My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Jumat, 18 Oktober 2013

Indonesia.Travel, Katalog Lengkap Jelajah Indonesia

Berkeliling Indonesia adalah impian saya dari dulu, mengingat Indonesia adalah negara indah yang memiliki bermacam-macam budaya, bahasa, wisata alam yang menakjubkan, peninggalan sejarah, cinderamata yang unik, dan tentunya penduduk yang ramah. Bisa dikatakan keragaman inilah yang membuat Indonesia sangat berbeda dari negara-negara di belahan dunia manapun.  Suatu kebanggaan tersendiri  sebagai warga negara Indonesia sehingga kita patut memperkenalkannya pada dunia. Kebanggaan inilah yang mengilhami pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menciptakan sebuah situs resmi informasi pariwisata Indonesia yang bernama Indonesia.Travel. Indonesia.Travel fungsinya tidak hanya memperkenalkan apa itu Wonderful Indonesia, tapi juga bermanfaat sebagai katalog lengkap untuk memandu wisatawan bepergian kemana saja untuk berkeliling Indonesia. Seperti apakah gambaran situs Indonesia.Travel ini? Berikut deskripsi singkatnya.

Wonderful Indonesia (Sumber: budpar.go.id)


 Desain Website
Silakan buka saja situs http://indonesia.travel! Anda akan disambut dengan tampilan full color yang merupakan kumpulan foto-foto cantik dari tempat-tempat wisata unggulan negara Indonesia. Halaman Home dari situs ini selain memamerkan kekayaan alam wisata Indonesia juga bersamaan unjuk kebolehan dalam hal teknologi multimedia. Secara umum memang slide bergerak sering kita jumpai dalam situs berita populer, namun slide bergerak dalam tiga baris selama ini hanya baru saya jumpai di situs Indonesia.travel. menurut saya ini suatu hal yang kreatif.

Informasi Konten
Informasi konten yang tersedia sangat lengkap dibandingkan situs wisata apapun yang terdapat di Indonesia. Disisi lain gaya penyampaian yang menggunakan prinsip jurnalistik yang baik 5W+1H (what, who, where,when,why, dan how), memberikan informasi meyeluruh mengenai suatu tempat. Traveller mendapat sajian lebih dari tempat indah namun juga bersejarah dari info yang disajikan di Indonesia.travel.

Kelengkapan Destinasi/Daya Tarik Wisata

Tentang kelengkapan destinasi, di Indonesia.Travel sudah tidak perlu diragukan lagi, hampir tiap propinsi memiliki destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi sekaligus dibanggakan. Belum pernah ada situs web di Indonesia yang merangkum tentang destinasi wisata Indonesia selengkap Indonesia.Travel sebelumnya. Situs Indonesia.Travel dapat menjadi acuan untuk berbagai situs wisata lainnya terutama situs yang menawarkan jasa tour and travel, situs paket wisata, dan situs pemesanan tiket.



Aktivitas Social Media

Dilihat dari aktivitas sosial media dengan fans di Facebook mencapai 91.000 fans dan di Twitter mencapai 95.000 followers bisa terbilang cukup banyak untuk sebuah organisasi resmi pemerintahan. Walau sebenarnya dengan banyak konten yang sangat berkualitas,  pada dasarnya Indonesia Travel masih memiliki potensi yang bisa lebih besar untuk menjaring follower dan fans yang jauh lebih banyak. 

 Update News

News yang di-update Indonesia.Travel selalu memberikan info baru walau tidak selalu rutin setiap hari. Kualitas baik dari foto hasil jepretan maupun video hasil kreativitas melalui komposisi musik, pengisi suara dan tentunya gambar hasil bergerak itu sendiri sangat berkualitas internasional. Terutama eksekusi video sangat layak disajikan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara baik dengan pengisi suara berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Karena media audio-visual sangat berpengaruh dalam emosi manusia termasuk saat melakukan keputusan pembelian. Dimana dalam topik pariwisata, keputusan pembelian  berupa melakukan traveling.

 Interaktifitas
Interaktifitas yang terdapat dalam forum online lumayan baik dan memiliki anggota yang cukup banyak serta aktif. Sistem member atau menjadi anggota juga merupakan sarana pertukaran informasi untuk meningkatkan interaksi antara admin dan para member. Interaktifitas akan berjalan meningkat seiring dengan update news dan aktivitas sosial media yang tinggi. Disisi lain materi promosi yang menarik diantaranya video, e-brochure, logo dan bannner juga menjadi alasan penting meningkatkan interaksi diantara sesama member maupun dengan admin.

Quiz
Seiring seringnya diadakannya kuis dari suatu website, secara sedikit demi sedikit akan mem-boost atau membesarkan traffic serta ranking situs tersebut didalam kancah dunia maya. Hal ini karena kuis memiliki daya tarik tersendiri bagi visitor atau pengunjung internet. Sebagai contohnya dengan diadakan kuis treasure hunt online dan kompetisi blog semacam ini dapat meningkatkan awareness para blogger. Dimana berimbas positif kepada sosialisasi situs Indonesia.Travel kepada masyarakat luas melalui blog-blog dan media sosial lain.

Kritik dan Saran
Secara konten Indonesia.Travel telah sangat memadai sebagai situs resmi informasi pariwisata Indonesia karena teknik dan gaya penulisan yang bagus dan sudah dilengkapi dengan pendukung promosi lainnya seperti video, e-brocure, dan testimoni para wisatawan yang puas dengan pengalaman jelajahnya diIndonesia. Namun untuk design website terutama dihalaman depan home, bisa dibilang masih terlalu ramai dengan widget-widget disamping kanan dan kiri yang menutupi halaman home itu sendiri. Sebaiknya, widget tersebut disatupadukan dalam  home saja dengan tampilan simple, minimalis, namun juga tetap menarik.
Pada Headline News dihalaman Home, penekanan informasi masih sebatas pada acara yang telah berlalu atau berkesan reportase layaknya situs berita. Hal ini terlihat dengan penempatan space yang lebih luas dibanding space events. Belajar disitus pariwisata negatra lain yang yang memiliki daya tarik wisatawan tinggi di Asia seperti Korea dan Singapura, Untuk sebuah situs pariwisata menurut saya akan lebih menarik bila lebih menekankan event-event yang akan berlangsung. Sehingga akan memancing pengunjung website untuk harus hadir dalam events mendatang. Serta memiliki waktu persiapan untuk melakukan kunjungan ke tempat dan event menarik yang akan berlangsung.


Kesimpulan
Indonesia.Travel tidak hanya menjadi situs resmi informasi pariwisata  Indonesia, melainkan juga sebagai katalog lengkap dan representasi deskripsi singkat dari aspek sosial ekonomi dan budaya bangsa Indonesia. Itu sebabnya dengan semakin menarik dan informatifnya situs ini akan sangat berdampak positif bagi kemajuan pariwisata Indonesia secara keseluruhan. Alasan penting ini memerlukan dukungan berbagai pihak terutama kerjasama diantara pemerintah dan seluruh warga negara Indonesia dari beragam profesi untuk memperkenalkan dan membanggakan pariwisata Indonesia ke seluruh penjuru dunia.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar