My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Selasa, 31 Agustus 2021

5 Alasan Untuk Berkunjung ke Curug Bangkong, Apa Saja?

 

Tulisan ini saya tulis untuk referensi teman-teman yang ingin menikmati indahnya bermain dibawah air terjun. Buat kamu yang tinggal didaerah Jawa Barat bagian timur atau Jawa tengah bagian barat, maka saya akan merekomendasikan tempat wisata ini. Yes! Curug Bangkong.. Berikut ini 5 Alasan Untuk Berkunjung ke Curug Bangkong. Apa Saja?

               

Curug Bangkong (dok.pribadi)

Pertama, Curug Bangkong Menyimpan Legenda

Menurut legendanya, nama curug Bangkong memiliki asal-usul mitologis. Berdasarkan cerita yang  beredar di masyarakat, dikisahkan bahwa Curug Bangkong ditemukan oleh seorang pertapa tua bernama Abah Wiria dari Ciamis.  Di air terjun itu, Wiria bertirakat sambil mengajarkan cara membuat gula kawung kepada warga sehingga menjadi mata pencaharian masyarakat.

Abah Wiria yang pada suatu saat mendapat panggilan untuk bertirakat kembali di Curug Bangkong. Maka tokoh inipun melaksanakan tirakatnya di sebuah gua yang terdapat di balik air terjun.

Setelah berbulan-bulan Abah Wiria bertapa, masyarakat mulai menjadi gelisah karena Abah Wiria tidak kembali ke lembur. Karena merasa kehilangan tokoh yang dianggap berjasa tersebut, akhirnya masyarakat mencari Abah Wiria di Curug Bangkong, termasuk memeriksa gua dibalik air terjunnya. Namun Abah Wirya tidak ditemukan.

(dok.pribadi)

Sehingga banyak yang menganggap bahwa Abah telah ngahiyang (moksa) sebagai pencapaian tertinggi dari tapa bratanya. Setelah hilangnya Abah Wiria, dari arah curug tersebut kerap terdengan suara katak (bangkong).

Kedua, Mudah dijangkau

Berbeda dengan kebanyakan curug atau air terjun yang perlu waktu lama dan usaha yang ekstra untuk mencapainya, curug Bangkong dapat ditempuh kurang 15 menit dari jalan raya dengan kendaraan pribadi. Selain itu dari tempat parkir juga hanya perlu 1 kilometer jalan kaki. Sehingga siapapun bisa mengangkau curug Bangkong baik anak-anak maupun Lansia dengan cara berjalan kaki. Jadi, kamu ngga usah khawatir kalau mau ngajak orang tua atau kakek nenekmu. Atau anak-anak dan keponakan kamu ke Curug Bangkong ya..


Ketiga, Ada Wahana Arung Jeram Mini!

Buat kamu yang suka permainan memacu adrenalin, bisa nyoba arung jeram mini disini, lho.. Aliran air curug yang deras dengan beberapa bebatuan, membuat air disungai tempat curug bangkong mengalir ini membuatnya cocok untuk bermain arung jeram. Tarifnyapun cukup affordable lho, gaez.. Cukup 15 ribu rupiah saja sudah termasuk ban dengan alat pengaman serta pemandunya. Permainan ini juga aman dilakukan oleh anak-anak karena ada dijagain sama pemandunya tadi. Jika kamu ingin mencoba permainan ini,  untuk sementara adanya pas weekend aja ya..



Keempat, Instagramble!

Siapa sih .. yang nggak suka berfoto ditempat yang instagramable.. Instagramable menjadi syarat utama bagi anak-anak muda sekarang ya.. Syarat ini bisa kamu dapatkan di Curug Bangkong! Selain aliran air terjunnya yang deras, tanaman yang rindang, disini juga disediakan spot foto serta gazebo yang gratis untuk pengunjung.

Spot Instagramable (dok.pribadi)


Kelima, Harga Murah..                                                        

Curug Bangkong highly recomended buat kamu yang masih menuntut ilmu juga. Kenapa? Karena harganya yang ramah dikantong. Katakanlah parkir motor Cuma 2000 rupiah, sedang tiket masuk Cuma 5000 rupiah. Gimana? Pengen nggak nih.. Kalau mau tahu dimana tempatnya? Persisnya ada di Desa Kertawirama Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

 

Gerbang tiket curug Bangkong (sumber : dok.pribadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar