan dan merasa tidak mungkin untuk berhenti memberi, bahkan ketika kamu tidak memiliki energi lagi. Anda mungkin percaya batasan menunjukkan bahwa Anda tidak peduli dengan orang yang Anda cintai ketika kebalikannya benar.

Karena pengalaman orang lain memiliki dampak yang begitu kuat pada empati, batasan menjadi lebih penting. Mereka membantu menetapkan batasan di sekitar kata-kata atau tindakan yang dapat memengaruhimu secara negatif, memungkinkanmu untuk memenuhi kebutuhanmu sendiri.

Ketika kamu mulai merasa tidak dapat menguraikan emosimu dari emosi orang lain, mungkin inilah saatnya untuk mengeksplorasi pengaturan batas yang sehat dengan seorang terapis.


Kamu  melihat dunia dengan cara yang unik

Pemahaman emosional yang lebih dalam dapat mendorong intuisi dan kemungkinan besar menangkap hal-hal yang dilewatkan orang lain atau membuat hubungan yang tidak jelas bagi orang lain.

Tetapi peningkatan koneksi ke dunia ini juga dapat memiliki kelemahan. Lingkungan yang tidak memberikan banyak ruang untuk ekspresi emosional dapat mengurangi kreativitas dan kepekaanmu, kata Egel, membuat kamu a tidak tertarik, tidak terlibat, dan berjuang untuk berkembang.

Terkadang kamu merasa sulit untuk mengatasi kelebihan sensorik dan emosional

Mungkin sulit bagi empati untuk melindungi diri mereka sendiri dari mengambil emosi orang lain, kata Sueskind.

Praktik perawatan diri yang baik dan batasan yang sehat dapat membantu melindungimu, terutama dari emosi dan energi negatif. Tetapi "kebisingan" emosional dunia dapat menyebabkan tekanan yang signifikan ketika tidak memiliki alat untuk mengelolanya.

Jika kamu berjuang untuk mengelola stimulasi berlebihan sendiri, dan itu memengaruhi kualitas hidup kamu atau menjauhkan kamu dari hubungan dan tujuan pribadi lainnya, terapis dapat membantu kamu belajar mengembangkan batasan dan mengidentifikasi pendekatan perawatan diri yang bermanfaat.

Ingat, kebutuhan dan emosimu sama pentingnya dengan yang kamu ambil dari semua orang di sekitarmu.


Referensi :

https://www.healthline.com/health/what-is-an-empath

Tidak ada komentar:

Posting Komentar