My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Sabtu, 22 Januari 2022

Novy Khayra, PNS yang Menerbitkan 10 Buku Selama Masa Pandemi

 

Buku merupakan jendela ilmu dan gerbang peradaban bangsa agar lebih maju. Sayangnya di Indonesia, tingkat membaca masyarakat terhadap buku masih cukup rendah. Meskipun berdasarkan data terbaru telah ada peningkatan walau tidak terlalu signifikan.



Melansir dari penelitian Program for Internasional Student Assesment (PISA) tahun 2015, Indonesia berada pada ranking 62 dari 70 negara. Sedangkan peringkat literasi bertajuk World’s Most Literate Nations 2016, produk dari Central Connecticut State University (CCSU), Indonesia ranking 60 dari 61 negara.

Walau tingkat membaca masyarakat masih tergolong rendah, tingkat penerbitan buku di Indonesia cukup banyak. Bahkan menempati ranking 8 dari seluruh dunia. Industri percetakan buku di Indonesia cukup maju, terbukti dengan dikeluarkannya buku rata-rata 90 ribu judul pertahun untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Semangat peningkatan minat baca masyarakat ini juga turut diramaikan oleh kawan kita Novy Khayra, yang merupakan penyuluh dan PNS di BNN Kabupaten Kuningan. Tidak ingin ketinggalan untuk meningkatkan literasi bagi masyarakat, selama masa pandemi, pegawai yang bernama asli Novy Khusnul Khotimah ini telah menelurkan 10 buku ber-ISBN.

Buku-buku karya Novy antara lain berjudul “Memoar Kabar Narkoba”, “Twinflame”, “Diary Pandemi”, “Kontemplasi Bagi Negeri”, Ramadhan (with Covid-19) to Remember, “Skenario Imaji”, “Islam  as Lifestyle”, “Pemanfaatan Media Sosial oleh Praktisi Humas Pemerintah”, “Risalah Nusantara”, dan “Rumah dan Cerita Linnya”.




Kebanyakan buku yang ditulis Novy adalah karya non fiksi bertema sosial budaya, kesehatan masyarakat, dan agama Islam. Namun ada beberapa diantaranya berupa karya fiksi yaitu cerpen, puisi dan skenario.

Semua buku-buku tersebut dapat diakses di Perpustakaan Nasional baik secara online maupun offline. Beberapa lainnya terdapat di pepustakaan wilayah Propinsi Jawa Barat,  Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Tengah. Buku-buku tersebut  juga dapat dibeli melalui penerbit masing-masing buku, market place Heyoka Store (shopee), atau melalui play store Google Book untuk buku elektroniknya.

Selain  dijual secara online atau diakses gratis di perpustakaan, Novy juga hobi membagikan secara gratis melalui give away dalam penyuluhan-penyuluhan offline mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di sekitar wilayah Kabupaten Kuningan. (NK)




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar