My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Minggu, 05 Maret 2023

Mengenal INFJ, Kepribadian Paling langka di Dunia (1)

 Banyak teori dalam mengenali kepribadian salah satunya adalah skala psikologi MBTI  (Myers-Brigg Type Indicator) yang merupakan teori dari Carl G. Jung yang kemudian dikembangkan secara lebih implementatif oleh Ibu dan anak Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers untuk mengukur bagaimana seseorang melihat dunia dan membuat keputusan. Jika teman-teman penasaran tipe karakter yang semacam apa? Silakan coba tesnya melalui link berikut ini : https://www.16personalities.com/free-personality-test

 

Deskripsi singkat INFJ (sumber: https://www.16personalities.com/infj-personality)

Dalam artikel ini saya hanya membahas karakter INFJ yang merupakan karakter terlangka sekaligus juga merupakan sifat saya. Meskipun diluar sana ada orang lain yang INFJ juga, tidak akan benar-benar sama juga karena pengukuran ini berbeda dalam berapa persen kecenderungan. Pembahasan artikel ini juga akan bersambung karena cukup Panjang kalau dijelaskan sampai akhir. Apa itu INFJ atau Advocate?

Seorang Advocate (INFJ) adalah seseorang dengan sifat kepribadian Introvert, Intuitive, Feeling, dan Judging. Mereka cenderung mendekati kehidupan dengan perhatian dan imajinasi yang mendalam. Visi batin mereka, nilai-nilai pribadi, dan versi humanisme yang tenang dan berprinsip membimbing mereka dalam segala hal.

“Perlakukan orang seolah-olah mereka seharusnya dan Anda membantu mereka untuk menjadi apa yang mereka mampu.”

Johann Wolfgang Von Goethe

Advokat (INFJ) mungkin tipe kepribadian yang paling langka, tetapi mereka pasti meninggalkan jejak mereka di dunia. Idealis dan berprinsip, mereka tidak puas menjalani hidup – mereka ingin berdiri dan membuat perbedaan. Bagi kepribadian Advokat, kesuksesan tidak datang dari uang atau status, tetapi dari mencari pemenuhan, membantu orang lain, dan menjadi kekuatan untuk kebaikan di dunia.

Meskipun mereka memiliki tujuan dan ambisi yang tinggi, Advokat tidak boleh disalahartikan sebagai pemimpi yang menganggur. Orang dengan tipe kepribadian ini peduli dengan integritas, dan mereka jarang puas sampai mereka melakukan apa yang mereka tahu benar. Sadar akan intinya, mereka menjalani hidup dengan pemahaman yang jelas tentang nilai-nilai mereka, dan mereka bertujuan untuk tidak pernah melupakan apa yang benar-benar penting – tidak menurut orang lain atau masyarakat pada umumnya, tetapi menurut kebijaksanaan dan intuisi mereka sendiri.


 Baca juga: Cara Mengenali Orang Berkepribadian Sigma



Mencari Tujuan

Mungkin karena tipe kepribadian mereka sangat tidak biasa, Advokat cenderung memiliki perasaan – disadari atau tidak – untuk menjadi berbeda dari kebanyakan orang. Dengan kehidupan batin mereka yang kaya dan keinginan mereka yang mendalam untuk menemukan tujuan hidup mereka, mereka tidak selalu cocok dengan orang-orang di sekitar mereka. Ini bukan untuk mengatakan bahwa Advokat tidak dapat menikmati penerimaan sosial atau hubungan dekat - hanya saja mereka terkadang merasa disalahpahami atau berselisih dengan dunia.

Untungnya, perasaan berada di luar langkah ini tidak mengurangi komitmen Advokat untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik. Advokat bermasalah dengan ketidakadilan, dan mereka biasanya lebih peduli pada altruisme daripada keuntungan pribadi. Mereka sering merasa terpanggil untuk menggunakan kekuatan mereka – termasuk kreativitas, imajinasi, dan kepekaan – untuk mengangkat orang lain dan menyebarkan kasih sayang.

Banyak Advokat melihat membantu orang lain sebagai misi mereka dalam hidup, dan mereka selalu mencari cara untuk masuk dan berbicara tentang apa yang benar. Orang dengan tipe kepribadian ini juga bercita-cita untuk memperbaiki masalah masyarakat yang lebih dalam, dengan harapan ketidakadilan dan kesulitan bisa menjadi masa lalu. Namun, kadang-kadang, Advokat mungkin terlalu fokus pada cita-cita mereka sehingga mereka tidak cukup menjaga diri mereka sendiri – sebuah pola yang dapat menyebabkan stres dan kelelahan.


Terhubung dengan Orang Lain (dan Diri Sendiri)

Advokat mungkin Introvert, tetapi mereka menghargai hubungan yang dalam dan autentik dengan orang lain. Beberapa hal membawa kepribadian ini sama menyenangkannya dengan benar-benar mengenal orang lain – dan dikenal sebagai balasannya. Advokat menikmati percakapan yang bermakna jauh lebih banyak daripada obrolan ringan, dan mereka cenderung berkomunikasi dengan cara yang hangat dan sensitif. Kejujuran dan wawasan emosional ini dapat memberikan kesan yang kuat pada orang-orang di sekitar mereka.

Beberapa hubungan dekat, asalkan tulus, dapat memenuhi hati Advokat hingga penuh.

