My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Senin, 22 Mei 2023

Mengenal Spesies Setan dan Tugasnya

 Saat kita masih sekolah, kita diajari nama-nama 10 Malaikat beserta tugasnya yang wajib kita Imani. Meskipun sebenarnya malaikatlebih banyak daripada yang diwajibkan untuk kita kenal dan Imani, hal ini berlaku pula untuk para Nabi. Kita hanya perlu mengimani 25 orang saja, padahal jumlahnya mencapai 124 ribu termasuk Nabi Muhammad.

Tapi apakah ada yang tahu nama atau jenis setan/iblis beserta tugasnya? Padahal mereka lebih dekat dengan kita ketika jauh dari Allah. Tanpa kita sadari kitapun ikut terpedaya oleh mereka semua dalam kehidupan sehari-hari.

 “Kenali dirimu, kenali musuhmu. Seribu pertempuran, seribu kemenangan. "

                                                                                                                        -Sun Tzu-

Iblis sudah memproklamirkan diri sebagai musuh manusia, alangkah rugi kalau kita tidak mengenal mereka yang jelas-jelas menganggap kita musuh. Uniknya, mereka adalah musuh yang ada dalam diri yang sering kali tidak kita kenali. Mari kita kenali lebih dekat para setan ini:

 

setan selalu berusaha menggoda manusia

1. Syabru/ Sabrum

Makhluk ini selalu menggoda manusia untuk overthinking dalam menghadapi segala macam tantangan hidup yang datang kepada manusia. Setiap kali manusia mengalami tantangan, dia gelisah dan gusar untuk menghadapinya.

Semua reaksi berlebihan menerima bencana, seperti tangisan histeris, depresi, dll, selalu terkait dengan pengaruh setan Syabru.


2. Dasim

Dasim adalah setan yang misinya adalah menghancurkan keharmonisan dalam keluarga suami istri. Ia menyulut kebencian antara suami istri hingga terjadi perceraian. Godaan dan pengaruh tersebut semakin nyata jika suami tidak menyapa keluarga saat memasuki rumah.

3.Zalanbur

Zalanbur bertugas di pasar untuk memicu pertengkaran, penghinaan, konflik, dan pertikaian antar manusia. Janji palsu pedagang kepada konsumen juga merupakan tipuan Zalanbur.

.

4. Walhan

Tugas Walhan adalah mengganggu manusia saat melakukan wudhu. Selama proses berwudhu, seperti wudhu, mandi atau kegiatan lainnya, setan Walhan akan membuat orang ragu dan khawatir. Pemborosan atau penggunaan air yang berlebihan juga menjadi salah satu pengaruh Walhan.

5. Khanzab

Jika ada rasa malas yang melekat pada orang ketika ingin melakukan ritual wajib seperti sholat, itu adalah salah satu hasil dari kejahatan Khanzab. Setan ini konon memiliki tugas khusus menghasut orang untuk tidak sholat, melanggar etika sholat dan melakukan hal-hal yang dapat membatalkan sholat.

 




6. A'war

Setan ini bertanggung jawab untuk menggoda orang untuk melakukan perzinahan. Setan A'war meyakinkan orang untuk melakukan hubungan seks bebas dengan lawan jenis dengan menampilkan keinginan yang kuat.

7. Zalithun

Pekerjaan Zalitun adalah merayu laki-laki dan perempuan, terutama ketika datang ke pusat perbelanjaan. Pekerjaan iblis ini adalah mengelabui orang agar membuang-buang uang saat berbelanja. Jika kita tidak sadar bahwa kita telah menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu, maka berhati-hatilah, artinya setan ini terus menggoda mata yang lapar. Tak hanya itu, Zalanbur juga menghasut para pedagang untuk melakukan praktik penipuan atau penipuan saat berhadapan dengan pembelinya.

 

8. Murra

Tugasnya adalah menjangkau para musisi agar tetap lalai dan pelupa sehingga lupa melakukan ibadah karena keenakan dengan musik, serta mengganggu ibadah saat mereka melakukan wudhu sehingga menjadi mubazir.

 

9.Laqnis

Tugasnya adalah mengganggu mereka yang membersihkan dan melakukan pembaptisan sehingga mereka menjadi curiga dan tidak sempurna. 


10. Lachus

Tugasnya adalah mengajak manusia untuk menyembah selain Allah SWT.

 

11. Abyad

 

Dia adalah setan dengan pencobaan terberat dan sikap terburuk, karena tugasnya menggoda para nabi dan rasul yang ditunjuk untuk umat manusia.

 

12. Tibbir

Tugas Tibbir adalah menggoda orang yang emosional dan tidak bisa berpikir panjang. Setan ini membuat pikiran tidak pernah istirahat dan sering merasa gelisah. Ketika seorang manusia tergoda oleh Tibbir, ia mudah menjadi emosional dan sering terlihat murung.

13.Masut Mathun

Tugas Masuth Mathun adalah membujuk orang untuk saling membelakangi, mengkritik, memarahi, memaki, dan memfitnah. Perhatikan, tergoda oleh iblis ini bisa menjadi sangat jelek, yaitu hanya berguling-guling, kita akan memiliki uang yang disimpan untuk keburukan.

Bagi Anda yang suka berkumpul dengan teman dan menggosipkan keburukan orang lain, mungkin Masuth Mathun ada di sekitar Anda dan mengganggu Anda. 

  

14. Waitiin
 
Tugasnya mendekati orang yang sedang ditimpa musibah agar berprasangka buruk kepada Allah Taala.
 

 
15. Haffaf
 
Yang terakhir, tugasnya yakni mengajak manusia berbuat maksiat, suka minum khamr dan berfoya-foya.***

Nama-nama setan diatas saya rangkum dari beberapa sumber berbeda. Tidak persis valid karena ada perbedaan diantara sumber-sumber tersebut. Jika ada salah penyebutan nama, mohon setan bisa memaafkan ya.. hehehe.

Lalu apa tujuan saya merangkum lagi nama/jenis setan dan tugas-tugasnya? Supaya kita dapat mengenali perasaan negative kita dan tidak terbawa oleh perasaan negative tersebut. Karena jika menurutinya sama saja kita kalah oleh tipu daya setan.

Wallahu a’lam bisshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar