My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Senin, 06 Oktober 2014

Bertualang di Lembah Cilengkrang

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan perjalanan tamasya di salah satu obyek wisata di Kabupaten Kuningan. Obyek wisata ini merupakan wisata alam hutan tepat dibawah kaki gunung Ciremai yaitu gunung terbesar di propinsi Jawa Barat. Disana saya bisa menemui berbagai tanaman langka, sungai-sungai kecil mata air dari gunung, air terjun, dan pemandian air panas belerang. Tidak hanya saya dan teman-teman satu rombongan dengan saya, namun beberapa wisatawan lain juga turut berwisata dan berendam air panas karena kabarnya air belerang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Seperti apa petualangan saya disana? Seperti ini nih..


Kuningan yang dikenal sebagai kabupaten paling timur dari Jawa Barat memang memiliki banyak potensi wisata alam yang indah. Saya yang seorang pendatangpun merasa senang bisa jalan-jalan mengelilingi tempat wisatanya. Di lembah Cilengkrang contohnya. Lembah Cilengkrang terletak di Desa Pajambon, Kacamatan Karamatmulya, Kabupaten Kuningan, termasuk salah satu kawasan wisata alam hutan hujan tropis Ciremai. Obyek Wisata yang dikelola oleh Kelompok Tani Hutan (KTH) Desa Pajambon,luas lahannya kurang lebih 20 kilometer persegi.


Ada tiga lokasi wisata yang jadi daya tarik Lembah Cilengkrang, diantaranya loksi Kopi Gede, yakni satu kawasan hutan yang cocok untuk mencari ketenangan, karena panorama alamnya indah. Lokasi lainnya yakni Curug Sabuk dengan ketinggian kurang lebih 20 meter. Bila ingin melihat pelangi, datang ke lokasi wisata itu harus pagi-pagi. Selain Curug Sabuk, ada juga yang disebut Curug Sawer. Curug yang tingginya kurang lebih 75 meter berada di hutan lindung. Oleh sebab itu, husus bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Curug Sawer, harus dalam keadaan fisik dan mental yang prima, sebab medan yang akan dilalui termasuk berat serta harus menyeberang sungai. Juga terdapat sumber mata air panas alami yang sudah dibuat kolam kolam yang disediakan untuk mandi atau sekedar berendam untuk para pengunjung.

Berdasarkan penelitian Yayasan Visita Kuningan, di sekitar Lembah Cilengkrang ditemukan binatang Kijang (Mantiacus muncak), Elang Jawa/Elang Garuda (spizeatus bartelsi), macan tutul, macan kumbang (panthera pardus). Surili (presbites aygula), lutung dan kera. Lembah Cilengkrang, juga bisa dimanfaatkan sebagai bumi perkemahan.
Untuk sampai di Lembah Cilengkrang, bisa menggunakan beberapa rute dan sarana transportasi. Diantaranya dari terminal Cirendang, melalui Desa Ragawacana, bisa juga menggunakan jasa ojeg. Bagi wisatawan yang datangnya dari arah Cirebon, bisa langsung belok kanan dari pasar Kalapa gunung, menuju arah desa Pajambon yang jaraknya kurang lebih 2 km. Setelah ada di Desa Pajambon, bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata Kopi Gede, selanjutnya ke Curug Sabuk, yang jaraknya 600 meter, melintasi sungai Cilengkrang menuju Curug Sawer.

Untuk sampai di Lembah Cilengkrang, bisa menggunakan beberapa rute dan sarana transportasi. Diantaranya dari terminal Cirendang, melalui Desa Ragawacana, bisa juga menggunakan jasa ojeg. Bagi wisatawan yang datangnya dari arah Cirebon, bisa langsung belok kanan dari pasar Kalapa gunung, menuju arah Desa Pajambon yang jaraknya kurang lebih dua kilometer. Kebanyakan yang datang ke lembah Cilengkrang ini umumnya wisatawan regional, tapi tidak sedikit wisatawan dari Bandung, Jakarta dan daerah lainnya seperti dari Jawa Tengah termasuk saya yang asli Semarang. hehe..


Untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan, jalan menuju ke lokasi wisata kini sudah diperbaiki, sehingga, kendaraan bisa masuk sampai pintu gerbang kawasan hutan Pajambon yang merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Lembah Cilengkrang, cantik dan alami yang bisa membangkitkan kesegaran tubuh.

Akses ke Lokasi
ODTWA Lembah Cilengkrang berada pada titik koordinat 6056’05.27”S dan 108026’20.63T. Untuk menuju lokasi dapat dicapai dengan kendaraan umum dan pribadi akses sebagai berikut :
1.     Dari arah Kuningan menuju Pasar Krucuk lalu belok kiri kemudian ikuti jalan tersebut dan perhatikan plang penunjuk arah
2.    Dari arah Cirebon menuju Pasar Krucuk lalu belok kanan kemudian ikuti jalan tersebut dan perhatikan plang penunjuk arah
Fasilitas
1.     Shelter
2.    Toilet
3.    Mushola
4.    Kantin
5.    Tempat parkir kendaraan roda empat & roda dua
Daya Tarik
1.     Bumi Perkemahan/Camping Ground
2.    Air Terjun
3.    Air Panas
4.    Pemandangan Alam
5.    Kesejukan Udara

Harga Tiket Masuk : 5000 rupiah per orang

Oya, saya sarankan kalo mau berwisata disana pas musim hujan ya.. soalnya kalo pas musim kemarau  salah satu air terjunnya yaitu curug sabuk mengering atau tidak mengalirkan air terjun.

15 komentar:

  1. Wah, petualang mengasyikkan di lembah Cilengkrang...Nice post...

    BalasHapus
  2. tempat hiburan di daerah saya ini :D kereennn yaahh ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang keren.. Makanya sbg org kuningan km musti turut melestarikan. Biar mendatangkn wisatawan dawrah lain spt saya. Hehe :D

      Hapus
  3. Kami baru mengetahui dari blog ini ada objek wisata menarik lainnya yang ada di kabupaten Kuningan yaitu lembah Cilengkrang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah fungsiny blog. Sesuai judul, my story behind of hidden treasure. Cilengkrang adlh slh satu 'hidden treasure' nya :)

      Hapus
  4. salam hangat dari kami ijin menyimak dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus
  5. wooow keren banget ,, harga tiketnya juga murah bangett ,. jadi pengen kesana aduuh :)

    BalasHapus
  6. Terimakasih banyak atas artikelnya bermanpaat sekali

    BalasHapus
  7. maaf kalo dari indramayu rutenya kemana ya

    BalasHapus