Bijaksana dan penyayang, Advokat menuangkan banyak energi dan perhatian ke dalam hubungan mereka. Ini tidak berarti bahwa mereka selalu merasa dihargai sebagai balasannya. Advokat cenderung bertindak dengan pemikiran dan perhatian yang besar, dan itu dapat membuat mereka frustrasi ketika orang lain tidak mengenali niat baik mereka. Akibatnya, kritik membangun pun mungkin terasa sangat pribadi atau menyakitkan bagi kepribadian ini.



Misi Pribadi

Banyak Advokat merasa bahwa hidup mereka memiliki tujuan yang unik – sebuah misi yang harus mereka penuhi di dunia ini. Bagi orang-orang dengan tipe kepribadian ini, salah satu aspek kehidupan yang paling berharga adalah mencari tujuan ini – dan kemudian, begitu mereka menemukannya, berjuang untuk melakukannya dengan adil.

Ketika Advokat menghadapi ketidaksetaraan atau ketidakadilan, mereka jarang menyerah – sebaliknya, mereka berkonsultasi dengan intuisi dan belas kasih mereka untuk menemukan solusi. Dengan kemampuan bawaan mereka untuk menyeimbangkan hati dengan kepala, Advokat terprogram untuk memperbaiki kesalahan dunia, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya. Kepribadian ini hanya perlu mengingat bahwa saat mereka sibuk mengurus orang lain, terkadang mereka perlu berhenti sejenak dan menjaga diri mereka sendiri juga.



Baca juga: Apa itu Starseed? Jiwa Kamu Berasal dari Sistem Cahaya yang Jauh


Kekuatan Kelemahan

Kekuatan Advokat (INFJ).

Kekuatan advokat (INFJ).

Kreatif – Advokat tidak persis seperti orang lain – dan itu hal yang luar biasa. Orang dengan tipe kepribadian ini merangkul sisi kreatif mereka, selalu mencari peluang untuk mengekspresikan diri dan berpikir di luar kebiasaan.

Wawasan – Kepribadian ini tahu betul bahwa penampilan bisa menyesatkan. Advokat berusaha untuk bergerak melampaui kedangkalan dan mencari kebenaran yang lebih dalam dalam hidup. Ini dapat memberi mereka kemampuan yang hampir luar biasa untuk memahami motivasi, perasaan, dan kebutuhan orang yang sebenarnya.

Berprinsip – Advokat cenderung memiliki keyakinan dan nilai yang kuat, terutama dalam hal etika. Ketika Advokat berbicara tentang topik yang dekat dengan hati mereka, keyakinan dan idealisme mereka yang tulus dapat menginspirasi dan membujuk orang yang paling skeptis sekalipun.

Passionate – Advokat mendambakan tujuan hidup. Daripada hidup dengan autopilot atau berpegang teguh pada status quo, mereka ingin mengejar cita-cita mereka. Ini bukanlah tipe kepribadian yang menghindar dari mimpi besar – nyatanya, Advokat bersemangat dan bersemangat oleh keindahan visi mereka untuk masa depan.

Altruistik – Orang dengan tipe kepribadian ini tidak senang berhasil dengan mengorbankan orang lain. Advokat ingin menggunakan kekuatan mereka untuk kebaikan yang lebih besar, dan mereka jarang melupakan bagaimana kata-kata dan tindakan mereka dapat memengaruhi orang lain. Di lubuk hati mereka, mereka ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, dimulai dari orang-orang di sekitar mereka.


Kelemahan Advokat (INFJ).

Advokat (INFJ) kelemahan

Sensitif terhadap Kritik – Advokat tidak menolak umpan balik – yaitu, kecuali mereka percaya bahwa seseorang menantang prinsip atau nilai yang paling mereka hargai. Jika menyangkut masalah yang dekat dan mereka sayangi, orang dengan tipe kepribadian ini bisa menjadi defensif atau meremehkan.

Enggan untuk Terbuka – Advokat menghargai kejujuran dan keaslian, tetapi juga bersifat pribadi. Mereka mungkin merasa sulit untuk terbuka dan rentan terhadap pergumulan mereka, tidak ingin membebani orang lain dengan masalah mereka. Sayangnya, ketika Advokat tidak meminta bantuan, mereka mungkin secara tidak sengaja menahan diri atau membuat jarak dalam hubungan mereka.

Perfeksionis – Tipe kepribadian Advokat ditentukan oleh idealisme. Meskipun ini adalah kualitas yang luar biasa dalam banyak hal, itu tidak selalu menyisakan ruang untuk kekacauan kehidupan nyata. Advokat mungkin merasa sulit untuk menghargai pekerjaan, situasi hidup, atau hubungan mereka jika mereka terus terpaku pada ketidaksempurnaan dan bertanya-tanya apakah mereka harus mencari sesuatu yang lebih baik.

Menghindari yang Biasa – Para pendukung sangat ingin melakukan hal-hal luar biasa dalam hidup mereka. Tetapi sulit untuk mencapai sesuatu yang luar biasa tanpa memecahnya menjadi langkah-langkah kecil yang dapat dikelola. Kecuali jika mereka menerjemahkan impian mereka ke dalam rutinitas sehari-hari dan daftar tugas, Advokat mungkin kesulitan mewujudkan visi besar mereka menjadi kenyataan.

Rentan terhadap Kejenuhan – Perfeksionisme dan cadangan para advokat membuat mereka memiliki sedikit pilihan untuk melepaskan semangat. Orang dengan tipe kepribadian ini dapat menguras tenaga jika mereka tidak menyeimbangkan dorongan mereka untuk membantu orang lain dengan perawatan diri dan istirahat yang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar