My Story Beneath of Hidden Treasure

Post Top Ad

Rabu, 23 Oktober 2013

Untuk PLN Bersih, Masyarakat Berterima Kasih

Energi listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat modern  selain sembako dan BBM. Karena dengan listriklah kita bisa merasakan terangnya cahaya di malam hari, menggunakan alat-alat elektronik setiap hari, termasuk handphone dan komputer yang kita gunakan untuk saling berkomunikasi. Listrik adalah bagian penting dari kehidupan kita. Karena pentingnya listrik itulah sebagaimana yang tertera dalam pasal 33 ayat 2 UUD 1945 disebutkab bahwa “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”. Dalam hal ini penguasaan listrik di Indonesia sepenuhnya dipegang oleh PLN yang mewakili negara dalam pengelolaannya.

PLN menjadi satu-satunya perusahaan listrik yang menangani segala urusan kelistrikan mulai dari hulu yaitu berupa pengadaan proyek, hingga hilir yang berbentuk pelayanan langsung kepada masyarakat. Tidak jarang penyimpangan KKN bisa saja terjadi dan dilakukan baik oleh oknum dari pegawai PLN sendiri maupun bekerja sama dengan oknum lain yang ingin mengambil untung. Lalu bagaimana langkah-langkah PLN untuk mencegah instansinya bersih dari KKN?

PLN Bersih (Sumber : plnbersih.com)


Sebuah komitmen suci lahir dari PT PLN (Persero) yang dikenal dengan PLN Bersih merupakan penegasan untuk menjalankan praktek penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Sekaligus menegakkan Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat. Dalam melaksanakan komitmennya tersebut menciptakan Empat pilar dari program PLNBersih antara lain :
  1. Partisipasi, partisipasi dari para pegawai PLN dan seluruh stakeholders dalam berkomitmen dan menjalankan dan mendukung program PLN Bersih dengan baik
  2. Integritas, integritas dari para pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya ntuk membangun budaya PLN Bersih
  3. Transparansi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih
  4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratiikasi.
Sosialisasi program PLN Bersih ini penting untuk diketahui masyarakat umum, sehingga dalam pelaksanaannya dapat dilibatkan untuk berpartisipasi mendukung program PLN Bersih dengan baik. Para Blogger yang mewakili masyarakat umum juga antusias untuk mensosialisasikan dan mendukung program PLN Bersih ini. Terlebih adanya inisiatif yang dinilai sebagai tindakan cerdas untuk pencegahan terjadinya penyimpangan KKN, yaitu:

  • Membuat sistem pelayanan yang transparan dengan meminimalkan pertemuan tatap muka pelanggan dengan pegawai PLN. Contoh : layanan pasang baru, tambah daya, pasang sementara secara online melalui website http://www.pln.co.id/pbpd/index.php
  • Melakukan perubahan aturan pengadaan barang dan jasa.
  • Membuat sistem penanganan keluhan pelanggan.  Contoh : Contact Center 123, Official Fans Page PT. PLN (Persero) dan twitter @pln_123
  • Membangun whistler blower system bagi karyawan PLN
  • Memudahkan karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi
  • Melakukan multi stakeholder forum (mitra PLN) dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan suapdan korupsi.
Inisiatif diatas pastinya akan mempersulit bagi siapa saja oknum yang ingin melakukan tidakan penyimpangan didalam tubuh PLN. Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi masyarakat, karena kini keluhan dan pendapatnya memiliki tempat dan langsung bisa direspon secara cepat dan akurat. Tanpa harus ada kekhawatiran seperti tambahan biaya berupa uang tip, uang rokok, dan uang makan, atau uang apapun ke petugas PLN yang melayani masyarakat baik pasang listrik dan kerusakan kabel PLN di rumahnya.



Contoh PLN bersih terekam kamera tersembunyi (Sumber: youtube.com)


Bila program PLN Bersih ini bisa terwujud dengan baik, kita masyarakat pendukung PLN bersih optimis dalam tubuh PLN akan semakin ‘sehat’ dari praktek-praktek KKN yang merugikan. Disisi lain kebersihan sebuah instansi akan menumbuhkan motivasi yang lebih tinggi untuk mengabdi kepada negeri. Tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi, namun berorientasi pada tujuan didirikannya PLN itu sendiri yaitu untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Lebih lanjut, sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3 tentang perekonomian nasional dan kesejahteraan sosial, bahwa “ Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat.”

Walaupun dalam Undang-Undang tersebut menegaskan bahwa PLN menjadi perusahaan yang memonopoli seluruh kebutuhan kelistrikan rakyat se-Indonesia. Tidak akan menjadi masalah jika seluruh jajaran dan elemennya bisa bersih dan menjaga spirit UUD 1945 pasal 33 ayat 3 diatas. Dimana listrik ada untuk dipergunakan  untuk sebesar-besar untuk kemakmuran rakyat. Sehingga dalam waktu yang tidak lama lagi harapan sebagian besar masyarakat terutama rakyat kecil, tidak hanya berpikir bahwa kemakmuran (listrik) hanya milik Jakarta (ibu kota), pulau Jawa, Sumatra, dan Bali saja. Tapi bisa menjangkau hingga ke pelosok desa, pulau-pulau kecil, perbatasan negara, serta  merata seluruh Indonesia yaitu dari Sabang sampai Merauke. 

Bagamanapun, keberadaan listrik juga merupakan salah satu variabel kemakmuran suatu masyarakat. Dengan listrik, anak sekolah bisa belajar dimalam hari. Dengan listrik, pengusaha kecil bisa berpenghasilan dan menggaji buruhnya. Dengan listrik pula peternak bisa menetaskan telur-telurnya. Dan tentunya masih banyak lagi fungsi listrik bagi masyarakat untuk kemajuan perekonomiannya.  Atas itu semua masyarakat berterima kasih pada PLN dan berharap besar pada program PLN Bersih. Serta masyarakat masih menyimpan harapan yang besar pula untuk program-program PLN lain yang yang tidak kalah menggebrak untuk Indonesia yang lebih baik. Dari blog kami mendukung Untuk  PLN Bersih, Masyarakat Berterima Kasih.

 
Senyum terima kasih masyarakat Indonesia untuk PLN bersih (sumber: diz-joker.blogspot.com)

Informasi lebih lengkap tentang implementasi program PLN Bersih dapat dilihat di blog PLN Bersih.

Referensi:
plnbersih.com


8 komentar:

  1. Tulisannya bagus gan, PLN Bersih perangi korupsi...

    BalasHapus
  2. terima kasih..
    tulisan agan jg ga kalah bagus, ko.. :)

    BalasHapus
  3. Mantep tulisane mbak, Mampir ya ke tempat saya PLNku Bersih Lho

    BalasHapus
  4. terima kasih,.. :)
    ok, saya akan mampir (o)

    BalasHapus
  5. >< sampe ada videonya juga (h) sip2... Salam kenal, saya newbie di blogger

    Silakan silaturahim ke t4 saya. http://banifatahillah.wordpress.com/category/artikel/

    BalasHapus
  6. terima kasih buat applause-nya :)) pake video biar keliatan jujurnya hehe :d
    ok (o)

    BalasHapus