My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Senin, 22 September 2014

Partisipasi BNN dalam Perayaan Hari Jadi Kuningan ke 516 Tahun

Pada hari jadi kabupaten Kuningan yang ke 516 tahun, BNN Kuningan bersama dengan berbagai instansi yang lain ikut serta berpartisipasi dalam acara pameran dan karnaval. Pameran yang digelar selama tujuh hari  dengan acara puncaknya diadakan karnaval dipusat kota Kuningan, kenyataannya mampu menyedot perhatian besar masyarakat. Bagi BNN yang notabene sebagai instansi pemerintah yang berfokus pada pelayanan masyarakat, menilai perayaan Hari Jadi Kuningan sebagai wahana yang positif untuk bersosialisasi tentang bahaya narkoba. Sehingga pada perayaan pameran dan karnaval yang lalu, tercatat ada 1500 leaflet, 1000 poster, 1000 pin, dan 2400 stiker berhasil disebar-luaskan untuk masyarakat Kuningan.


Pameran yang  berlangsung di tengah lapangan Pandapa Paramarta ini berlangsung sangat meriah. Pameran yang bertema “Pesona Kuningan 2014” diikuti oleh berbagai instansi pemerintah dan swasta, pada intinya ingin memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai profil dari instansi-instansi di Kuningan. Tak terkecuali BNN, tema yang diusung tentunya tentang mengenal jenis narkoba agar masyarakat bisa menjauhinya. Dalam stand pameran BNN terdapat alat peraga edukasi seperti pemutaran film, poster, pin, leaflet, buku panduan, termasuk juga contoh obat terlarang yang wajib dijauhi bersama. Selain itu, BNN juga menerima konseling serta konsultasi bagi para  pengunjung bilamana dalam lingkungan tempat tinggalnya menemui kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.



Tidak sebatas itu saja, BNNK Kuningan juga menyediakan fasilitas hiburan permainan untuk pengunjung yang berfungsi melatih kekuatan berpikir.  Alat permainan ini disebut “Balancing Line” yang cara memainkannya yaitu dengan menggerakkan kawat yang berbentuk lingkaran kecil yang didalamnya terbentang kawat yang dibuat sedemikian rupa sebagai rintangan berbentuk lurus, belokan yang berkelok dan lingakaran yang bertuliskan “narkoba”. Dimana dalam mengerakkannya jangan sampai kawat yang dipegang menyentuh kawat didalamnya. Jika bersentuhan akan ditandai dengan lampu menyala yang berarti kalah, dan bila tidak menyentuh berarti menang. Pesan dari permainan ini adalah melatih fokus pengunjung dalam berpikir dan bertindak. Sebab orang yang memiliki fokus berpikir yang baik akan sulit terjerumus dalam jebakan narkoba. Terbukti dari games ini, mampu menjadi daya tarik utama stand BNN.



Selanjutnya pada acara karnaval, BNN turut memeriahkan dengan mengarak mobil hias yang yang membawa baliho berkeliling kota bertuliskan himbauan kepada masyarakat untuk menjauhi narkoba. Arakan mobil hias ini diiringi pula oleh orasi dari penyuluh Juju Junaedi dan memutar lagu mars BNN agar mempertegas himbauan BNN agar masyarakat bersama BNN memerangi narkoba bagaimanapun caranya. Tak hanya itu, seluruh pegawai termasuk kepala BNNK Kuningan Guruh Irawan Zulkarnaen S.STP, M.Si beserta para kader BNN ikut serta turun kejalan membagikan poster dan leaflet untuk semakin memeriahkan acara karnaval hari jadi Kabupaten Kuningan.

Pameran dan karnaval ini selalu dirayakan setiap tahun pada awal bulan september ditengah-tengah kota sebagai wujud rasa syukur rakyat Kuningan terhadap ulang tahun hari jadi kabupaten. Dimana sebelumnya juga telah digelar acara Babarit yang menghadirkan pemimpin daerah yaitu bupati dan jajarannya beserta masyarakat umum yang ditandai dengan pesta potong tumpeng bersama. (NK)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar