My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Kamis, 24 Juli 2014

Tebar Semangat P4GN dalam Masa Orientasi Siswa Baru

Kasus tingginya penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar menimbulkan keprihatinan yang besar  bagi beberapa sekolah menengah di Kabupaten Kuningan. Atas dasar hal tersebut, pihak-pihak sekolah berinisiatif melibatkan BNN untuk memberikan semangan P4GN dalam program Masa Orientasi Siswa (MOS). Antusias untuk menghadirkan penyuluh BNN sebagai pembicara tentang bahaya penyalahgunaan narkoba terlihat di 18 sekolah menengah baik yang SMP maupun SMA/SMK.



Sekolah-sekolah yang menggandeng BNNK Kuningan untuk mengisi program MOS diantaranya SMK Bhakti Husada Kuningan, SMAN 2 Kuningan, SMPN 2 Garawangi, SMK Jagara, SMAN 1 Jalaksana, SMKN 1 Cilimus, MTs Jambar, SMAN 1 Kuningan, MAN Ciawigebang, SMPN 1 Ciawigebang, SMAN 1 Ciawigebang, SMPN 1 Kuningan, SMKN 2 Kuningan, SMKN 3 Kuningan, SMAN 1 Ciwaru, SMKN 1 Japara, SMPN 1 Kramatmulya, dan SMAN 3 Kuningan.

Acara MOS yang berlangsung antara tanggal 14 sampai dengan 16 Juli 2014 ini menerjunkan semua penyuluh BNNK Kuningan dibantu dengan beberapa staf. Mereka yang memberikan penyuluhan antara lain Guruh Irawan Zulkarnaen, S.STP, M.Si; Agus Mulya S.Pd, M.Si; Novy Khusnul Khotimah, S.I.Kom; John Raharja S.IP; Dedy Nuryadi, SE; Sutardi S.IP; Hanifah S.I.Kom; Juju Junaedi; Herry Susanto, SH; Rudi Susanto, SE; Yogi Susandi, A.md; Ibrahim; Nana Hendriyana; Galih Lantika; dan Washinton.

Kebanyakan penyuluhan dilakukan pada waktu yang hampir bersamaan, terutama pada hari rabu 16 Juli 2014. Sekitar 10 sekolah meminta penyuluhan antara pukul 07.00 sampai dengan 10.00 pagi. Itu sebabnya diperlukan tenaga ekstra selain penyuluh yang turut menebar semangat P4GN di sekolah-sekolah. Seperti yang dikatakan oleh Kasi pencegahan Agus Mulya S.Pd, M .Si “Kami telah memberdayakan semua penyuluh BNNK Kuningan untuk menebar semangat P4GN dikalangan siswa baru. Namun karena MOS berlangsung pada waktu yang hampir bersamaan, dikerahkan pula staf lain untuk turut membantu.”  Hal ini juga diperkuat oleh Kepala BNNK Kuningan Guruh Irawan Zulkarnaen S.STP, M.Si “Para Staf BNNK Kuningan diminta untuk serba bisa, meskipun dalam tupoksi sudah ada jobdesk-nya masing-masing. Tapi jika memang dalam keadaan sangat dibutuhkan, diharapkan antar seksi bisa saling melengkapi demi kebutuhan masyarakat.”


Dalam MOS disampaikan kepada para siswa baru bahwa narkoba sudah berada disekitar kita semua. Apa lagi dari seluruh penyalahguna narkoba yang berjumlah 4,9 Juta jiwa, 70 persen diantaranya berada pada usia produktif dengan 22 persennya dari kalangan pelajar. Di Kuningan sudah ditemukan beberapa pelajar terindikasi menjadi penyalahguna narkoba. Bahkan beberapa diantaranya berasal dari SMA/K favorit di Kuningan. Untuk itulah, pelajar masa kini harus waspada dalam mencari lingkungan pergaulan. Terutama bagi siswa baru yang masuk dilingkungan sekolah baru. Tanamkan semangat Pencegahan dan Pemberantasan  Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dalam hati setiap pelajar agar bisa selalu “Katakan Tidak Pada Narkoba!”. (NK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar