My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Sabtu, 07 September 2013

Mempertahankan Kinerja Otak Agar Selalu Prima

Mungkin Anda belum menyadari bahwa sebagian besar oksigen dan nutrisi makanan ternyata paling banyak diserap oleh otak. Mengapa? karena otak adalah pusat kontrol yang berfungsi mengendalikan semua kinerja organ tubuh baik sadar maupun tak sadar. Sehingga bila terjadi sedikit masalah saja pada otak akan sangat berpengaruh pada bagian-bagian tubuh tertentu. Untuk itulah hal yang paling dibutuhkan oleh otak adalah perhatian. Perhatian seperti apa saja yang seharusnya kita berikan?  Berikut ada beberapa jalan untuk menjaga otak agar tetap beroperasi dengan efisien, kuat, kualitas maksimum, dan prima.


·         Mengajar
Mengajar bisa menyelamatkan otak. Anda akan lebih mudah menyimpan informasi jika menjelaskannya kepada orang lain. Sejauh mana Anda dapat menyampaikan informasi seara efektif membuktikan sejauh mana Anda menyerap informasi tersebut. Pelajaran yang bisa dipetik : Anda bisa mengambil keuntungan dengan mengajar generasi muda ilmu yang sesuai kemampuan. Dengan mengajar, Anda akan meningkatkan kekuatan otak Anda.

·        Terus Belajar
Cara terbaik agar pikiran Anda terus berfungsi dengan baik, yaitu dengan melatihnya. Olah pikiran, berikan tantangan, dan pelajari hal-hal baru. Dengan terus belajar sepanjang hidup, Anda menurunkan resiko berkembangnya gangguan memori. Artinya, otak memiliki kesempatan untuk terus bekerja jika dibiarkan aktif dan sibuk, misalnya Anda terus melatihnya dengan hal-hal baru, mempelajari permainan atau kebiasaan baru, atau lapangan kerja baru. Anda perlu terus mengolah pikiran, bahkan dengan membuatnya sedikit tidak nyaman dengan memaksakan diri mengerjakan tugas-tugas yang tidak biasa. melakukan kerja berat dapat memperkuat penghubung-penghubung syaraf yang penting untuk memelihara daya ingat. Layaknya seorang atlet, pikiran Anda selal mencari jalan untuk  meraih kesempatan. Latih terus pikiran Anda untuk mendapatkan hasil terbaik.


·   Berpikirlah mengenai berpikir
Sama halnya dengan bernapas, berpikir dirancang untuk bekerja secara otomatis. Berpikir adalah gerak refleks diluar kehendak, meski sering mengendalikan apa yang Anda pikirkan, cobalah berpikir sealami mungkin. Praktekkan hal berikut saat Anda mengerjakan aktivitas sederhana, seperti bangun tidur. Daripada berguling-guling ditempat tidur, membasuh wajah, dan mencemaskan macet atau pekerjaan yang akan dihadapi, lebih baik renungkan kejadian disekitar Anda. Dengarkan kicauan burung, memperhatikan tetesan air, menikmati sarapan, dan sebagainya. tidak akan menghabiskan banyak waktu, justru hal tersebut akan melatih otak Anda.

·         Hiduplah dimasa kini
Salah satu kunci memiliki pikiran sehat adalah sebisa mungkin hidup di saat ini. Yaitu berpikirlah apa yang akan Anda lakukan sekarang, jangan mencemaskan kesalahan yang Anda lakukan kemarin atau sakit kepala yang tengah menanti hari esok. Itu akan membantu meredakan kebisingan pada sistem. Sebagai contoh, saat bermain bersama anak-anak, meskipun bayangan hari kerja esok hari membebani pikiran Anda, berusahalah untuk tetap berkonsentrasi pada taman bermain, jadikan hari itu pengalaman hebat bagi anak-anak dan juga bagi Anda. Dengan hidup di saat ini Anda telah menghargai tidak hanya diri Anda tetapi juga orang-orang di sekitar Anda.

·         Perhatikan apakah gen Anda sehat
Jika Anda memiliki gangguan memori dalam sejarah keluarga, dan tidak cukup nyaman melakukan pemeriksaan genetika, lakukanlah pengujian kadar potein Apo E4 untuk memastikan apakah Anda perlu membersihkan kabel-kabel syaraf dari beta-amiloid. Anda akan memperoleh keterangan lebih lanjut mengenai pengujian tersebut di www.realage.com. Pada akhirnya hal-hal seperti obesitas dan alkohollah yang meningkatkan ekspresi gen tersebut, sementara olahraga menurunkan kadar Apo E4 dalam darah.

  • ·         Jalani hidup apa adanya
Menjalani hidup apa adanya berarti menjaga agar aliran darah tetap normal. Karena darah memberi nutrisi pada otak. Tidak ada nutrisi, otak tidak berfungsi. Jika tekanan darah Anda  tinggi, sangat mungkin penyebabnya adalah penyempitan arteri serta plak kolesterol, menyebabkan aliran darah dan nutrisi menuju tempat-tempat tertentu menjadi terhambat. Jika yang terhambat adalah aliran darah ke  otak, resiko stroke akan meningkat.

·         Berolahraga
Olahraga baik untuk kesehatan jantung. Rutin berolahraga akan memelihara fungsi neurokognitif atau syaraf pemikiran. Berolahraga satu-dua kali seminggu. Pilih olahraga yang tidak hanya menggerakkan tubuh tapi juga pikiran seperti yoga atau tenis. Menyibukkan diri dengan olahraga akan membantu menjernihkan pikiran saat melakukannya. Lakukan dengan porsi yang cukup dan jangan berlebihan.


  • ·         Hilangkan racun dari kehidupan
Apabila Anda pernah mengalami gangguan daya ingat, mulailah menyingkirkan beberapa senyawa kimia berbahaya dari gaya hidup Anda sebelum menambahkan dengan yang baru. Senyawa-senyawa seperti pemanis buatan, MSG, pengawet, pewarna, bahkan sampo. Bahkan obat bebas untuk mengatasi alergi dan flu juga berkontribusi dalam gangguan daya ingat.
  • ·         Berikan nutrisi pada otak
Nutrisi terbaik untuk menjaga sambungan listrik syaraf tetap kuat adalah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan seperti ikan salmon dan sebagainya. lemak menyehatkan ini terbukti memperlambat kemunduran kognitif pada orang-orang dengan faktor resiko, tidak hanya menjaga aliran arteri tetap lancar tapi juga fungsi pengiriman pesan oleh neurotransmiter pada otak.

  • ·         Menceritakan lelucon
Banyak bukti yang menyatakan bahwa tertawa dapat memperbaiki sistem imun, dan humor dapat memberikan efek berharga bagi daya ingat. Memiliki selera humor adalah salah satu tanda kecerdasan. Menceritakan suatu lelucon, adalah cara membri tantangan pada otak.

  • ·         Buatlah peta pikiran
Salah satu memperkuat kemampuan berpikir adalah melatih bagian otak yang jarang digunakan , sesuatu yang berhubungan denganimajinasi. Dari Tony Buzan, seorang psikolog, manakala sedang kewalahan terhadap suatu pekerjaan, petakanlah dengan menggambar  cabang-cabang . cabang-cabang ini akan sangat membantu karena otak bekerja dalam satu kesatuan. Hubungkan cabang-cabang itu, maka Anda akan memahami, mengingat serta mengatasi masalah dengan jauh lebih mudah.
 Otak adalah komputer tubuh kita, jadi jangan dibiarin kalau sampai low loading  ya.. Let's keep it work well!

Courtesy:
“Staying Young”-dr. Oz-



4 komentar: