My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Senin, 27 Januari 2014

SDM Unggulan Penyeimbang Kekayaan Alam


Sudah terkenal didunia, Indonesia adalah negeri yang melimpah kekayaan alamnya. Disisi lain dikenal pula bahwa orangnya masih memiliki kualitas dibawah rata-rata. Terlihat dengan banyaknya tenaga kerja kita yang bekerja diluar negeri masih sebagai buruh pabrik atau pembantu rumah tangga. Berkenaan dengan tema “Dari Keunggulan Sumber Daya Alam menuju Keunggulan Sumber Daya Manusia” yang terkandung dalam pesan (artikel) berjudul TitikCerah dalam Transformasi SDM Kita di www. darwinsaleh.com bahwa rekrutmen anak-anak pesantren untuk bekerja di Kuwait Petroleum Coy merupakan Metode yang bagus dalam peningkatan kualitas TKI menjadi titik cerah SDM Indonesia untuk meningkatkan mutunya. saya berpandangan bahwa saya setuju karena Tanpa program-program terobosan dan strategis, kekayaan SDA Indonesia akan makan waktu terlalu lama untuk bisa ikut mengatasi problem kemiskinan dan tenaga kerja informal kita, Selama SDA kita kurang cepat memberi manfaat pada peningkatan SDM kita, selama itu daya beli sebagian besar rakyat lemah dan subsidi masih terus diperlukan.

SDM Unggulan Penyeimbang Kekayaan SDA  (sumber:ekonomi.kompasiana.com)

Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia

Rasanya bukan sekadar kiasan bila kita pernah mendengar lirik lagu “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman” dari band terkenal tempo dulu, Koes-Ploes, yang berjudul “Kolam Susu”. Faktanya, tongkat kayu yang dimaksud adalah batang pohon ketela yang ditancap ketanah  bisa menjadi tanaman dalam waktu beberapa hari. Sedangkan batu yang dimaksud adalah karang yang masih bisa ditumbuhi pepohonan seperti Tanah Lot yang ada di pulau Bali. Sebagai warga negara Indonesia kita harus bangga karena Indonesia memiliki banyak kekayaan SDA Indonesia yang secara alami sudah kita terima dari Ilahi.
 
 Berikut ini beberapa kekayaan SDA yang dimiliki oleh Indonesia namun tidak dimiliki oleh negara lain :

1.       Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni.
2.       Indonesia memiliki 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu Pulau Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Pulau Sumatera (473.606 km2) dan Pulau Papua (421.981 km2).
3.       Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
4.       Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Menggunakan 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa tersebut.
5.       Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
6.       Indonesia memiliki Terumbu Karang (Coral Reef) terkaya di dunia (18% dari total dunia) dan memiliki species ikan hiu terbanyak di dunia (150 species).
7.       Indonesia menempati peringkat pertama dalam produk pertanian, yaitu cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta peringkat kedua dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
8.       Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
9.       Indonesia memiliki biodiversity Anggrek terbesar didunia yaitu sekitar 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
10.    Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan oleh air laut atau abrasi pantai. 


Daftar di atas sebenarnya hanya sedikit dari sekian banyak kekayaan-kekayaan SDA  yang dimiliki oleh bangsa ini. Selain yanbg telah diesebutkan diatas, kekayaan SDA yang mungkin jarang kita sadari adalah sebagai negara tropis . Dengan  garis khatulistiwa yang membentang di Indonesia mengakibatkan matahari seriap saat dapat dijumpai, sehingga tumbuh-tumbuhan dapat tumbuh sepanjang tahun. Hal ini  juga menjadi faktor pendukung terhadap perkembangbiakan berbagai macam fauna khas yang ada di Indonesia, seperti orang utan, badak bercula satu, komodo, anoa, dan harimau, dan sebagainya.





Standar SDM Unggulan untuk Pembangunan Indonesia

Sebelum berargumen lebih lanjut, saya ingin berkisah terlebih dulu mengenai bagaimana sebenarnya kita masih memiliki persepsi “under-estimate” terhadap kemampuan SDM Indonesia secara umum. Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar anekdot lama yang berjudul “Otak Termahal di Dunia”. berikut ini kisahnya:

Pada suatu hari di Amerika Serikat, tepatnya di kota New York, diadakan festival otak sedunia.
Pada festival tersebut dipamerkan dan dijual otak2 manusia dari seluruh dunia.
Masing2 negara mengirimkan satu buah otak untuk diwakilkan.
Dari sekian ratus otak, setelah diadakan penelitian, ternyata harga otak termahal berasal dari 3 negara,
yakni Amerika Serikat, Jepang dan Indonesia.
Ketika seorang pengunjung menanyakan mengapa otak Amerika mahal, si penjual mengatakan bahwa otak Amerika mahal karena mampu menciptakan teknologi tinggi di bidang teknologi transportasi dan komunikasi.
“Lalu, gimana dengan otak Jepang ?”, bertanya lagi si pengunjung. “Kalo otak Jepang mahal, karena Jepang sudah bisa menciptakan teknologi robot yang super canggih,” jawab si penjual.
“Lantas, otak Indonesia ?” sahut si pengunjung lagi, penasaran.
“Oooooo… kalo yg ini mahal sekali, karena masih ORIGINAL & jarang dipakai.” 



Alih-alih meniru budaya pergaulan yang cenderung bebas, seharusnya para generasi muda bisa  belajar dari kedua negara tersebut untuk mampu menjadi SDM unggulan Indonesia dengan tetap mempertahankan kepribadian bangsa. Memang, kita akui bahwa sistem globalisasi berdampak besar pada transformasi informasi diseluruh dunia, namun norma-norma sosial,kesusilaan, hukum, dan agama seharusnya bisa menjadi benteng teguh bagai generasi muda yang notabene para kader SDM unggulan Indonesia. Selain itu juga perlu penerapan sistematis untuk mewujudkan SDM unggulan Indonesia agar bisa bersaing dikancah dunia internasional, antara lain:

1.       Peningkatkan SDM bisa dilakukan dengan meningkatkan minat baca. SDM tidak harus bersekolah tinggi, apabila masyarakat mempunyai minat baca yang tinggi otomatis pengetahuan mereka akan bertambah. Semakin banyak yang dibaca maka pasti semakin banyak pula pengetahuan yang didapat.

2.       Peningkatan SDM bisa juga melalui IPTEK. Dengan adanya IPTEK maka akan menimbulkan berbagai dampak yang bisa meningkatkan SDM Indonesia. Ilmu pengetahuan dan Teknologi dapat menghilangkan batas geografis pada tingkat negara maupun dunia. Dalam aspek ekonomi dengan adanya IPTEK, maka SDM Indonesia akan semakin meningkat dengan pengetahuan-pengetahuan dari teknologi tersebut. Dengan kemajuan SDM ini, tentunya secara tidak langsung akan mempengaruhi peningkatan ekonomi di Indonesia.

3.       Peningkatan SDM melalui Kewirausahaan (Entreprenurship). pengangguran adalah salah satu masalah negara yang  disebabkan karena rendahnya kualitas SDM Indonesia. Pengangguran tidak hanya disebabkan karena pendidikan rendah, pengangguran justru disebabkan karena masyarakat tidak mau berusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Dari data Kementerian Koperasi dan UKM, menyebutkan, jumlah pengusaha di Indonesia masih sekitar 1,26 persen, padahal sebuah negara bisa berkembang bila jumlah pengusahanya minimal 2 persen. Malaysia jumlah pengusahanya sudah mencapai 4 persen, sedangkan Singapura sebagai negara maju Asia Tenggara memiliki pengusaha sejumlah 7 persen.

4.       Dukungan pendidikan yang optimal.  Pemerintah tidak mungkin bisa meningkatkan SDM tanpa melalui pendidikan, pihak swastapun juga demikian. Selain itu tanpa adanya partisipasi dari warga negara peningkatan SDMpun sulit dilakukan, karena apabila pemerintah mempunyai program tetapi warga negaranya tidak mau melaksanakannya maka sama saja tidak akan bisa meningkatkan mutu kualitas SDM Indonesia. Jadi dengan demikian kerjasama antara pemerintah, dunia pendidikan, pihak swasta dan warga negara sangat penting untuk meningkatkan SDM bangsa Indonesia.

Pada dasarnya banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan SDM Indonesia sebagai penyeimbang kekayaan SDA kita. Seperti yang saya kutip dalam artikel “Desa Mandiri Energi” karya pak Darwin Saleh bahwa kini sudah dikembangkan 628 desa mandiri energi, menghemat 43,3 juta liter BBM atau Rp 195 milyar. Bila kelak sudah dikembangkan di seluruh 58.400 desa (desa non perkotaan) di Indonesia, maka akan bisa dihemat Rp 18 triliun/tahun. Dengan penghematan itu, APBN kelak akan mampu menganggarkan Rp 3 milyar/kecamatan untuk seluruh 6.131 kecamatan di Indonesia atau Rp 250 juta/desa. Itulah bukti konkret paduan pendekatan pembangunan pedesaan dan diversifikasi energi.

Sahabat, dari fakta diatas telah menunjukkan optimisme untuk kita semua sebagai masyarakat Indonesia bahwa memiliki SDM unggulan yang mampu menjadi penyeimbang kekayaan SDA bukanlah sekadar angan-angan semata. Pembangunan yang berbasis swadaya dan ilmu pengetahuan akan menjadi cikal bakal untuk menguatkan potensi besar Sumber Daya Manusia dalam mengelola aset kekayaan Sumber Daya Alam yang bisa kita olah sendiri untuk sebesar-besarnya dipergunakan demi kemakmuran bangsa Indonesia. Salam Indonesia.



“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari http://www.darwinsaleh.com/. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan”.




Referensi:

  • http://darwinsaleh.com
  • http://unikapik.blogdetik.com/2010/07/16/10-rekor-kekayaan-alam-indonesia/
  • https://www.facebook.com/notes/gudangnya-pantun-cinta-humor-dan-sms-lucu/cerita-lucu-indonesia-termasuk-otak-termahal-di-dunia/206567916062600
  • http://purnamadwi.blogspot.com/2011/06/pentingnya-kerjasama-antara-pemerintah.html
  • http://ekbis.sindonews.com/read/2013/09/19/34/785269/jumlah-pengusaha-di-indonesia-hanya-1-25
  • www.youtube.com


5 komentar:

  1. emang kekayaan SDA kita perlu diimbangi dengan sumber daya manusia yang mumpuni. nice post. menginpirasi :)

    BalasHapus
  2. bener sekali mas ozy..
    semoga kita termasuk SDM yang mumpuni ya.. amin ya robal alamin :)

    BalasHapus
  3. SDA dan SDM handal mampu membuat negara maju dengan cara menghimpun modal baik dari segi materi maupun non-materi..

    BalasHapus
  4. ya itulah sebabnya kita harus saling melengkapi terutama dalam peningkatan SDM agar SDA bisa terkelola secara optimal. :)

    BalasHapus
  5. artikel ini memotivasi diri untuk menjadi lebih baik lagi. :)

    BalasHapus