My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Senin, 14 Oktober 2013

Potensi Wisata Menakjubkan Khas Bojonegoro

Indonesia kaya akan potensi wisata yang belum tergali secara optimal. Dipulau jawa saja contohnya, setiap ibu kotanya memiliki objek wisata yang sering menjadi tujuan bagi wisatawan lokal dan internasional, seperti kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Banten, kepulauan seribu dan daerah kota pinggirannya. Namun, ternyata bukan hanya dikota besar saja, berbagai wilayah kabupaten-kabupatennya juga menyimpan potensi wisata menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah kabupaten Bojonegoro. Area yang terletak diujung barat propinsi Jawa Timur ini, memiliki daerah wisata yang unik dan menarik. Penasaran wisata apa saja?




1.    Kayangan Api
Kayangan Api yaitu sumber api alam yang menyala sepanjang tahun, apinya tidak bisa padam walau disiram dengan air dan bahkan kena air hujan yang paling deras sekalipun.  terletak pada posisi yang sangat strategis yaitu dikelilingi oleh hutan-hutan yang dilindungi dan bebas dari pencemaran polusi. selain sumber api abadi di kahyangan api juga terdapat mata air yang konon dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Berbeda dengan air belerang lainnya, dari jauh berbau busuk tetapi setelah mendekat baunya itu hilang dan dari jauh air ini kelihatang seperti air mendidih tetapi kalau kita sudah mengambilnya maka air tersebut terasa dingin dan sejuk.

Kayangan Api (Sumber: kidnesia.com


 Api abadi tersebut berada di Desa Sendagharjo, Kecamatan Ngasem, sekitar 28 km arah barat daya dari pusat kota Bojonegoro.Selain memiliki latar belakang dan cerita unik mengenainya pada masa Kerajaan Hindu, di Kayangan Api juga terdapat taman yang didekatnya terdapat monumen Api Pon karena Kayangan Api  ini menjadi tempat pengambilan api untuk menyalakan  obor pada pelaksanaan PON XV tahun 2000 di Jawa Timur.

2.    Waduk Pacal
Waduk Pacal sesuai untuk menjadi wisata keluarga karena dilokasi wisata ini tersedia fasilitas pesanggrahan (tempat menginap), arena memancing, perahu dayung dan beberapa warung atau restoran. Daya tarik wisata ini adalah kemegahan dan kekokohan bangunan peninggalan zaman Belanda dan hamparan air yang melimpah dengan panorama alam dan hutan jati yang mempesona. Serta menyuguhkan lingkungan alam yang sangat mempesona karena di kelilingi oleh bukit-bukit yang sangat indah.


Waduk Pacal (Sumber: eastjava.com)
Waduk ini dibangun tahun 1933 pada jaman Belanda dan dinamakan Waduk Pacal karena berada di desa Pacal, terletak 35 Km dari arah selatan kota Bojonegoro. Waduk Pascal yang memiliki luas sekitar 3,878 kilometer persegi dan kedalaman 25 meter ini, merupakan peninggalan zaman belanda dengan manfaat multifungsi karena selain untuk pengairan juga untuk daerah wisata. Di tempat ini, setiap bulan Oktober bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Bojonegoro, digelar acara ritual Larung Sengkolo dan Jamasan Waranggono Tayub. 

3.    Wana Wisata Dander
Para wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan fasilitas di Taman Wisata Tirta Wana Dander. Didukung oleh keindahan alam, serta pepohonan yang rindang menjadikan tempat wisata nyaman bagi wisata keluarga. Dengan tempat yang sangat luas dan dilengkapi dengan padang golf, disana juga terdapat berbagai macam permainan anak-anak, seperti taman bermain, kolam untuk mandi bola, kolam renang dan sungai yang sangat jernih dengan keadaan sekelilingnya yang sejuk dan tentu saja bebas dari polusi.
 


Wana Wisata Dander (Sumber: wanawisataperhutani.blogspot.com)



Para pedagangpun ikut serta meramaikan objek wisata ini. Sehingga selain wisata alam yang ditawarkan juga dapat wisata belanja untuk makan siang wisatawan serta cocok untuk oleh-oleh. Disana anda juga dapat melihat pesawat buatan Belanda yang jatuh di taman wisata ini.Jadi bisa belajar sejarah juga, kan?

Selain ketiga tempat wisata diatas, ada beberapa tempat wisata lain yang sayang juga untuk dilewatkan, diantaranya Klenteng Hok Swie Bio, Taman Trita, Makam Syeh Mukadar, dan Makam Buyut Dalem. Selain tempat wisata yang unik, tidak ketinggalan kerajinan tangan yang berasal dari kayu seperti furniture dan sejenisnya. Serta kerajinan dari tanah liat seperti vas bunga, celengan bentuk hewan, dan lain-lain. Nah, Sangat menarik bukan? Potensi wisata di Kabupaten Bojonegoro, terlebih lagi harga tiket masuk dan cinderamata yang ditawarkan cukup terjangkau untuk masyarakat kalangan sosial-ekonomi manapun.Tunggu apa lagi? Mari berkunjung ke Bojonegoro!


6 komentar:

  1. tolong posting juga dong..air terjun kerondonan (dung gupit ).yang ada di kec.Gondang.air terjun tersebut indah sekali......agar masyarakat dan pemerintah tahu,,kab.bojonegoropunya potensi wisata air terjun yang bagus,,,.


    BalasHapus
  2. terima kasih atas sarannya :)
    insya allah jika ada sumber yg lengkap akan saya tambahkan

    BalasHapus
  3. Jika bendung gerak ada wahana kapal kecil(sejenis kapal ferry) untuk wisata mengelilingi kebun belimbing pasti sangat diminati para wisatawan. Tidak usah besar2 cukup memuat 50 orang saja sudah bagus, lalu utk uji coba di sediakan 2 kapal lebih terdahulu. Jadi jika masyarakat yg tinggal di daerah non laut bisa merasakan naik kapal, bukan perahu lho akan tetapi KAPAL.

    BalasHapus
  4. WISATA ALAM DESA SAWAHAN KEDUNGADEM BOJONEGORO JAWATIMUR, http://wisataalamdesaindonesia.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Blog yang sangat informatif dan menarik
    untuk memperlancar perjalanan wisata anda kunjungi juga http://cartermobilmalang.blogdetik.com

    BalasHapus