My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Senin, 21 Oktober 2013

Sumpah Blogger Muda

Pemuda selalu menorehkan tinta emas sebagai agen perubahan dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Pada tahun 1928 sumpah pemuda pertama lahir sebagai semangat persatuan beragam suku yang menjadi cikal bakal kemerdekaan Indonesia 1945. Selanjutnya tahun 1998, hadir barisan pemuda mahasiswa dengan semangat reformasi menuntut perombakan Undang-Undang dan pemerintahan yang kala itu  sangat kental dengan nuansa korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).
Kini zaman sudah mulai berubah, globalisasi teknologi informasi mendorong pemuda Indonesia untuk beradaptasi dengan perubahan baru. Sedikit demi sedikit juga memperbarui sumpahnya dengan tetap menjaga semangat persatuan dan reformasi para pendahulunya. Seperti apa sumpah pemuda versi terbaru menurut saya?

Blogger Indonesia (Sumber : jordyalexiy.blogspot.com)

Sumpah Blogger Muda :

1.      Kami blogger muda Indonesia mengaku bertujuan satu, bertujuan untuk  mencerdaskan rakyat Indonesia.

2.    Kami blogger muda Indonesia mengakui dan menjunjung tinggi etika/norma dalam dunia maya (internet) maupun nyata, demi  kebaikan harga diri kami dan harga  diri bangsa Indonesia.

3.   Kami blogger muda Indonesia bertekad menciptakan entrepreneurship alternatif dan kreatif melalui dunia maya (internet) maupun nyata demi kemajuan pembangunan negara Indonesia.

Sumpah Blogger Muda ini merupakan modifikasi dari  Sumpah Pemuda  1928 teks aslinya  :

Sumpah Pemuda :
1. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Satu, Tanah Air Indonesia.
2. Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa  Satu, Bangsa Indonesia.
3. Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

Sebagai seorang blogger amatir bisa dibilang sumpah Blogger Muda ini agak berlebihan. Namun tidak ada yang berlebihan untuk suatu ide besar apa lagi dalam sebuah negara yang besar seperti Indonesia ini. Butir pertama yaitu:  
“Kami blogger muda Indonesia mengaku bertujuan satu, bertujuan untuk  mencerdaskan rakyat Indonesia.“

Bahwa dalam menyampaikan konten dan artikel, blogger sebaiknya tidak hanya memikirkan traffic cara membuat artikel yang unik dan menarik namun juga harus mendidik. Membuka wawasan luas, pemikiran yang mendalam, serta menawarkan alternatif atau solusi untuk kehidupan yang lebih baik bagi para audiens blognya yaitu rakyat Indonesia yang butuh ilmu pengetahuan untuk menjadikan pribadinya berkembang.

Butir kedua yaitu :

"Kami blogger muda Indonesia mengakui dan menjunjung tinggi etika/norma dalam dunia maya (internet) maupun nyata, demi  kebaikan harga diri kami dan harga  diri bangsa Indonesia."

Bermakna bahwa blogger muda memperhatikan etika dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Etika tersebut berupa menghargai hak cipta karya intelektual dengan tidak melakukan plagiarisme. Menghargai kebebasan  berpendapat dengan tidak melakukan bullying. Tidak menyebarkan berita palsu, tidak mem-propagandakan isu yang menyinggung SARA dan HAM yang berakibat memecah belah persatuan dan kesatuan. Serta menahan diri dari jenis pelanggaran etika lainnya demi kebaikan harga diri pribadi dan bangsa dimata para blogger nasional dan Internasional.

Butir ketiga yaitu :

"Kami blogger muda Indonesia bertekad menciptakan entrepreneurship alternatif dan kreatif melalui dunia maya (internet) maupun nyata demi kemajuan pembangunan negara Indonesia."

Berarti bahwa dalam ber-blogging juga memiliki nilai ekonomis yaitu dengan mendapat penghasilan serta membuka kewirausahaan alternatif dari dunia internet diluar pekerjaan tetap sehari-hari. Karena tidak dipungkiri bahwa internet memiliki potensi cukup besar untuk berwirausaha mulai dari toko online hingga afiliasi maupun pendapatan iklan lainnya. Tentu saja, kelebihan ini menjadi semangat entrepreneurship bagi generasi muda untuk bersama memajukan pembangunan negara Indonesia.




(sumber: youtube.com)

4 komentar:

  1. Dear Vloggers,
    Tolong kirim data-data berikut untuk kelengkapan lomba blog Neo Sumpah Pemuda, dan kirim ke rizal.maulana[at]viva.co.id dengan di beri subjek "Neo Sumpah Pemuda" Username VIVAlog, Judul Blog, Link Blog, Nama Lengkap, Alamat, No Telp.
    Trims.

    BalasHapus
  2. sudah saya kirimkan..
    terima kasih atas pemberitahuannya ya..
    :)

    BalasHapus