My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Rabu, 04 Desember 2013

Sembilan Ekor Ikan Keberuntungan Menurut Mitologi Cina


Ikan merupakan motif populer bagi orang Cina. Baik itu ikan emas, ikan koi, ikan gurame, dsb. Konon karena lafal mandarin untuk ikan adalah (Y’u) yang merupakan homonim kata Yu (kelebihan) sehingga relief ikan menjadi simbol yang bermakna baik dan mengandung arti “selalu kelebihan/kelimpahan”. Seperti pepatah Cina yang berbunyi Lian-Nian-Yo-Y’u artinya setiap tahun ada ikan. Namun, makna sebenarnya adalah setiap tahun ada kelebihan/kelimpahan. 




Dalam motif-motif  bangsa Cina, gambaran yang berhubungan dengan ikan yang paling sering kita temui adalah motif “sembilan ekor ikan”. Banyak yang beranggapan bahwa angka sembilan merupakan angka mistis yang cukup penting dalam budaya Cina. Sedangkan ikan adalah “perwakilan” makhluk yang bernama Lung. Orang Cina kuno percaya bahwa Lung merupakan metamorfosis ikan seperti kupu-kupu yang sebelumya berupa ulat. 

Dikisahkan di Cina dulu sering terjadi banjir akibat derasnya air sungai Huang He (sungai kuning) yang menghancurkan tepiannya sendiri. pada zaman Kaisar Shun, muncul seorang pahlawan yang kemudian dikenal sebagai Yu Yang Agung. Yu menghabiskan sebagian masa hidupnya untuk mengendalikan banjir.
Suatu ketika, Yu juga dikatakan bertemu dengan Kaisar Fu Xi yang memberikan kepadanya sebauh pakua, sebagai catatan perubahan alam yang akhirnya membuat perubahan drastis dalam teknik menangani banjir. Ia tidak hanya membangun bendungan, tetapi juga saluran untuk mengalirkan air sungai ke laut. Yu juga memisahkan gunung yang menghalangi aliran Sungai Kuning sehingga aliran air sungai mengalir ke bawah menjadi sebuah aliran air terjun yang dikenal sebagai “Gerbang Yu”.

Ikan – ikan di air pun ikut jatuh bersama air terjun dan tidak bisa kembali ke asalnya. Yu lalu memberi tahu kepada ikan – ikan jika mereka bisa melompati air terjun tersebut untuk kembali ke asalnya menjadi Lung. Air terjun ini dikenal dengan “Gerbang Yu” yang di kemudian hari juga dikenal sebagai “Gerbang Lung”. Dongeng ini populer karena konon setiap akhir musim semi banyak ikan disekitar air terjun yang sedang berkumpul dan melompat-lompat.  

Dari kisah tersebut, lahirlah kepercayaan bahwa ikan menjadi substitusi Lung. Bahkan para sarjana di Cina berhasil lulus ujian negara diibaratkan seperti ikan yang berhasil melompati “gerbang Lung”. Sebab seorang rakyat biasa yang berhasil lulus ujian negara pada saat itu akan mendapat kedudukan yang tinggi dalam pemerintahan. Reputasinya menanjak, sehingga ia diibaratkan seperti ikan yang berhasil melompati air terjun berubah menjadi Lung.




Taken from : Mitologi Cina & Kisah Alkitab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar