My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Sabtu, 30 November 2013

Wisata Banyuwangi Berpotensi Go Internasional

Banyuwangi semakin mewangi..!  rasanya sebutan ini memang sesuai ditujukan untuk sebuah kabupaten berjulukan "Sunrise of Java" yang berada diujung paling timur pulau Jawa ini. Tidak sebatas tempat transit untuk wisatawan yang hendak menyebrang ke Pulau Bali melalui pelabuhan Ketapang. Namun, kabupaten terluas di propinsi Jawa Timur ini ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang tak kalah dari objek – objek wisata Bali yang telah mendunia. Seperti apa potensi – potensi wisata Banyuwangi yang bisa juga menandingi Bali untuk go Internasional? 

Lihat Peta Lebih Besar

1.    Pantai Plengkung ( G- Land)
Inilah pantai Plengkung surganya para surfer.  Tempat ini dinobatkan menjadi surganya pecinta selancar dunia.  Plengkung atau biasa  disebut G-land memiliki ombak yang terpanjang dan tertinggi ke dua setelah Hawai Kepulauan Pasifik Amerika Serikat.  Berbeda dengan Hawai yang masih perlu merogoh kocek lebih dalam, di pantai Plengkung para Surfer mendapatkan kenikmatan yang hampir sama dengan Hawai tapi dengan harga yang jauh lebih hemat.   Itu mengapa tidak sedikit   Wisatawan asing asal Australia, Amerika dan Selandia Baru banyak yang berkunjung ke tempat ini.






Tempat yang punya ombak sempurna ini berada di daerah Banyuwangi selatan. Tepatnya dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Tidak hanya pantai saja,  bila kita hendak ke G-Land, sepanjang perjalanan kita akan dapat menikmati eksotisnya keindahan hutan tropis yang masih alami. Sebelum tiba disana,  kita bisa mampir juga ke Pantai Trianggulasi sejenak sambil mengamati rusa yang berkeliaran bebas, lho..  Ditempat ini pula kita bisa menjumpai beberapa tempat untuk peristirahatan. Wah.. lumayan kan, untuk melepas lelah dan penat selama dalam perjalanan. Nah,  Kalau karakternya saja sudah disamain dengan Hawai, pantes dong kalau Plengkung siap menjadi perintis objek wisata Banyuwangi buat Go Internasional?

2. Kawah Ijen
Selain Pantai Plengkung, Kawah Ijen juga merupakan tempat favorit wisatawan asing di Banyuwangi. Di puncak Ijen terdapat suatu kawah, kaldera dan danau hijau yang menakjubkan.  Untuk mencapainya kita bisa menempuh perjalanan dari Desa Tamansari Kecamatan Licin. Saat perjalanan menuju Ijen bukan hal sulit, hanya saja banyak jalur menanjak yang memicu adrenalin kita. Terlebih lagi jika kita melewati track erek erek, kemiringan serta tanjakannya juga cukup menantang. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi  di sarankan memakai mobil 4 WD atau double gardan. Saat kita tiba di pos paltuding,  kita bisa memarkirkan kendaraan dan melanjutkan dengan tracking menuju puncak.



Namun, meskipun harus melewati perjalanan yang cukup keras dan berliku, semua akan terpuaskan saat melihat kawahnya. Apa lagi jika kita mendakinya pada saat dini hari. Karena disana ada moment blue fire yang hanya ada dua di Dunia, yang perta di Alaska benua Amerika dan yang kedua bisa kita jumpai di Indonesia yaitu Gunung Ijen.  Wow, istimewa.. Dan tidak percuma karena Perjalanan yang melelahkan selama kurang lebih dua jam akan terbayar dengan keindahan pesona Gunung Ijen.

3. Taman Nasional Baluran

Ada Hawai, ada Alaska, kini ada lagi Afrika-nya pulau Jawa. Apa lagi kalau bukan  Taman Nasional Baluran, sering disebut sebagai Africa Van Java ternyata wilayah ini merupakan kawasan konservasi flora dan fauna ini dengan satwa yang masih liar selayaknya hewan-hewan di benua Afrika.  Berjarak kurang lebih 35 km dari pusat kota Banyuwangi, disana terhampar luas padang rumput (savana) sebagai rumah bagi satwa liar seperti Banteng, Rusa dan satwa liar dilindungi lainnya.

Nah, untuk melindungi satwa-satwa yang dilindungi tersebut, di tempat ini juga terdapat menara pengawas.  Selain fungsinya untuk keamanan, menara ini juga berfungsi sebagai tempat bagi pengunjung untuk menyaksikan keindahan padang rumput yang luas serta hewan hewan-hewan liar. Nggak sampai disitu saja, Baluran juga memiliki pantai Bama yang eksotis dan masih alami. Disinipun juga ada sebuah menara pantai dimana kita bisa menikmati matahari terbit (sunrise) yang indah dari balik laut pantai Bama.



Salah satu wujud konservasi flora yaitu rimbunnya hutan bakau yang bisa kita jumpai di sebagian sisi pantai ini. Karena fungsi Bakau selain pencegah abrasi pantai juga membantu mengurangi pencemaran air laut, lho.. itu sebabnya pantai disini masih bersih, jernih dan juga dangkal. Dengan panorama terumbu karang yang menawan dan keadaan laut yang tenang sangat menyenangkan untuk snorkeling. Di tempat ini juga banyak terdapat monyet liar yang siap menemani bahkan kadang menjahili di saat kita menikmati keindahan pantai. Sepertinya sangat cocok untuk rekreasi keluarga ya... 

Seperti petualangan di Afrika, memang akses menuju tempat ini dari pintu gerbang terbilang cukup jauh dan melalui jalan berbatu. Namun, dalam perjalanan kita bisa menikmati keindahan hutan belantara disisi kiri dana kanan jalan. Tak jarang kita bisa bertemu satwa yang melintas. Jadi pantaslah kalau Taman Nasional Baluran ini cocok buat kita-kita yang berjiwa petualangan. Hehe..

4. Agrowisata Kalibendo 
Ingin melepas penat dan lelah setelah seminggu atau sebulan beraktivitas? Kalibendo-lah jawabannya. Mengapa? Tempat ini terletak barat pusat kota Banyuwangi kira kira sekitar 20 km dari kota ini terdapat di dataran tinggi sehingga udaranya sejuk dan masih alami. Pemandangan kebun cengkih, karet, kopi dan tanaman keras lainnya yang khas perkebunan merupakan tempat ‘melarikan diri’ dari kesibukan dan keramaian hiruk-pikuk kota yang tak jarang dapat menimbulkan stres.


Di wisata Kalibendo juga terdapat sungai yang jernih dan asri, udaranya yang masih sejuk dan suasana pedesaan yang masih tradisional menjadi daya tarik utama dari tempat ini. Di sini juga terdapat Air terjun yang indah dan menjadi tempat favorit anak anak muda untuk berwisata bersama teman temannya. Sebelum memulai perjalanan turun menuju sungai, ada sebuah lapangan sepak bola milik masyarakat kalibendo yang biasa digunakan untuk aktifitas olahraga atau aktifitas berkemah. Benar – benar wisata pegunungan ya? lalu, bagaimana cara menjangkau tempat ini? tempatnya tepat berada pada jalur menuju kawah Ijen. Jadi dengan demikian sekali jalan bisa langsung berwisata kedua tempat yang berbeda, Kalibendo dan Kawah Ijen.

5. Air terjun Lider

Penasaran untuk melihat air terjun terbaik di Banyuwangi? Ini dia! Air terjun Lider, berada di desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Tidak hanya terbaik tapi juga tertinggi di Banyuwangi, lho.. Memang, medan untuk menuju tempat ini memang cukup sulit. Melewati hutan dan serta perkebunan yang jalannya cukup terjal dan belum di-aspal. Tapi, Setelah sampai, siap siaplah mata anda terpana akan keindahannya. Ketinggian air terjun sempurna dengan volume air yang besar. Dan di jamin, perjuangan berat yang kita lalui selama perjalanan akan terbayar dengan keindahannya.


Oya, selain satu air terjun utama juga terdapat air terjun kecil kecil yang menkajubkan mata.dan selama perjalanan, kita akan ditemani dengan suasana tebing-tebing yang curam dan terjal, jadi sebaiknya persiapkan memakai sepatu yang ‘ramah’ dengan  medan yang terjal seperti ini agar tidak terpeleser ya..

6. Tamansuruh 
Suka berenang? Tapi kadang malas karena kandungan klorin yang ada diair kolam renangnya? Hey, kenapa nggak mencoba untuk menyambangi Objek wisata Tamansuruh!Tempat yang berada di Kecamatan Glagah desa Tamansuruh, sebelah barat Banyuwangi sekitar 10 km dari kota ini merupakan wisata berupa kolam renang mata air pegunungan. Air yang sejuk tentu membuat siapapun betah berlama lama berenang di kolam ini. Apa lagi airnya pun terus mengalir tanpa henti sehingga kebersihannya terjamin.
 

Tidak seperti kolam renang lain yang biasanya air dicampur dengan klorin. Air di Tamansuruh tanpa ada tambahan klorin. Boleh di bilang Tamansuruh adalah pelopor pertama berdirinya kolam renang yang alami. Walau kini banyak bermunculan tempat wisata lain, Tamansuruh tetap menjadi tempat favorit masyarakat Banyuwangi untuk menikmati liburan akhir pekan. dengan ditambah udara pegunungan alami dan asri khas pedesaan membuat Tamansuruh ini menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk berwisata..

7.  Pantai Rajeg Wesi
Masih ada beberapa lagi pantai yang unik di Banyuwangi yaitu Pantai Rajegwesi.  Pantai yang secara administratif termasuk di desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran ini dekat dengan pegunungan. Pantai yang bersih dengan pasir putih nan indah membentang di batasi bukit bukit hijau yang indah. Berbeda dengan pantai kebanyakan, udara pantai disini  tak panas seperti pantai-pantai pada umumnya. Selain itu, ombaknya juga tidak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa berenang ditepi pantai.




Untuk menuju pantai ini jaraknya lumayan jauh dari kota Banyuwangi, kita harus melewati daerah perkebunan sungai lembu. Dimana disepanjang perjalanan kita akan disuguhi oleh perkebunan karet.Penduduk di sini pun juga ramah-ramah dan tidak segan-segan menyambut para pengunjung dengan sapaan yang hangat.. Siapapun yang pergi ketempat ini tidak akan pernah merasa bosan. Tak perlu menunggu waktu lama untuk menentukan liburan anda ke tempat ini.

 8.Pantai Sukamade
Jika ingin pergi kepantai untuk tujuan bermain sekaligus juga belajar mencintai lingkungan, di Pantai Sukamade-lah tempat yang cocok. Selain menyajikan keindahan pantai yang memiliki kelebihan dimana lautnya masih bersih dan alami dikarenakan belum sering di jamah orang. Di tempat ini kita juga bisa belajar tentang penyu karena juga digunakan sebagai tempat penangkaran penyu laut.



Layaknya tempat di pedalaman hutan, tempat yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) ini semuanya masih asri dan hijau. Perjalanannya cukup jauh, namun di sepanjang perjalanan kita juga bisa melihat monyet, biawak dan satwa liar lainnya. Dan setelah kita tiba kita akan disuguhkan dengan keindahan pantai yang menakjubkan. Airnya yang hijau dan bening serta pantai yang bersih akan memanjakan mata kita. 
 
9. Teluk Hijau (Green Bay)
Kawasan Banyuwangi selatan boleh di bilang surganya pantai Banyuwangi. Untuk menuju Teluk Hijau, kita melewati jalur yang sama seperti menuju Rajeg wesi ataupun Sukamade. Namun Teluk hijau sendiri malah lebih dekat di banding dua tempat tersebut.Teluk Hijau berada di Kecamatan Pesanggaran dan juga masih di kawasan TNMB. Pemandangan indah dan menakjubkan bisa kita lihat dari atas bukit. Mata kita akan dimanjakan dengan keindahan tebing tebing tinggi yang hijau serta hempasan ombak dari laut nan bersih. Kebanyakan, tujuan utamanya Sukamade dan Rajeg Wesi. Sehingga kadang pengunjung hanya berhenti sejenak dan melihat teluk hijau dari kejauhan sembari istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.


10. Pulau Merah ( Red Island)
Tidak terlalu jauh dari pinggir pantai selatan Banyuwangi, terdapat pulau kecil atau bukit yang tanahnya berwarna kemerahan dan karena itu tempat ini di sebut Pulau Merah. Disini Pantainya begitu indah dengan ombak yang pas untuk para pecinta surfing. Keadaan pantainya juga bersih dengan pasir putih yang mempesona. Jika senja tiba kita juga bisa menyaksikan sunset yang indah. Sehingga  tidak akan membuat kita merasa bosan menikmati tempat ini untuk liburan bersama keluarga dan teman teman.


11. Pantai Watu Dodol
Mungkin hanya ada satu diantara seribu pantai yang seperti pantai Watu Dodol ini. Kok bisa ya?  inilah yang membedakannya, kalau air laut itu rasanya asin dan begitu pula satu kilometer rasa air tanah disekitar pantainya. Tidak demikian dengan pantai Watu Dodol ini. Mirip dengan tanah Lot di Bali, di pantai ini juga terdapat mata air tawar yang mengalir ke pantai. Dan rasanya tawar serta segar untuk di minum seperti mata air di pegunungan.


Pantainya menghadap ke Selat Bali dan terdapat dua land mark, yaitu batu raksasa yang letaknya tepat di tengah jalan raya yang memisahkan jalan menjadi dua jalur. Konon batu ini memiliki sejarah penamaan lokasi wisata ini. Yang ke dua adalah patung penari gandrung yang berdiri di bibir pantai. Tak jauh dari pantai terdapat bukit yang indah sehingga kita dapat menyaksikan panorama yang memperjelas indahnya biru laut watu dodol. Tidak itu saja, di Bukit ini juga terdapat tempat bersejarah yaitu Goa Jepang. Untuk menuju pantai watu dodol tidak sulit, sarana transportasi pribadi atau umum sangat mudah untuk menjangkau tempat wisata ini. 

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk kita kunjungi di Kabupaten Banyuwangi. Dengan review berbagai pemandangan Banyuwangi yang tidak hanya menarik tapi juga unik, rasanya memang pantas bila wisata kabupaten ini siap untuk dijadikan daya tarik wisata Internasional. Ditunjang dengan lokasinya yang dekat dengan Bali yang lebih dulu terkenal didunia. Banyuwangi juga dapat dikatakan mudah diakses karena tempatnya masih didalam lingkup pulau Jawa yang relatif dekat dengan pusat Ibu kota Negata, Jakarta. Serta tidak jauh dari pusat ibu kota propinsi Surabaya. Semoga review dari saya ini dapat semakin memperkenalkan Banyuwangi untuk Go Internasional!


 

 

1 komentar: