My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Senin, 20 Oktober 2014

Jenis-Jenis Cinta

Here I am writing again! Wow, what a need struggle! Setelah beberapa minggu, OMG! Alhamdulillah! Saya akui memang untuk melakukan suatu inisiatif (menulispun) perlu memaksa diri sendiri. Seperti ungkapan bijak dari salah satu motivator terkenal Indonesia,  Andrie Wongso namanya “Keraslah pada dirimu, maka dunia akan lunak padamu. Sebaliknya bila kamu lunak pada dirimu, maka dunia akan keras padamu.” Dari kalimat diatas mengisyaratkan untuk mewujudkan suatu tujuan harus dengan suatu kemauan yang keras disertai dengan tindakan pula.  Untuk menulis saja, diperlukan tekad yang kuat selain pemikiran yang cerdas, kreatif, dan inspiratif. Semoga pepatah ini bisa berlaku juga untuk saya. Amin.

Baiklah saudara-saudara yang peduli pada kesejahteraan umat manusia dimuka bumi, tulisan kali ini yang berjudul jenis-jenis cinta semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terlebih untuk memahami jenis-jenis cinta yang sedang kita rasakan. Setiap orang memiliki rasa cinta, namun tak jarang rasa cinta kadang bila keterlaluan bisa saja menimbulkan rasa benci yang akibatnya berbahaya. Cinta yang awalnya indah bisa berakhir tragis akibat cemburu, sok kecantikan/kegantengan, selingkuh, pengkhianatan, dan sebagainya. Tidak semua orang bisa menerima kekecewaan karena cinta, itu sebabnya sebagian ada yang bunuh diri, menyumpahi, dendam dengan membunuh, menyantet, memelet, atau menghancurkan hidup mantan kekasih seperti film box office India berjudul “Hate Story”. Hmm.., memang hanya orang-orang beriman yang bila patah hati akan mengembalikan semua cinta pada Tuhan. 

Nah, langsung jenis cinta apa sajakah yang ada didunia ini?
Jenis – jenis Cinta yang dijelaskan oleh Sosiolog yang bernama John Lee (1973,1988) dalam Storn (1989:118) mendeskripsikan ada enam dasar jenis cinta :

  1. Eros
Kesukaan pecinta erotis dalam hal taktis, dengan segera. Mereka tertarik pada kecantikan (meskipun kecantikan mungkin hanya yang terlihat dimata). Mereka mencintai lekuk – lekuk tubuh, yang dirasakan dan disentuh. Mereka tertarik pada setiap detil dari apa yang mereka cintai. Cinta mereka terbakar dengan membara tapi segera redup dan mati.
Ilustrasinya seperti ketika pria melihat wanita pamer paha sama dada, ngiler kan tuh. Ya.. macam kita lagi di KFC/CFC/ Mc D, pas ditawarin sama pramuniaga “Pilih paha apa dada?” haha.. bedanya kalo fastfood paha dan dada ayam. Kalo cinta eros ketertarikan lawan jenis dari fisik. becanda, hehe.. Setiap orang punya rasa cinta ini, ko.. cuma akan lebih baik kalau hanya dilampiaskan pada pasangan sahnya saja.

  1. Mania
Berasal dari bahasa yunani yang berarti kegilaan. Bagi pecinta maniak, malamnya ditandai dengan tidak bisa tidur dan siang dengan penderitaan dan kecemasan. Tanda – tanda afeksi yang menyebabkan ketagihan dalam sementara waktu, hanya untuk menghilang. Kepuasan berakhir suatu saat tertentu sebelum mereka harus memperbarui.Cinta maniak adalah cinta roller coaster.
Ilustrasinya adalah kisah Laila dan Majnun yang melegenda. Laila merupakan wanita cantik pujaan seorang pria yang entah namanya siapa. Diceritakan bahwa seorang pria dari desa yang berbeda tergila-gila terhadap Laila. Setiap hari kerjanya hanya bersyair tentang kecantikan dan keelokan Laila, sampai apa saja yang berhubungan desa Laila ia cintai pula. Hingga waktunya ia tak mampu memendam rindu pada Laila, maka ia mendatangi kampung Laila. Sepanjang jalan ia bersyair seperti orang gila bahkan ia sampai mencium anjing didesa Laila. Kegilaannya karena cinta itu, sehingga pria ini mendapat julukan “Majnun” yang dalam bahasa Arab berarti “Gila”.

  1. Ludis
bagi pecinta ludis, cinta adalah permainan, sesuatu yang dimainkan  daripada secara mendalam terlibat didalamnya. Cinta untuk kesenangan yang kasual, riang, sering ceroboh.”Tak ada yang serius” adalah motto pecinta ludik.
Ilustrasinya adalah cinta yang dimiliki para playboy dan playgirl. Cinta yang dicari adalah hanya kesenangan sesaat. Bilapun cinta itupun hanya sementara. Hubungan cinta seperti ini biasanya juga terjadi antara orang-orang yang sedikit melawan arus seperti pasangan homoseks/biseks, pasangan wts dan om senang, gigolo dan tante girang, atau pasangan normal yang kumpul kebo (free sex), dan pasangan aneh lain seperti di video porno. Bila cinta Ludis menjadi cinta mania sering kali ini berbahaya karena dapat menyebabkan sifat posesif yang besar dan berakibat pada hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Storge
Storge yaitu cinta antara teman. Cinta tanpa demam, keributan, atau ketololan, perasaan damai dan keterpesonaan. Ini biasanya bermula sebagai persahabatan dan kemudian bertahap mendalam menjadi cinta. Jika cinta berakhir, secara bertahap pula pasangan itu menjadi teman lagi.

Ilustrasinya dalam pepatah jawa dikenal dengan istilah “Tresna jalaran saka Kulina” yang artinya cinta datang akibat terbiasa. Kalau dalam bahasa gaul sering kali disebut dengan cinlok atau cinta lokasi yang biasa dialami oleh kalangan artis ibu kota. Makanya ketika mereka sudah ceraipun umumnya juga tetap berteman seperti awal sebelum cinta lokasi di lokasi syuting.

  1. Agape
 Cinta tradisional yang suci, sabar, dan tanpa pamrih, tidak mengharapkan balasan. Ini merupakan cinta para syuhada dan pendeta. Agape lebih abstrak dan ideal daripada konkrit dan nyata. Ini mudah untuk mencintai seluruh umat manusia daripada seorang individu.
Ilustrasi untuk cinta agape adalah cinta universal yang setiap manusia saya yakin memiliki rasa cinta jenis ini. Hanya saja sering kali hati yang kotor akibat rasa serakah, iri dengki dan sombong yang menjauhkannya dari rasa cinta agape. Cinta agape merupakan rasa cinta turunan langsung kecintaan terhadap Tuhan yang wujudkan dengan juga mencintai semua ciptaan-Nya. Dalam Islam cinta Agape berbentuk rasa cinta terhadap orang lemah (fakir, miskin, dhuafa, yatim, musafir, gharim, dsb). Cinta suami-istri yang saling setia juga bisa dikatakan jenis cinta yang agape.

  1. Pragma
Pecinta pragmatis, pertama dan terutama secara logika pendekatan mereka untuk mencari seseorang yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka adalah orang – orang yang dengan sengaja mempertimbangkan endogami (perkawinan dalam keluarga) dan eksogami (perkawinan diluar keluarga), homogami (perkawinan sejenis) dan heterogami (perkawinan lawan jenis), dalam memilih teman.mereka mencari rekan yang memiliki latar belakang, pendidikan, kepribadian, agama dan kepentingan yang memadahi dengan diri mereka. Jika mereka bertemu sesorang yang sesuai dengan criteria, perasaan erotis atau maniak dapat berkembang.

Ilustrasi cinta pragma tidak semata-mata cinta yang banyak pertimbangan. Menurut saya jenis cinta ini adalah jenis cinta dewasa yang bisa memfilter sekaligus mengantisipasi kegagalan cinta atau sakit hati akibat jatuh cinta yang berlebihan. Bila seseorang mempertimbangkan cinta Pragma sebelum muncul jenis-jenis cinta lain yang lebih “buta”, kemungkinan besar lebih bahagia karena ada keterpautan antara logika dan emosi atau antara pikiran dan hati.
Nah, seperti itulah kira-kira garis besar tentang jenis-jenis cinta yang tak jarang membuat manusia gila. Bisa jadi karena belum cukup mengenal yang sebenarnya bila digolongkan hanya terdiri dari 6 jenis saja ya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar